Tips Aman Bekerja Dirumah Selama Corona

Tips Aman Bekerja Dirumah Selama Corona

Sebagai upaya pencegahan atas menyebarnya virus corona, pemerintah Indonesia menghimbau seluruh warganya untuk melakukan pembatasan sosial (Sosial Distancing)  dan melakukan semua aktivitasnya di rumah. Istilah Work From Home (WFH) atau bekerja dari rumahpun kini menjadi istilah yang cukup viral.

work from home

Adapun ketika kita mengerjakan segalanya dari rumah, semua orang tahu bahwasannya ketika kita melakukan semua aktivitas kita dari rumah sudah dapat dipastikan kita menggunakan email dan grup chat online dalam bekerja. Hal tersebut bisa saja menjadi kesempatan bagi para peretas untuk melakukan aksinya ditengah-tengah kepanikan seluruh masyarakat dengan mencuri data atau memainkan psikologi kita dengan sesuatu yang terkesan mendesak.

Dalam menyikapi hal tersebut, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mersepon hal tersebut dengan menghimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk tetap memperhatikan aspek keamanan dalam bekerja. Karena melihat situasi saat ini bisa saja para peretas memanfaatkannya untuk mencuri data-data penting kita.

Berikut adalah panduan dari BSSN agar tetap aman dan nyaman dalam bekerja dirumah,

  1. Waspada Social Engineering

Menurut BSSN, saat kita bekerja dari rumah peretas tahu bahwa kita mengandalkan informasi dari yang kita terima melalui online misalnya email dan chat group. Hal tersebut dapat memudahkan peretas untuk mencuri data dan informasi penting dengan metode phising.

Maka dari itu jangan asal membuka email dan tautan yang mencurigakan atau berasal dari sumber yang tidak terpercaya.2. Amankan Jaringan Internet Di Rumah

2. Amankan Jaringan Internet Di Rumah

Perlu diketahui bahwa jaringan WiFi dirumah itu dikontrol dengan internet router dan wireless access point. Maka, keamanan jaringan wireless adalah hal yang penting untuk diperhatikan agar peretas tidak dapat masuk melalui celah manapun.

Cara mengamankannya sendiri, ubah password default bawaan pabrik dengan password yang unik, panjang, mudah diingat, namun sulit ditebak. Pastikan password yang baru hanya diketahui orang-orang yang anda percayai.

3. Buat Password Yang Kuat

Gunakan password yang berbeda-beda untuk setiap akun layanan yang kita gunakan. Mulai dari akun email, teleconference, database, dan sistem online lainnya. Selain itu, gunakan fitur two-factor atau multi-factor authentication bila layanannya memfasilitasi.

4. Pastikan Semua Software Sudah Update

Peretas biasanya memanfaatkan celah keamanan dari software yang kita gunakan. Celah-celah keamanan ini akan selalu terbarukan (patched) melalui update-update yang disediakan oleh pengembang software. Terapkan pengaturan automatic update biar anda tidak lupa.

5. Batasi Akses Anak, Keluarga, dan Tamu

Pastikan anggota keluarga memahami untuk tidak menggunakan perangkat elektronik pribadi anda. Anak-anak maupun orang lain di rumah, bisa saja tidak sengaja menghapus atau mengubah hasil kerja anda. Bahkan mereka bisa saja mengunduh file, software, atau game berbahaya ke dalam perangkat.

Sumber : CNBC indonesia

Diatas adalah lima tips yang bisa kita lakukan dalam bekerja dirumah, semoga kita semua bisa beraktivitas dengan aman dan nyaman serta lancar walau harus mengerjakan semuanya dari rumah. Tetap tenang dan serahkan semuanya kepada Sang Pencipta serta ikuti semua arahan dan himbauan pemerintah . Perbanyak munajat dengan berdo’a dan selalu mendekat diri kepada-Nya agar virus corona ini bisa secepatnya tertangani dan berlalu.

Leave a Reply