Sedekah Tidak Selalu Bicara Tentang Rupiah

Sedekah Tidak Selalu Bicara Tentang Rupiah

Sedekah merupakan amalan yang dianjurkan bagi setiap muslim. Tujuannyapun bukan hanya untuk sekedar mendapatkan pahala, akan tetapi membantu meringankan beban orang lain yang membutuhkan.

Sedekah juga merupakan bukti kejujuran iman seseorang terhadap Allah swt. hal itu dikarenaka sedekah identik dengan orang yang pemurah dan suka memberi. Selanjutnya orang yang bersedekah juga akan dengan rela memberikan apa yang mereka punya serta mengikhlaskan apa yang mereka usahakan dengan tenaga dan waktunya.

Selanjutnya, berbicara tentang sedekah tidak selamanya harus ditunaikan dengan rupiah, namun sedekah juga bisa dilakukan dengan melakukan amal-amal baik yang tidak bisa dinilai dari sisi materi. Rasulullah saw. bersabda : “Senyum kalian bagi saudaranya adalah sedekah,….” (HR Tirmizi dan Abu Dzar).

Hal itu tentu menunjukan kemurahan Allah bagi siapa saja hambanya dengan cara memberikan kemudahan dan ganjaran berkali lipar bagi seorang muslim yang secara tulus tersenyum kepada saudaranya sehingga saudaranya tersebut merasa tenang.

Dengan demikian, sedekah dapat dimaknai dengan suatu amal yang bisa membuat saudara kita atau orang lain merasa senang, nyaman dan saling memiliki sebagai saudara sesama muslim. Adapun untuk membuat orang lain bisa dengan membantunya berupa materi ataupun tenaga atau pikiran kita sehingga dapat meringankan bebannya, bahkan senyum yang tulus dan ikhlas juga bisa sangat berarti bagi saudara kita.

Adapun jika kita tidak bisa memberikan senyuman kepada saudara kita, jangan sampai kita menampakkan wajah yang masam dan sinis. Tampilkanlah wajah yang indah, menyenangkan, dan menenangkan untuk dipandang, karena menampakan keceriaan wajah kepada saudara kita akan mendapatkan pahala seperti halnya orang-orang yang melakukan sedekah dengan hartanya.

Allah swt. telah memberikan banyak kemudahan bagi hamba-Nya dalam  berbuat kebaikan, semua pintu kebaikan telah ditunjukan dan dubukakan, tinggal kita sebagai hambanya dengan segala daya yang telah diberikan-Nya mau memberikan kebaikan sebesar atau seluas apa. Meski dalam keadaan sempitpun masih bisa memikirkan orang lain atau tidak.

Sahabat, Selain senyum kepada orang lain atau saudara kita, ada beberapa sedekah yang bisa kita lakukan kepada orang lain sebagai berikut.

  1. Menjenguk orang sakit

Menjenguk orang sakit memiliki manfaat tersendiri, terutama bagi pasien atau saudara kita yang sakit tersebut. Menjenguk orang sakit dapat memberikan energi tersendiri bagi orang yang sakit agar bisa segera sembuh seperti semula.

  1. Membantu urusan orang lain

Membantu meringankan beban atau urusan orang lain dengan pikiran, tenaga dan bahkan meluangkan waktu kita juga termasuk dalam kebaikan yang terlihat sederhana. Akan tetapi, meskipun terlihat sederhana, waktu, tenaga dan pikiran atau bahkan ucapan yang berbentuk saran terhdap orang lain memiliki manfaat bagi saudara kita yang sedang berada dalam kesulitan tersebut.

  1. Mengingatkan dalam kebaikan

Bersedekah bisa dilakukan dengan cara saling mengingatkan atau mengajak orang lain untuk melakukan kebaikan dan menjauhi hal-hal yang buruk. Misalnya dengan mengingatkan teman atau saudara kita untuk mengerjakan shalat tepat waktu atau tidak menunda-nunda kebaikan.

  1. Menebarkan salam

Ucapan salam merupakan sapaan terbaik dari ucapan-ucapan yang lain, dimana didalam ucapan tersebut terdapat do’a untuk orang lain yakni do’a keselamatan. Selain mengandung do’a, ucapan salam juga dapat memberikan banyak manfaat. Dengan mengucapkan salam maka akan menumbuhkan rasa cinta sesama saudara-saudara kita. Rasulullah saw. bersabda :

“Tidak akan masuk surga hingga kalian beriman. Dan kalian tidak dikatakan beriman hingga kalian ‎saling mencintai. Maukah aku tunjukkan sesuatu yang jika dilakukan akan membuat kalian saling ‎mencintai? Sebarkan salam diantara kalian.” (HR. Muslim, no.54).‎

Sahabat, bersedekah merupakan anjuran bagi setiap muslim entah dengan materi ataupun bukan, marilah kita senantiasa berusaha untuk membantu, meringankan dan bahkan memberikan rasa nyaman kepada orang lain. Semoga dengan amalan-amalan rngan diatas dapat mengantarkan kita semua menujunya surga-Nya yang indah dan didalamnya penuh dengan kenikmatan. Aamiin

Leave a Reply