Menjelang Ramadhan, Jangan Lewatkan Do’a Akhir Sya’ban

Menjelang Ramadhan, Jangan Lewatkan Do’a Akhir Sya’ban

Tidak terasa waktu berlalu dengan begitu cepat, beberapa hari lagi tak kurang dari satu pekan Ramadhan akan menyapa kepada kita, lalu pertanyaan yang mungkin akan selalu timbul adalah sudah sejauh manakah persiapan kita dalam menyambutnya? Semoga kita semua telah memaksimalkan diri dalam menyambut Ramadhan ini serta diberikan umur agar sampai kepada bulan tersebut, sehingga nantinya kita bisa mendapatkan kebaikan bulan Ramadhan ini.

Berbicara mengenai penyambutan bulan Ramadhan, ada Sebagian orang yang sudah sangat menyiapkan diri untuk menyambutnya, baik dari perencanaan target tilawah, membaca banyak literatur tentang sunnah dan keutamaan bulan Ramadhan atau bahkan mungkin sudah ada yang merencanakan menu untuk sahur dan buka perdana di bulan yang sangat suci ini.

Dalam menyambut Ramadhan, Sebagian orang mungkin disibukan dengan agenda menyambut Ramadhan tersebut, dan seringnya ada salah satu amalan sunnah yang diajarkan langsung oleh nabi yaitu do’a akhir bulan sya’ban atau do’a rukyatul hilal. Dimana do’a ini dibaca Ketika Rasulullah saw. Melihat hilal di akhir bulan sya’ban.

Berikut adalah do’a akhir bulan sya’ban atau do’a rukyatul hilal,

Berdasarkan prediksi yang ada, tanggal satu Ramadhan akan jatuh pada tanggal 24 April 2020, semoga kita semua bisa mengamalkan do’a tersebut pada akhir bulan sya’ban ini. Dan semoga bulan Ramadhan ini, membawa keamanan dan keselamatan bagi kita semua ditengah mewabahnya pandemic COVID-19 di Indonesia dan seluruh dunia. Dan juga bulan Ramadhan ini juga dapat meningkatakan keimanan dan keislaman dalam diri kita. Aamiin.

Memperbanyak Sedekah dibulan Ramadhan

Dibulan yang penuh keberkahan ini, amalan sedekah akan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah swt. Rasulullah saw. Pun demikian, dalam sebuah riwayat Ibnu Abbas, tidak ada kegiatan nabi Muhammad saw. Yang lebih maksimal dibulan Ramadhan, kecuali memperbanyak sedekahnya.

Berbicara tentang sedekah, tidak selamanya sedekah itru dilakukan dalam bentuk pemberian harta yang dimiliki kita kepada orang lain. Dalam sebuah konteks dikatakan bahwasannya “ Kullu Ma’rufin Shadaqatun” Artinya setiap kebaikan adalah sedekah. Nah, dengan demikian sedekah bisa kita lakukan dengan cara melakukan banyak kebaikan.

Misalkan Ketika kita sedang berjalan, lalu ada sesuatu yang menghalangi jalan misalnya sampah atau duri, lalu kemudian kita memindahkan atau membuang sampah tersebut ketempatnya. Hal tersebut merupakan kebaikan yang memiliki nilai sedekah. Atau juga misalkan kita membantu atau menolong orang lain yang memerlukan bantuan dari kita,

Sebab itu, dibeberapa hari menjelang Ramadhan ini, ada waktu bagi kita semua untuk memperbanyak sedekah sebagai salah satu bentuk penyambutan kita terhadap bulan Ramadhan. Sehingga dibulan Ramadhan nanti kita semua dapat memperbanyak sedekah kita, dimana pada bulan tersebut pahala sedekah akan dilipat gandakan oleh Allah swt, dengan pahala yang berkali lipat.

Memperbanyak sedekah juga merupakan salah satu cara agar Ramadhan kita memiliki nilai kebaikan, sehingga Ramadhan yang kita lalui tidak hadir dan berlalu begitu saja. Sungguh sangat rugi sekali bagi kita jika membiarkan Ramadhan ini berlalu begitu saja tanpa ada kebaikan sedikitpun yang kita dapatkan, sebab kita semua tidak akan pernah tahu apakah akan disampaikan lagi kebulan Ramadhan selanjutnya atau tidak?

Dengan demikian mari kita sama-sama maksimalkan bulan Ramadhan ini dengan persiapan yang matang. Sehingga bulan yang penuh berkah ini memiliki nilai dan makna dalam bagi kita serta kita semua mendapatkan pahala kebaikan dibulan ini.

Leave a Reply