✉ rpkmandiri@gmail.com | 📞 021-86905367
Melakukan Perjalanan Saat Pandemi Corona, Ini Tipsnya

Melakukan Perjalanan Saat Pandemi Corona, Ini Tipsnya

Meskipun pemerintah sudah menginstruksikan untuk tetap diam dirumah kepada seluruh masyarakat Indonesia, akan tetapi ada sebagian orang yang tetap harus pergi keluar dari rumah entah dengan alasan apapun itu. akan tetapi lebih disarankan kepada seluruhnya untuk mengikuti instruksi dari pemerintah agar penanganan virus corona ini dapat dilakukan dengan efektif dengan cara melaksanakan seluruh kegiatan di rumah.

pandemi corona ( Ilustrasi melakukan perjalanan saat pandemi corona)
ilustrasi perjalanan saat pandemi corona

Mungkin agak memberatkan jika harus berdiam diri dirumah atau mengerjakan seluruh pekerjaan dari rumah, akan tetapi hal itulah yang menjadi usaha dan perjuangan kita sebagai masyarakat dalam melawan dan mencegah sekecil apapun penyebaran virus ini. adapun jika anda terpaksa harus melakukan perjalanan atau keluar dari rumah berikut adalah tips yang bisa digunakan ketika bepergian.

Mencuci tangan

Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir  selama 20 detik, atau jika tidak memungkinkan selalu sediakan hand sanitizer untuk melakukan pembersihan tangan anda, terutama saat dalam perjalanan atau kendaraan umum.

Jangan sentuh wajah

Jika tidak terlalu perlu, hindari menyetuh wajah. Sebab, Covid 19 bisa masuk kedalam tubuh kita melalui mata dan mulut kita.

Hindari keramaian

Virus ini menular melalui kontak langsung dengan penderita atau orang yang positif. Sebab, itu hindari keramaian sebab kita sendiri tidak mengetahui siapa yang terkena virus, bisa jadi kita yang menularkan atau bisa jadi kita yang tertular. Jaga jarak aman satu meter dengan orang lain, dan tentunya gunakan masker ketika berada dalam keramaian.

Pastikan destinasi yang dituju aman

Sebelum anda bepergian pastikan destinasi yang anda tuju aman, adapun jika destinasi dituju berada dalam “red area” lebih baik hindari area tersebut.

Pastikan bahwa anda tidak memiliki gejala apapun

Ini adalah hal utama yang hjarus kita pastikan. Jangan sampai kedatangan kita kesebuah daerah membawa dampak yang tidak baik bagi daerah tersebut.

Sebelum perjalanan dimulai pastikan diri anda benar-benar sehat dan tidak menampakan gejala apapun, terlebih gejala yang menunjukan ciri dari virus corona. Dan jika dalam perjalanan mengalami gejala flu dan batuk, segera periksakan diri ke dokter.

Jaga pola makan sehat

Tetap perhatikan pola makan kita, terutama saat melakukan perjalanan, jika perlu minumlah vitamin untuk tetap menjaga daya tahan tubuh kita.

Virus corona atau covid 19 merupakan virus yang penyebarannya begitu cepat. jadi disarankan bagi kita yang tidak memiliki keperluan mendesak apapun untuk tetap berada di rumah dan melakukan seluruh kegiatan dari belajar, bekerja sampai beribadah dirumah untuk saat ini.

Kita semua berdo’a dan berharap semoga keadaan ini cepat berlalu, bumi menjadi pulih sehingga seluruh masyarakat dapat beraktivitas seperti biasanya. Tetap tingkatkan ketaaqwaan dan manfaatkanlah moment ini untuk menginstropeksi diri agar menajdi lebih baik. Dekati Allah dengan memperbanyak do’a, tilawah, tahajud, dhuha serta amalan lainnya. Virus ini merupakan ciptaan Allah, dan akan hilang dengan kehendak Allah. Tingkatkan ketaqwaan dan tetap ikuti arahan.

Leave a Reply

Close Menu