Jenis-Jenis Rezeki Dari Allah Yang Harus Diketahui

Jenis-Jenis Rezeki Dari Allah Yang Harus Diketahui

Setiap makhluk hidup yang ada dimuka bumi ini telah ditentukan rezekinya oleh Allah swt, tanpa kecuali manusia, sebagai makhluk yang paling sempurna dimuka bumi ini manusia dilahirkan ke muka bumi ini sudah dengan takaran rezekinya masing-masing, jadi mustahil jika ada seseorang yang tidak mendapatkan rezeki dalam hidupnya.

Adapun jika kurang lancar dalam menerima rezeki, jangan pernah merasa takut, mengeluh atau sampai bingung, akan tetapi kita harus memeriksa beberapa hal mungkin ada sesuatu yang perlu diperbaiki baik dalam hal ibadah maupun hal lainnya. Selain itu ternyata rezeki juga meliputi dua hal, ada yang ditakar dan adapula yang telah Allah hamparkan. Sehingga seorang hamba harus berusaha untuk mendapatkannya. Berikut adalah jenis-jenis rezeki yang harus anda ketahui.

Rezeki Yang Telah Dijamin

‎Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwasannya setiap makhluk hidup yang ada dimuka bumi ini telah Allah jamin rezekinya, dalam hal ini Allah swt berfirman “Tidak ada satu makhluk melatapun yang bergerak di atas bumi ini yang tidak dijamin ALLAH rezekinya.” (Surah Hud : 6).

Untuk itu sebagai seorang hamba yang beriman kita harus meyakini apa yang telah Allah sebutkan dalam ayat-ayatNya tersebut. Sehingga ketika dilanda ujian seperti kurang lancarnya rezeki kita tidak perlu merasa khawatir, melainkan cara yang kita lakukan adalah memperbaiki hubungan dengan Sang Pemberi Rezeki yakni Allah swt.

Rezeki Karena Usaha

Bagi seorang muslim tidak perlu merasa khawatir dan cemas dengan usaha atau ikhtiar yang telah dilakukannya, berdo’a dan berharaplaj kepada Allah karena sesungguhnya Allah telah memberikan jaminan rezeki kepada seorang hamba yang telah berusaha, dalam hal ini Allah swt berfirman ‎“Tidaklah manusia mendapatkan apa-apa kecuali apa yang dikerjakannya.” (Surah An-Najm : 39).

Untuk itu setiap orang diharuskan untuk berusaha agar mendapatkan kecukupan rezeki, kemudian sempurnakanlah usaha kita dengan memanjatkan do’a kepada-Nya.

Rezeki Karena Bersyukur

Bersyukur adalah bentuk ketaqwaan seorang hamba kepada Allah, dengan bersyukur Allah akan menambahkan nikmat atau rezeki kepada hamba-Nya ‎“Sesungguhnya jika kamu bersyukur pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu.” (Surah Ibrahim : 7).

Rezeki Tak Terduga

Betapa pemurahnya Allah swt, yang telah melapangkan rezeki bagi siapapun, terutama bagi mereka yang bertaqwa kepada-Nya. Adapun salah satu karunia bagi orang yang bertaqwa adalah diberikan rezeki dari arah yang tak terduga, Allah swt. berfirman,“Barangsiapa yang bertakwa kepada ALLAH nescaya Dia akan menjadikan baginya jalan keluar dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya.” (Surah At-Thalaq : 2-3).

Rezeki Karena Istighfar

Allah swt. akan melapangkan rezeki-Nya kepada siapapun ia yang mendekatkan diri pada-Nya, adapun salah satu cara mendekatkan diri kepada Allah adalah dengan memperbanyak cara istighfar, Allah swt berfirman “Beristighfarlah kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, pasti Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan memperbanyak harta.” (Surah Nuh : 10-11).

Rezeki Karena Menikah

Menikah adalah ibadah sunnah yang dianjurkan kepada siapapun yang telah mencapai usia yang matang, perlu diketahui, selain merupakan bentuk ibadah menikah juga dapat membuka pintu rezeki kita, Allah swt berfirman, “Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak dari hamba sahayamu baik laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, maka ALLAH akan memberikan kecukupan kepada mereka dengan kurnia-Nya.” (Surah An-Nur : 32).

Rezeki Karena Anak

Kita semua mengenal istilah banyak anak banyak rezeki, dan hal itu merupakan hal yang benar, sebab, dengan memiliki anak akan menjadi sebab datangnya rezeki kepada kita, Allah swt. berfirman, “Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu kerana takut miskin. Kamilah yang akan menanggung rezeki mereka dan juga (rezeki) bagimu.” (Surah Al-Israa’ : 31).

Rezeki Karena Sedekah

“Siapakah yang mahu memberi pinjaman kepada ALLAH, pinjaman yang baik (infak & sedekah), maka ALLAH akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipatan yang banyak.” (Surah Al-Baqarah : 245).

Setelah mengetahui jenis-jenis rezeki selanjutnya seorang muslim harus mengetahui juga bagaimana cara menggunakan rezeki agar bermanfaat bagi dirinya serta menjadi penyelamat dihari kemudian. Untuk itu gunakanlah rezeki ini untuk kebermanfaatan dan dalam penggunaannya jangan sampai berlebihan.

Dalam hal ini salah satu cara agar rezeki dapat menjadi penolong bagi kita dihari kemudian adalah dengan cara mensedekahkannya. Sebab perlu kita ketahui bahwasannya dalam setiap harta atau rezeki yang kita miliki ada hak-hak orang lain yang perlu kita sedekahkan.

Leave a Reply