Meskipun Sulit, Mari Beristiqamah Dalam Kebaikan

Meskipun Sulit, Mari Beristiqamah Dalam Kebaikan

Memulai sebuah kebaikan mungkin bukanlah sebuah perkara yang sulit bagi seorang muslim. Namun, dalam menjalankan kebaikan tersebut sampai ke tingkat istiqamah memerlukan tekad dan azam yang kuat. Sebab, menjadi seorang yang istiqamah dalam mengerjakan kebaikan tidak bisa dilakukan dengan cara yang instan, melainkan melalui proses dan penempaan yang panjang.

Istiqamah bukanlah perkara yang ringan diucapkan namun sulit untuk direalisasikan. Rasulullah sendiri berdo’a agar hatinya diberikan keteguhan dalam mengerjakan berbagai kebaikan. “ Yaa Muqallibal qulub tsabbit qalbi ‘ala diinik”. Yang artinya “ Wahai Dzat yang membolak-balikan hati, teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu”. (HR Tirmidzi, Ahmad, Hakim, dishahihkan oleh Adz Dzahabi, lihat pula Shahihul Jami’).

Adapun untuk dapat beristiqamah dalam menjalankan kebaikan, sahabat-sahabat semua bisa mengamalkan beberapa kita berikut.

Meluruskan niat

Niat adalah kunci utama diterimanya sebuah kebaikan. “sesungguhnya amal perbuatan tergantung pada niatnya” (HR. Bukhari dan Muslim).  Niat juga bisa dijadikan sebagai tujuan seseorang dalam menjalankan kebaikan, sebab itu jadikanlah ridha Allah sebagai tujuan utama. Dan ketika kita merasa lelah, ingatlah kembali apa tujaun awal kita yakni istiqamah dalam menjalankan kebaikan.

Menambah ilmu bermanfaat setiap waktu

Manusia bukanlah makhluk yang sempurna, pasti selalu ada kekurangan dalam dirinya. Dengan itu, Allah memberikan karunia yakni berupa kesempatan untuk belajar. Di era yang modern seperti saat ini, banyak sekali sarana yang bisa digunakan untuk belajar dengan mudah seperti membaca buku, mengikuti kajian, atau training online.

Belajar adalah salah satu cara terbaik bagi seorang muslim agar mendapatkan energi serta motivasi dalam diri agar tetap istiqamah dalam menjalankan kebaikan.

Berkumpul dengan orang-orang shaleh

Bersilaturahim atau berkumpul denga orang-orang yang shaleh serta memiliki visi misi yang sama, yakni untuk istiqamah dalam menjalankan hal-hal yang baik akan mendatangkan energy positif dalam diri kita untuk senantiasa istiqamah. Adapun salah satu keuntungan dari berkumpul dengan orang-orang yang shaleh ialah adanya pengingat diri ketika kita khilaf atau berada pada jalan yang salah.

Terus dekatkan diri kepada Allah

Cara untuk mendekatkan diri kepada Allah ialah dengan melaksanakan segala perintahnya serta menjauhi segala larangannya. Dalam hal ini, selain melaksanakan perintah-perintah wajib, kita juga harus meningkatkan amal shaleh serta interaksi dengan Al-Quran. Sebab dengan membaca, mentadabburi dan mengamalkannya, Insyaallah akan semakin meneguhkan hati untuk istiqamah.

Terakhir, jangan lupa untuk menyempurnakan semua semangat dan ikhtiar sahabat dengan menunaikan sedekah. Rasulullah pernah bersabdam bahwa sedekah bisa memudahkan segala urusan di dunia dan akhirat. (HR. Muslim). Insyaallah, Allah akan memudahkan semua ikhtiar kita menjalankan kebaikan dan mendekatkan diri kepada-Nya.

Istiqamah Menunaikan Sedekah

Sedekah ialah amalan seorang muslim yang bernilai besar dalam perjalanan peradaban islam, selain itu sedekah juga memiliki kedudukan yang tinggi dalam islam. Bagaimana tidak, seorang muslim yang sedekah ia bisa menggait pahala orang-orang yang shalat dalam masjid, ketika ia bersedekah untuk membangun masjid, ataupun mendapatkan pahala menghafal Al-Quran ketika ia bersedekah untuk membangun rumah quran.

Menunaikan sedekah sama dengan menunaikan misi yang besar yakni memuliakan serta memberdayakan orang-orang yag membutuhkan bantuan. Selain itu, kita juga bisa melihat sedekah sebagai gambaran dari islam yang rahmatan lil-alamin.

Selain itu, kita juga bisa melihat sedekah sebagai salah satu pilar terpenting dalam proses perjalanan peradaban islam dari masa ke masa. Untuk itu sebagai seorang muslim, sedekah harus dijadikan sebagai gaya hidup. Dimana sedekah sebagai gaya hidup dimulai dengan cara membiasakan diri untuk sedekah dan istiqamah dalam menjalankannya.

This Post Has One Comment

Leave a Reply