βœ‰ rpkmandiri@gmail.com | πŸ“ž 021-86905367
Membiasakan diri membaca Al-Quran setiap hari

Membiasakan diri membaca Al-Quran setiap hari


Sahabat sekalian sudahkah kita hari ini membaca Al-Quran? Membaca Al-Quran memiliki banyak keutamaan yang terkandung didalamnya, sebab itu pastikan bahwa setiap hari yang kita lalui terisi dengan membaca Al-Quran. Selain bernilai ibadah, mukjizat yang terkandung didalam Al-Quran ini bisa mengubah akhlak kita yang tadinya kurang baik menjadi lebih baik.dan dengan Al-quran hidup kita akan mulia dan jauh dari hal yang sia-sia.

Membaca Al-Quran bisa dilakukan dimana saja dan kapan aja. Membaca Al-Quran memiliki banyak keutamaan-keutamaan seperti, mendapat pahala sejajar malaikat dan kebaikan yang berlipat ganda. Ketika kita membaca Al-Quran, Setiap huruf yang kita baca akan dikalikan dengan sepuluh kebaikan. selain itu membaca Al-Quran juga dapat memberikan syafaat kepada kita di Yaumil Akhir kelak.

Banyak hadits-hadits nabi yang berbicara mengenai keutamaan membaca Al-Quran. salah satu keutamaan membaca Al-quran adalah setiap huruf yang kita baca akan dikalikan dengan sepuluh kebaikan. jika kita membaca sehari satu halaman maka kita bisa hitung berapa huruf yang ada dalam halaman tersebut, lalu kita kalikan dengan sepuluh. masyaallah, begitu besarnya keutamaan membaca Al-Quran ini, dan ini merupakan satu dari banyaknya keutamaan-keutamaan membaca Al-Quran.

setiap muslim diajurkan untuk membaca Al-Quran baik diwaktu siang maupun malam. Jika mampu membaca hingga khatam sehari sekali maka itu lebih baik baginya. Adapun jika tidak khatam yang terpenting setiap hari kita dapat membacanya dengan istiqamah, bisa mulai sehari satu ayat, sehari satu lembar, bahkan sehari satu juz. Usahakan setiap hari sebelum keluar dari rumah untuk menjalani aktivitas,kita telah membaca AL-Quran lebih dulu.

Seiring dengan perkembangan zaman, kebiasaan membaca Al-quran kini seolah-olah tersisihkan. Kemajuan-kemajuan teknologi yang saat ini terjadi telah berhasil mengalihkan pusat perhatian orang muslim itu sendiri. membaca Al-Quran yang dulu menjadi kebiasaan sehari-hari kini beralih ke nonton televisi, youtube, medsos dan sarana hiburan lainnya.di satu sisi kemajuan teknolgi memang harus kita ikuti. akan tetapi kita harus mengimbanginya dengan berbagai kebaikan salah satunya dengan membaca Al-Quran.

Menyikapi perkembangan zaman yang terjadi saat ini, munculah gerakan magrib mengaji yang dilakukan ditengah-tengah masyarakat. Selain itu muncul juga komunitas-komunitas pecinta Al-Quran yang senantiasa mengajak orang-orang muslim untuk kembali bersemangat membiasakan diri membaca Al-Quran setiap hari. Komunitas-komunitas ini rata-rata di pelopori oleh golongan-golongan muda yang peduli dengan situasi saat ini.

membaca Al-Quran akan memberikan banyak keberkahan dalam hidup

Membaca Al-Quran sehari satu juz

Pernahkah kita berusaha mengkhatamkan AL-Quran sebulan sekali kecuali saat bulan Ramadhan? Mengkhatamkan al-Quran sebulan sekali bisa kita lakukan dengan cara yang mudah dan ringan, tanpa menyita banyak waktu yang kita miliki. Dengan syarat kita bisa memanjemen waktu kita dengan baik serta disiplin dalam menjalankannya.

Ketika kita ingin mengkhatamkan Al-quran sebulan sekali, maka tugas kita adalah membacanya sehari satu juz. Membaca sehari satu juz bisa menghabiskan waktu kurang lebih satu jam jika diselesaikan dengan cara membacanya sekaligus satu juz. Namun ada cara lain yang lebih efektif yaitu dengan membacanya setiap waktu shalat.Dimana satu juz Al-quran terdiri dari sepuluh lembar. Jika dibagi kelima waktu shalat maka setiap waktu shalat kita harus membacanya dua lembar.

Membaca dua lembar Al-quran memerlukan waktu kurang lebih 7-10 menit. Dan itu bisa kita lakukan setelah melaksanakan shalat fardhu. Ketika kita bisa membiasakan membaca Al-quran dua lembar setelah melaksanakan shalat ilma waktu maka dalam sehari dapat menyelasaikan tilawah sebanyak satu juz. Dan kita bisa mengkhatamkan Al-Quran setiap bulannya.

Rasulullah saw. menganjurkan kepada umatnya untuk mengkhatamkan Al-Quran sebulan sekali,hal itu terdapat dalam hadits yang berbunyi β€œ bacalah (khatamkan) Al-Quran dalam sebulan,” Abdullah bin Amr lalu berkata β€œaku mampu menambah lebih dari itu” kemudian rasulullah saw bersabda β€œ bacalah (khatamkanlah) Al-quran dalam waktu tujuh hari, jangan lebih dari itu.(HR. Bukhari no. 5054)

Leave a Reply

Close Menu