Merasa Kewalahan Saat Home Learning? Yuk Simak Tipsnya

Merasa Kewalahan Saat Home Learning? Yuk Simak Tipsnya

Sektor Pendidikan merupakan salah satu sektor yang terkena dampak oleh adanya wabah Pandemic Virus Corona/Covid-19. Adapun salah satu cara yang dilakukan oleh pemangku kebijakan agar proses pendidikan tetap berjalan, maka dikeluarkanlah kebijakan Home Learning, dimana seluruh aktivitas pembelajaran dialihkan ke rumah guna mencegah serta memutus mata rantai penyebaran Virus Corona/Covid-19.

Kebijakan home learning atau disebut juga dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) ini menimbulkan sebuah tantangan baru bagi orang tua peserta didik maupun bagi guru atau pendidik. Sebagai dampak dari home learning tidak sedikit orang tua yang merasa kewalahan dalam menghadapi seluruh agenda pembelajaran yang dilaksanakan di rumah.

Adapun ketika sebagian orang tua merasa kewalahan bahkan sampai menyerah ketika harus mendampingi anak mengikuti proses pembelajaran di rumah, hal tersebut merupakan sesuatu yang wajar terjadi, mengingat orang tua tidak memliki pengalaman mengajar secara akademis sebelumnya. Selain itu orang tua juga memiliki tuntutan pekerjaan serta kewajiban di rumah yang harus dituntaskan.

Untuk menghadapi home learning, berikut adalah kiat yang bisa dilakukan oleh orang tua ataupun guru pendidik untuk menjadi guru di rumah.

1. Merancang pembelajaran yang bermakna, baik bagi anak, maupun orangtua.

Pembelajaran yang bermakna ialah pembelajaran yang tidak menyelesaikan proses pembelejaran secara akademis, Namun mencakup berbagai pelajaran yang dapat diterapkan di rumah. Sehingga si anak dapat lebih memahami apa yang menjadi bahan ajar tersebut. Misalkan orang tua dapat memanfaatkan benda-benda yang ada di rumah sebagai salah satu bahan ajar bagi anaknya.

2. Membangun komunikasi yang efektif dengan guru

Komunikasi yang efektif merupakan salah satu kunci sukses mengajar di rumah.  Dalam hal ini orang tua tidak hanya sekedar menanyakan tugas-tugas kepada guru, Namun juga bisa berbagi informasi tentang kebiasaan belajar anak di rumah. Selain itu orang tua juga bisa meminta saran kepada guru mengenai teknik mengajar seperti apa yang bisa diterapkan di rumah.

3. Meminta dukungan Guru untuk meningkatkan skill orang tua di rumah

Dalam hal ini, orang tua dapat mengajukan kepada guru untuk memberikan dukungan kepada mereka dalam mendampingi anak belajar di rumah dengan cara mengadakan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan pendidikan anak. Misalkan workshop mendidik anak dirumah atau materi-materi parenting lainnya.

tips belajar menyenangkan di rumah
Ilustrasi : Belajar menyenangkan di rumah

4. Lakukan dari hati ke hati

Pada prinsipnya sesuatu yang dilakukan dengan hati maka akan sampai ke hati, dalam hal ini meskipun pembelajaran dirumah sedikit melelahkan, semuanya harus dibarengi dengan hati yang ikhlas. Nah disini orang tua selain dapat memberikan penilaian berkala kepada anaknya, juga dapat mengajak anak mengungkapkan perasaannya, apa saja kesenangan serta kesulitannya ketika harus belajar di rumah.

5. Beri anak kebebasan pada anak untuk belajar sesuai dengan cara yang disukainya

Ketika anak diberi kebebasan dalam belajar sesuai dengan cara yang ia sukai, maka selanjutnya orang tua dan guru bisa menentukan kegiatan apa yang paling disukai anak. Dimana kegiatan tersebut dibuat berdasarkan kesepakatan bersama dan masih dalam koridor pengawasan orang tua sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Dengan kegiatan pembelajaran yang tepat, diharapkan anak dapat belajar dengan cara yang menyenangkan sehingga kesehatannya tetap terjaga.

Demikian beberapa kiat atau tips untuk orang tua dalam menghadapi home learning. Semoga bermanfaat bagi ayah bunda yang saat ini sedang berjuang merawat seta mengajar generasi harapan bangsa di rumahnya masing-masing.

This Post Has One Comment

Leave a Reply