Makna Sumpah Pemuda Bagi Generasi Penerus Bangsa

Makna Sumpah Pemuda Bagi Generasi Penerus Bangsa

92 tahun yang lalu, pada pelaksanaan Kongres Pemuda II yang dilaksanakan pada 27-28 Oktober 1928 para pemuda berkumpul mewakili wilayahnya masing-masing, dimana pada kongres tersebut tercetuslah sebuah gagasan besar untuk bangsa ini yang kemudian diberi nama sebagai Sumpah Pemuda. Adapun isi dari Sumpah Pemuda tersebut ialah sebagai berikut.

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.

Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Sumpah pemuda yang diucapkan oleh para pemuda 92 tahun yang lalu merupakan tonggak utama dalam sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia. Ikrar tersebut diucap dan dianggap sebagai semangat untuk menegaskan akan berdirinya negara Indonesia. Selain itu, Sumpah Pemuda juga memiliki makna yang mendalam bagi bangsa ini dalam mempersatukan anak bangsa yang tersebut dari berbagai wilayah Indonesia.

Memakanai Sumpah Pemuda yang dicetuskan pada 92 tahun yang lalu, sebagai pemuda kita diharapkan mampu mengembangkan kualitas diri sehingga bisa menjadi penerus bangsa yang baik dan berkualitas. Seperti diketahui bersama, zaman semakin maju dan berkembang, dimana hal tersebut menuntut kita untuk menjadi pribadi yang baik, pribadi yang berkualitas , memiliki wawasan dan ilmu pengetahuan yang luas sehingga bisa berperan dalam membangun bangsa ini menjadi lebih maju lagi kedepan dan mampu bersaing di dunia internasional.

Dikala pandemi COVID-19 yang mewabah diseluruh penjuru dunia saat ini, sebagai pemuda kita diwajibkan untuk beradaptasi dan memulai sesuatu yang baru, dalam hal ini peran pemuda bisa diisi dengan memberikan gagasan yang kreatif dan inovatif dalam keadaan yang serba terbatas ini. Pemuda juga harus menjadi garda terdepan dalam menyelamatkan bangsa ini dari wabah pandemi COVID-19.

Peran Pemuda Dalam Menghadapi Masa Pandemi

Dalam menghadapi wabah pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai ini, pemuda diharapkan memiliki “peran penting” dan menjadi agen perubahan atau agent of change, yaitu dengan cara mendorong terjadinya transformasi dunia kearah yang lebih baik dengan berbagai ide atau gagasan yang inovatif dan kreatif.

Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada, para pemuda bisa memasifkan edukasi tentang pentingnya menjalankan protokol kesehatan guna mencegah penularan virus corona. Selain itu, dengan kemajuan yang ada, para pemuda juga bisa menciptakan platform penggalangan dana secara online guna membantu masyarakat yang terdampak oleh wabah ini.

Selain itu, ada dua peran penting yang bisa dilakukan oleh para pemuda dalam menghadapi wabah ini.

  1. Menuangkan ide bisnis untuk masyarakat

Seperti diketahui bersama, wabah pandemi telah memporak porandakan hampir setiap lini kehidupan masyarakat, termasuk yang tidak kalah pentingnya adalah sektor ekonomi. Dalam hal ini, untuk membangkitkan perekonomian di tengah masyarakat, para pemuda bisa menuangkan ide bisnis yang kreatif seperti pengadaan pelatihan bisnis online dan lain sebagainya.

  1. Menjadi penggerak dalam menjalankan protokol kesehatan

Ditengah pandemi covid-19 ini, kesehatan merupakan hal yang teramat penting untuk dijaga. Adapun dalam menjaga bisa dengan cara menerapkan pola hidup sehat dan juga menerapkan protokol kesehatan yang berlaku. Dalam hal ini, para pemuda bisa menjadi penggerak dalam mengkampanyekan protokol kesehatan yakni menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Yuk, refleksikan semangat Sumpah Muda dalam kehidupan sehari-hari dengan mengambil peran dalam membantu negeri ini bebas dan aman dari wabah Covid-19. Sekecil apapun yang kita berikan tentunya sangat berarti bangsa ini.

Leave a Reply