Hikmah Dari Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw.

Hikmah Dari Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw.

Hari ini Sabtu 9 November 2019 M. atau bertepatan pada 12 Rabiul Awal 1441 H. umat islam diindonesia maupun di negara lain sedang memperingati Maulid nabi besar Muhammad saw. dalam memperingati hari maulid nabi Muhammad saw. biasanya umat islam menggelar tablig akbar, dimana isi dari tablig akbar itu bercerita tentang kisah nabi Muhammad saw. dari sejak lahir sampai wafat, keluhuran akhlaknya, serta keutamaan-keutamaan yang dimiliki olehnya.

Ditijau dari sejarah peradaban Islam, peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw. diadakan pertama kalinya pada masa kekhalifahan Salahuddin Al-Ayubi, dimana pada saat saat itu umat islam sedang mengalami kehilangan ghirah untuk berjuang. Melihat hal itu Khalifah Salahuddin Al-Ayubi menggagas festival syair yang berisi tentang kisah-kisah nabi dengan tujuan membangkitkan semangat jihad dan persatuan umat islam saat itu.

Saat itu Festival ini berhasil membangunkan semangat juang umat islam, kemudian saat itu khalifah Salahuddin Al-Ayubi menginstruksikan perayaan maulid digelar setiap tahun pada tanggal 12 Rabiul Awal. Perintah itu disampaikan pada musim haji tahun 579 H/ 1183 M. sejak itulah muncul peringatan-peringatan maulid nabi yang berlangsung sampai saat ini.

Melihat tujuan awal dari diadakannya peringatan maulid nabi yaitu untuk menciptakan semangat juang serta persatuan umat islam, maka dalam hal ini kita dapat mengambil pelajaran tentang sirah tau perjalanan hidup nabi saw. yang didalamnya terdapat kisah-kisah bagaimana semangatnya beliau dalam mendakwahkan islam, kepribadiannya, budi pekertinya yang luhur, keutamaan-keutamaan serta sunnah-sunnah yang beliau contohkan.

Untuk saat ini, peringatan maulid nabi Muhammad Saw diharapkan dapat menumbuhkan kecintaan kita kepada rasulullah saw. serta terwujudnya persatuan umat islam itu sendiri. Selain itu,peringatan maulid nabi yang didalamnya bercerita tentang kisah-kisah perjuangan nabi Muhammad saw. diharapkan dapat menumbuhkan semangat kita untuk mengamalkan nilai-nilai islam dalam kehidupan sehari-hari, sehingga menjadi pribadi muslim yang baik dan shaleh.

tujuan utama dari peringatan maulid nabi adalah terciptanya persatuan umat islam.

Dua hal yang diwariskan rasulullah saw.

Rasulullah telah meninggalkan dua warisan kepada umat islam yang harus dijadikan sebagai pedoman dalam kehidupan. Dalam sebuah hadits dikatakan “aku telah wariskan/tinggalkan untuk kalian dua perkara, kalian tidak akan tersesat jika berpegang teguh pada keduanya, yaitu kitabullah (Al-Quran) dan sunnah rasul” al-hadits.

Al-Quran sebagai mukjizat terbesar yang diberikan Allah kepada nabi Muhammad saw. yang berisi petunjuk-petunjuk bagi seorang muslim untuk menjalankan kehidupan ini agar tidak berada dalam kesesatan. Selain itu juga terdapat banyak kisah-kisah orang terdahulu yang dapat kita jadikan sebagai pelajaran serta motivasi dalam menjalani kehidupan ini.

Begitupun dengan sunnah, sunnah merupakan landasan hukum kedua setelah Al-Quran yang didalamnya berisi tentang ketetapan-ketetapan yang berasal dari ucapan serta perbuatan nabi Muhammad saw. dalam hal ini sunnah berfungsi untuk memperinci atau mempertegas apa yang ada dalam Al-Quran. Selain itu, sunnah juga berisi banyak ketetapan atau ucapan rasulullah yang bisa dijadikan motivasi bagi kita untuk selalu berada dalam kebaikan.  

Dalam hal ini, seorang muslim diwajibkan untuk berpegang teguh kepada dua hal yang ditinggalkan rasulullah untuk umat ini. karena dengan berpegang teguh pada keduanya kita akan terhindar dari berbagai kesesatan serta kemaksiatan yang dapat menjerumuskan kita kepada pedihnya siksaan api neraka.

Salah satu bentuk output dari memperingati maulid nabi adalah tumbuhnya kecintaan kita kepada nabi saw. dimana kecintaan itu kita realisasikan dengan cara menjalankan islam dengan baik serta menyeluruh dalam kehidupan sehari-hari dengan tetap berpegung teguh pada dua hal yaitu Al-Quran dan sunnah rasulullah saw.

Ketika seorang muslim telah menjalankan islam dengan berpegang teguh pada Al-quran dan sunnah rasul, maka semangat juang serta persatuan umat islam akan tumbuh dalam pribadinya. Dan dengan semangat persatuan itulah umat islam akan mengibarkan bendera kemenangan serta kejayaannya.

Leave a Reply