Yuk Bentengi Diri Dari Api Neraka Dengan Bersedekah

Yuk Bentengi Diri Dari Api Neraka Dengan Bersedekah

Sedekah merupakan amal sosial yang tujuannya untuk memberdayakan serta memuliakan orang yang menerimanya. Sedekah juga memiliki kedudukan yang tinggi dalam islam, sebab dengannya berbagai pahala kebaikan bisa digait, seseorang yang bersedekah untuk pembangunan masjid maka ia akan mendapatkan juga pahala orang shalat di masjid itu, begitupun dengan orang yang bersedekah untuk percetakan serta perbanyakan Mushaf Al-Quran ia akan mendapatkan pahala membaca Al-quran.

Selain itu sedekah juga bisa menjadi salah satu penyebab seorang muslim mendapatkan pahala yang terus mengalir. Misal dengan ia bersedekah untuk pembangunan masjid, maka ia akan mendapatkan pahala dari banyak orang yang shalat, itikaf serta berdzikir dalam masjid tersebut selama masjid itu masih berdiri.

Sedekah juga merupakan pilar utama dalam perjalanan islam dari masa ke masa dan islam sendiri menyebar keseluruh dunia dengan sedekah yang dikeluarkan oleh pemeluknya dari masa kenabian, sampai generasi saat ini.

Kita bisa melihat kisah Abu Bakar yang menyedekahkan seluruh harta yang dimilikinya untuk kepentingan umat islam, kemudian ada Umar bin Khatab yang menyedekahkan sebagian hartanya, Utsman bin Affan yang kita kenal mewakafkan sumur yang sampai saat ini kebermanfaatannya masih dirasakan sampai saat ini.

Salah satu keutamaan dari sedekah yang paling besar adalah dapat menjauhkan diri dari api neraka, hal itu disampaikan oleh nabi saw. melalui haditsnya sebagai berikut. “Jauhilah api neraka walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimat Thayyibah.” (HR Bukhari dan Muslim).

Dalam hadits diatas kita diperintahkan untuk menjauhi neraka melalui jalan sedekah walaupun hanya dengan sebiji kurma atau kita bisa memaknainya dengan sedikit harta yang kita miliki. Sebab sedekah merupakan amalan yang pahalanya yang Allah lipatgandakan berkali lipat, sehingga dengan bersedekah dapat memberatkan timbangan amal kebaikan kita sehingga dapat menjauhkan diri kita dari api neraka.

Awal Bulan, Saatnya Bersedekah

Awal bulan menjadi sesuatu yang istimewa bagi mereka yang bekerja, sebab biasanya awa bulan merupakan hari-hari dimana seseorang mendapatkan insentif dari pekerjaannya selama satu bulan. Nah, bagi anda yang gajian di awal bulan, mari sisihkan sebagian dari total gaji anda untuk bersedekah minimal 2.5 % dari total gaji yang anda miliki.

Dalam menghitungnya sangatlah gampang, jadi jangan bingung apalagi sampai bimbang. Misalnya gaji anda tiga juta dalam sebulan, caranyaa tiga juta tersebut dikalikan dengan 2.5% yang tadi. Contohnya 3.000.000 x 2.5 % = 75.000. Dengan demikian jika gaji yang anda miliki adalah tiga juta rupiah maka sedekah 2.5 % yang anda berikan adalah Rp. 75.000.

Perlu kita ketahui, Secara fisik uang anda berkurang menjadi Rp. 2.925.000, Namun secara metafisik uang yang anda miliki telah bertambah menjadi Rp. 3.670.000. Sebab dalam sedekah Allah telah berjanji akan melipatgandakan apa yang disedekahkan sepuluh kali lipat.

Dengan demikian, janganlah merasa rugi dengan apa yang kita sedekahkan. Sebab harta yang akan menjadi penyelamat bagi kita kelak adalah harta yang kita sedekahkan. Selebihnya harta yang kita makan hanya akan menjadi kotoran dan harta yang kita simpan hanya akan menjadi rebutan. Yuk jadikan harta kita lebih bermakna dengan bersedekah di awal bulan.

Sedekahkan sebagian harta yang anda miliki untuk pembangunan asrama yatim, beasiswa pendidikan dan hafidz quran serta masih program pemberdayaan masyarakat dan lingkungan lainnya di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur.

Leave a Reply