Bersyukurlah Maka Hidupmu Akan Makmur

Bersyukurlah Maka Hidupmu Akan Makmur

Bersyukur merupakan salah satu cara untuk menemukan karunia Allah dalam diri kita. Sebab dalam kondisi apapun ketika hari ini diliputi oleh rasa syukur maka semuanya akan terasa lapang, ketika dompet menipis, kita teringat bahwa kita masih diberikan badan yang sehat. Demikian juga ketika karier kita sedang menurun, setidaknya kita tetap diberi kenikmatan berupa keluarga yang tentram, harmonis dan anak-anak yang shaleh/shalehah, cerdas serta menurut kepada orang tua.

Ketika sikap seperti itu sudah kita miliki, tentunya hati ini akan senantiasa merasa tenang, meskipun dinamika hidup yang kita jalani berat dan pelik tak akan pernah mengundang keluh maupun kesah. Setiap ada satu kekurangan yang dirasa, maka akan muncul ditemukan dengan puluhan kelebihan. Ketika ada sedikit kesedihan menimpa, tiba-tiba datang ratusan kegembiraan yang kita jumpai sehingga menjadikan hidup ini benar-benar diliputi kebahagiaan dan kemakmuran.

Sahabat, Ketahuilah bahwa bersyukur akan menjauhkan kita dari kesedihan, keluh kesah dan putus asa. Sebab, kesedihan, keluh kesah dan putus asa yang menyengsarakan datang ketika kita berdokus pada kekurangan dan kelemahan diri kita. Terlebih ketika kekurangan diri kita ini dibandingkan dengan kelebihan orang lain.

Kelemahan diri malah dibandingkan dengan kelebihan dan keunggulan yang dimiliki orang lain, maka ketika hal yang demikian sudah terjadi muncullah sejuta ratapan. Hidup yang kita jalani akan terasa lebih sempit, susah, merana sehingga jauh dari bahagia.

Banyak orang yang bisa membeli ranjang mahal dan berkelas, tetapi tidak mampu membeli tidur yang pulas. Banyak orang yang bisa membeli obat mujarab, akan tetapi tidak semua orang bisa membeli yang namanya badan sehat.

Banyak yang mampu membeli rumah mewah dan megah, akan tetapi belum tentu mampu membeli keluarga yang sakinnah, mawaddah warahmah. Banyak orang yang mampu berkarir dan jadi orang yang terpandang, akan tetapi tidak mampu membeli hidup yang tenang.

Bersyukurlah, maka Allah akan lapangkan semua yang sempit, memudahkan segala yang sulit, mendekatkan yang jauh, mencairkan hari yang beku dan melipatgandakan kenikmatan yang dimiliki. Allah swt. berfirman :

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih“. (QS. Ibrahim : 7)

Bersyukurlah, maka Allah akan menambahkan nikmat-Nya kepada kita, bersyukurlah maka hidup kita akan makmur, diliputi kebahagiaan, ketentraman dan juga dihindarkan dari berbagai kesedihan yang pelik dan memilukan.

Sahabat, selain menerima dengan lapang hati dan menjalankan hidup ini dengan perasaan serba cukup, ada dua cara yang bisa kita lakukan sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah swt, sebagai berikut.

Pertama, Senantiasa memuji Allah. Ketika kita diberi suatu kenikmatan, keberuntungan serta kemudahan hal yang pertama kita lakukan adalah memujinya dengan membaca kalimat hamdalah (Alhamdulillah) yang artinya segala puji bagi Allah. Dengan mengucapkannya berarti kita telah mengakui bahwa segala puji hanya milik Allah yang mengatur bumi dan seisinya.

Kedua, Melakukan amal shaleh. Cara bersyukur kedua yang bisa dilakukan adalah dengan mengerjakan amal-amal shaleh. Sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat, kemudahan dan keberuntungan yang diberikan oleh Allah swt. kita bisa melakukan berbagai amal shaleh seperti sedekah, tilawah, berbuat baik kepada orang lain, meningkatkan shalat sunnah dan amal-amal shaleh lainnya.

Sahabat, bersyukur akan menjadikan hidup kita makmur dan tentunya dijauhkan dari kufur. Untuk itu marilah kita senantiasa meningkatkan rasa syukur kita kepada Allah swt. dan percayalah ketika hati ini sudah diliputi rasa syukur disetiap kesedihan pasti ada kebahagiaan yang ditemukan, disetiap kesulitan pasti ada beribu-ribu kemudahan yang diberikan. Semoga kita semua dimasukan kedalam golongan orang-orang yang bersyukur. Aamiin.

Leave a Reply