Waktu-Waktu Istimewa Yang Diciptakan Untuk Seorang Muslim

Waktu-Waktu Istimewa Yang Diciptakan Untuk Seorang Muslim

Waktu merupakan sesuatu yang sangat berarti bagi seorang manusia khususnya seorang muslim, dimana waktu ini dapat menjadi anugerah ketika seseorang memanfaatkannya dengan sebaik mungkin dan juga sebaliknya, waktu ini bisa jadi musibah ketika seseorang tidak pandai untuk memanfaatkannya. Sebab waktu adalah sesuatu yang akan di pertanggung jawabkan kelak.

Dengan demikian, setiap orang wajib untuk memanfaatkan serta mengisi waktu dengan sesuatu hal yang bermanfaat. Dalam hal ini Allah swt menciptakan waktu-waktu yang istimewa diantara waktu-waktu yang lain, dimana pada waktu tersebut bisa diisi dengan cara meningkatkan amalan-amalan baik serta istiqamah didalamnya.

Adapun waktu-waktu yang istimewa tersebut  terbagi kedalam klasifikasi bulanan, pekanan dan harian. Dimana pada waktu-waktu rahmat Allah tercurah melimpah bagi hamba-hamba-Nya yang mau bersujud dan melakukan amal-amal shaleh.

Adapun waktu-waktu istimewa yang masuk dalam hitungan bulanan ialah empat bulan haram (Dzulqadah, Dzulhijjah, Muharram dan bulan rajab) serta bulan ramadhan. Rasulullah saw. bersabda,

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhori dan Muslim rasulullah saw bersabda : “Setahun berputar sebagaimana keadaannya sejak Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun itu ada dua belas bulan. Di antaranya ada empat bulan haram (suci). Tiga bulannya berturut-turut yaitu Dzulqadah, Dzulhijjah, dan Muharram. (Satu bulan lagi adalah) Rajab Mudhor yang terletak antara Jumadil (akhir) dan Sya’ban.”

Dalam hadits diatas disebutkan ada empat bulan suci (haram) yang dimuliakan, dimana seorang muslim dianjurkan untuk mengisinya dengan berbagai amal shaleh serta menjauhi perbuatan dosa, sebab pada bulan tersebut selain amal shaleh yang dilipatgandakan pahalanya, dosa juga dilipatgandakan.

Selain empat bulan haram diatas, ada juga bulan Ramadhan, dimana bulan ini merupakan bulan penuh ampunan dan bulan penuh keberkahan.

Selanjutnya waktu-waktu istimewa yang diciptakan Allah untuk seorang muslim dalam hitungan pekanan ialah hari Jum’at, dimana pada hari Jum’at ini kita semua dianjurkan untuk membaca surat Al-Kahfi, memperbanyak do’a, dzikir dan shalawat serta memperbanyak amal shaleh lainnya seperti sedekah, tilawah dan mengerjakan shala-shalat sunnah.

Dalam hitungan harian, Allah swt menciptakan sepertiga malam bagi seorang muslim untuk menengadahkan kepada memohon ampunan kepada-Nya. Dimana pada waktu do’a-do’a seorang muslim akan mudah untuk dikabulkan oleh-Nya. Menjadi satu kemuliaan tersendiri bagi seorang muslim yang mampu menunaikan ibadah pada waktu ini dari mulai qiamulail, dzikir dan tilawah quran.

Waktu adalah hal yang sangat penting dalam kehidupannya, terlebih waktu-waktu yang istimewa diatas yang sudah selayaknya kita isi dengan amalan-amalan shaleh sehingga tidak berlalu begitu saja.

Sahabat, waktu memiliki sifat sementara, untuk itu manfaatkanlah bulan-bulan yang dimuliakan, hari yang dimuliakan serta waktu sepertiga malam diatas, Jangan sampai kita kehilangan semuanya dan menjadi golongan orang yang menyesal dan rugi dihari kemudian.

Di bulan muharram ini, marilah kita perbanyak tobat dan bermunajat kepada Allah swt. untuk kebaikan kita semua pada satu tahun yang akan datang, kita mulai perjalanan tahun yang baru ini dengan meningkatkan amal-amal shaleh kita.

Sungguh menjadi kemuliaan tersendiri bagi seorang muslim yang hari ini dan esoknya jauh lebih baik dari hari kemarin, bulan kemarin dan tahun kemarin. Yuk kita mulai perjalanan kita ini dengan memperbanyak waktu untuk mendekatkan diri kepada-Nya, baik dengan cara menunaikan shalat sunnah, dzikir, shalawat, tilawah, sedekah dan amal-amal shaleh lainnya yang bisa kita semua kerjakan.

Leave a Reply