Pentingnya Menjaga dan Merawat Kesehatan Lingkungan

Pentingnya Menjaga dan Merawat Kesehatan Lingkungan

Kesehatan lingkungan merupakan faktor yang terpenting dalam kehidupan sosial serta kesehatan masyarakat, selain itu kesehatan lingkungan juga merupakan salah satu unsur penentu atau determinan dalam tercapainya kesejahteraan penduduk.

Lingkungan yang sehat sangat diperlukan untuk meningkatkan kesehatan dalam masyarakat, selain itu lingkungan yang sehat juga akan menjadi faktor terpenting dalam tercapainya kenyamanan hidup serta meningkatkan efisiensi kerja dan belajar.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan pada kasus tingginya kematian bayi disuatu daerah menunjukan bahwa kematian tersebut dikarenakan faktor perilaku perawatan anak dalam kandungan saat hamil maupun setelah lahir serta perilaku hidup yang kurang sehat dan juga faktor kesehatan lingkungan.

Ditinjau dari pengertiannya, kesehatan lingkungan adalah kesehatan yang sangat penting dan sangat berpengaruh terhadap roda kehidupan di muka bumi ini, hal itu dikarenakan lingkungan merupakan tempat dimana pribadi atau manusia serta seluruh isinya tinggal. Adapun lingkungan yang sehat dapat dikatakan sehat jika telah memenuhi syarat-syarat lingkungan yang sehat meliputi berbagai ruang lingkup didalamnya.

Ruang Lingkup Kesehatan Lingkungan.

Lingkungan terdiri dari berbagai ruang lingkup, dimana ruang lingkup tersebut pada dasarnya akan menjadi kebutuhan hidup bagi manusia dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari, jika ruang lingkup itu tidak terpenuhi atau rusak/tidak baik maka akan berpengaruh terhadap aktivitas kehidupan sehari-hari terutama pada kesehatan masyarakat.

Dilansir dari dosenpendidikan.id Menurut WHO ruang lingkup kesehatan lingkungan terbagi kedalam 17 belas bagian sebagai berikut.

1. Penyedian air minum/air bersih.

2. Pengelolaan air buangan dan pengendalian pencemaran.

3. Pembuangan sampah padat.

4. Pengendalian vektor

Pengendalian vektor ialah segala macam usaha yang dilakukan untuk menurunkan atau mengurangi populasi vektor dengan maksud mencegah atau memberantas penyakit yang ditularkan vektor atau gangguan yang diakibatkan vektor.

5.Pencegahan atau pengendalian pencemaran tanah oleh eksreta manusia.

6. Higine makanan termasuk juga susu.

7. Pengenalian pencemaran udara.

8. Pengendalian radiasi.

9. Kesehatan kerja

10. Pengendalian kebisingan.

11. Perumahan dan pemukiman.

12. Aspek kesling dan transportasi udara.

13. Perencanaan daerah dan perkotaan.

14. Pencegahan kecelakaan.

15. Rekreasi umum dan pariwisata.

16. Tindakan-tindakan sanitasi yang berhubungan dengan keadaan epidemik atau wabah, bencana alam dan migrasi penduduk.

17. Tindakan pencegahan yang diperlukan untuk menjamin lingkungan.

Cara Menjaga Kesehatan Lingkungan

1. Tidak Mencemari air

Air merupakan sumber kehidupan yang teramat penting dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia sendiri sehingga menjaga kebersihan air agar tidak tercemar adalah tugas semua insan. Adapun salah satu cara agar air tidak tercemaer ialah tidak membuang sampah sembarangan termasuk dalam hal ini tidak juga membuang sampah kesungai.

2. Mengurangi penggunaan kendaraan bermotor

Kesehatan udara juga merupakan salah satu aspek kesehatan lingkungan yang sangat penting, untuk itu menjaga kesehatan udara perlu dilakukan agar terbebas dari pencemaran dan berbagai dampaknya bagi kesehatan, salah satu cara yang bisa dilakukan ialah mengurangi penggunaan kendaraan bermotor atau mulai beralih kembali menggunakan alat kesehatan yang bisa menyehatkan diri maupun lingkungan

3. Mengolah tanah dengan baik sebagaimana mestinya

Tanah merupakan sumber daya alam yang terbatas, untuk itu dalam pengelolaan tanah harus dilakukan dengan cara yang baik sehingga pengelolaan yang dilakukan tidak menghasilkan pencemaran dan kerusakan yang lainnya. salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengelola tanah ialah dengan menanam tumbuhan pada lahan-lahan yang kosong serta mengadakan gerakan go gren dengan penanaman kembali pohon-pohon.

Leave a Reply