Kapan Pahala Sedekah Kita Menjadi Besar?

Kapan Pahala Sedekah Kita Menjadi Besar?

Sedekah merupakan pemberian kepada orang lain yang dilakukan dengan sukarela atau ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Sedekah tentunya lebih luas dari zakat maupun infaq, hal ini dikarenakan sedekah tidak hanya dibatasi dengan mengeluarkan atau menyumbangkan harta, namun sedekah mencakup segala amal baik yang dikerjakan dan memiliki manfaat bagi orang lain.

Sedekah bisa dilakukan dalam berbagai bentuk amal kebaikan, dalam sebuah hadits disebutkan bahwa memberikan senyuman kepada saudara kita merupakan sedekah, selanjutnya menyingkirkan duri di jalan juga merupakan sedekah.

Sahabat, Sedekah merupakan bukti iman dan ketaatan seorang hamba kepada Allah swt, dan sifat dari sedekah ini tidak dapat dipaksakan, melainkan panggilan hari dan jiwa untuk melakukannya dengan ikhlas dan dapat menyenangkan hati serta meringankan beban yang dipinggul orang lain.

Sedekah memiliki cangkupan yang sangat luas sekali. Namun, agar lebih utama dan lebih berkah harta yang kita miliki juga harus disedekahkan kepada orang-orang lain yang membutuhkan.

Dalam bersedekah, ada saat dimana sedekah tersebut memiliki pahala yang besar. Lantas kapankah kita bisa melakukan sedekah agar memiliki pahala yang besar?

Suatu ketika ada seseorang yang datang kepada Nabi SAW seraya bertanya, “Wahai Rasulullah, sedekah apakah yang paling besar pahalanya?” Lalu, beliau menjawab, “Bersedekah selama kamu masih sehat, bakhil (suka harta), takut miskin, dan masih berkeinginan untuk kaya. Dan, janganlah kamu menunda-nunda sehingga apabila nyawa sudah sampai di tenggorokan maka kamu baru berkata, ‘Untuk fulan sekian dan untuk fulan sekian’, padahal harta itu sudah menjadi hak si fulan (ahli warisnya).” (HR Bukhari dan Muslim).

Dalam hadits diatas disebutkan bahwa pahala sedekah yang besar ialah sedekah yang dilakukan dalam keadaan sehat, suka harta, takut miskin dan memiliki keinginan untuk kaya. Tegasnya sedekah yang paling utama adalah sedekah yang disegerakan.

Sahabat, bersegera melakukan sedekah adalah cara terbaik bagi kita untuk meraih pahala besar di sisi-Nya. Untuk itu, jangan menunggu kaya atau sakit baru kita bersedekah. Sebab, kita tidak mengetahui kapan ajal akan menjemput kita, bahkan bisa jadi ketika kita sedang menunda diri untuk bersedekah, ajal tersebut datang menunggu kita.

Suatu saat akan ada masa dimana kita akan memohon kepada Allah untuk dikembalikan lagi kealam dunia walau hanya dalam waktu sesaat untuk melakukan sedekah, akan tetapi permohonan dan penyesalan itu tidak lagi berarti, untuk itu manfaatkan waktu terbaik kita untuk bersegera melakukan sedekah dan meraih pahala terbaik di sisi-Nya.

Sahabat, Lakukanlah sedekah baik di saat lapang maupun sempit untuk meraih keberkahan hidup di dunia maupun di akhirat. Sebab, sedekah yang ditunaikan akan sangat membantu mereka yang mem butuhkan bantuan dan disamping itu harta kita juga akan terus bertambah dan semakin berkah.

Semoga sedekah kita lakukan menjadi sebuah pahala dan kebaikan serta penyelamat kita di akhirat kelak. Dan semoga juga kita semua diberikan petunjuk oleh Allah swt. untuk senantiasa bersedekah dan membantu orang lain yang sedang membutuhkan.

Yuk tunaikan sedekah terbaikmu di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur, Sahabat bisa mengirimkan donasi terbaiknya ke nomor rekening berikut.

BCA No. Rek. 2303279946

Mandiri No. Rek. 166.000.089.495.6

Bank BRI No. Rek. 0652.01.000182.30.4

Bank Permata Syari’ah No. Rek. 07.014.071.80

A / N Yayasan Rahmatan Lil-Alamin

Klik disini untuk konfirmasi.

Leave a Reply