Konsisten Membangun Bisnis, Ini Lima Caranya

Konsisten Membangun Bisnis, Ini Lima Caranya

Menjadi seorang pebisnis merupakan harapan dan cita-cita semua orang, hal itu dikarenakan tidak sedikit orang yang memandang bahwa menjadi seorang pebisnis itu enak, santai dan memiliki harta yang berlimpah. Dalam menempuh diri jadi pebisnis yang sukses, maka salah satu cara yang perlu ditempuh adalah konsisten dalam berbisnis.

Konsisten adalah sebuah tindakan yang tetap, ajeg dan tidak berubah-ubah, dalam islam disebutnya sebagai istiqamah. Konsisten ini merupakan kunci dari kesuksesan bisnis seseorang, dan sebaliknya jika seseorang tidak konsisten dalam bisnisnya maka hasilnyapun tidak memuaskan bahkan cenderung gagal.

Banyak cerita tentang konsisten ini yang kebanyakan orang sulit untuk melakukannya. Dimana hampir setiap pengusaha memilih gonta ganti bisnis yang dijalaninya. Misalkan hari ini ia jualan bakso, 3 bulan kemudian bisnisnya ditutup dan diganti dengan mie ayam, setelah itu beberapa bulan kemudian bisnisnya diganti lagi menjadi jualan pakaian.

Konsisten atau istiqamah merupakan kunci keberhasilan dan kesuksesan dalam berbagai hal, termasuk dalam hal ini sukses dalam berbisnis. Para pebisnis yang sukses hari ini ialah mereka yang merintis bisnisnya dengan konsisten dan terus menjalankannya apapun yang terjadi.

Lantas bagaimana menjadi seseorang yang konsisten dalam berbisnis, berikut adalah caranya.

Lakukan Secara Maksimal

Disadari ataupun tidak ternyata hampir seluruh aktivitas harian yang kita lakukan adalah rutinitas. Dimana rutinitas ini juga bisa kita sebut dengan proses. Begitupun dengan bisnis, bisnis adalah sebuah proses yang selalu berulang, mulai dari perencanaan target pasar, produksi barang, hingga ke proses distribusi dan penjualan.

Proses yang baik tentunya akan menghasilkan sesuatu yang baik. Jalanilah proses bisnis dengan baik, lakukan secara maksimal sehingga apa yang menjadi target bisnis bisa terwujud. Konsistenlah apapun yang terjadi, karena bisnis ini merupakan sebuah proses yang harus dijalani bagaimanapun keadaannya.

Fokus Pada Satu Tujuan atau Target

Diantara banyaknya kegagalan bisnis para pengusaha ialah para pengusaha tersebut memiliki banyak target dalam bisnisnya sehingga mereka tidak mampu untuk fokus pada tujuannya. Untuk itu tentukan satu target bisnis kita, dan fokuslah dalam mencapainya. Misalnya, target untuk mendapatkan omset satu miliar dalam satu bulan. Adapun jika target tersebut tercapai tetap bertahan dan lakukan terus proses bisnis dengan maksimal.

Hindari Pikiran Negatif

Bisnis merupakan sebuah proses yang terus berulang. Kadang memiliki keuntungan yang besar, kadang mencapai target yang telah ditentukan dan bahkan melebihi target tersebut, Namun kadang juga kita rugi dan tidak mencapai target sama sekali.

Jika hal demikian terjadi ingatlah, Life is never flat. Jika omset anda sedang menurun, tetaplah untuk berpikir positif, hindari pikiran negatif. Jalanilah proses bisnis dan maksimalkanlah diri kita untuk proses tersebut.

Terus Belajar

Pebisnis sejati ialah orang yang selalu ingin tahu tentang hal baru, entah itu masih berkaitan dengan bisnis yang dijalankan, ataupun tidak berkaitan secara langsung. Carilah platform atau tempat untuk mencari hal baru tersebut, entah itu dari potongan koran, buku, website ataupun mengikuti workshop atau pelatihan yang bisa menunjang pengetahuan tentang bisnis yang sedang dijalani.

Perbanyak Silaturahmi

Diantara banyak cara untuk tetap konsisten berbisnis ialah dengan memperbanyak silaturahmi terutama dengan pebisnis lainnya. Dimana dengan bersilaturahmi kita bisa bertukar pikiran atau sharing tentang pengalaman atau hal-hal baru yang dialami dan didapatkan oleh masing-masing.

Selain itu, salah satu keutamaan dari bersilaturahi ialah melapangkan rezeki seseorang yang giat melakukannya. Jalinlah silaturahmi dengan pebisnis lain agar tetap konsisten dalam menjalankan bisnis dan dapat menambah relasi lebih banyak lagi untuk memasarkan bisnis kita.

Leave a Reply