Tabungan Amalan Yang Tidak Akan Pernah Putus Pahalanya

Tabungan Amalan Yang Tidak Akan Pernah Putus Pahalanya

Semua orang memahami dan sudah banyak juga yang mengamalkan sedekah dalam kehidupannya. Namun dengan sedekah jariah apakah sudah semuanya mengetahuinya? Semoga semuanya telah mengetahui dan telah mengamalkan sedekah jariah ini.

Sedekah jariah merupakan amalan yang terus mengalir pahalanya walaupun orang yang melakukannya telah meninggal dunia. harta yang telah disedekahkannya tersebut selalu menghasilkan pahala yang terus mengalir kepadanya.

Allah swt. menawarkan amalan yang pahalanya sangat besar kepada seluruh umat muslim yang ada dimuka bumi ini, dimana amalan ini walaupun dilakukan hanya sekali akan tetapi bisa jadi pahalanya akan terus mengalir walaupun kita telah mati sekalipun, bahkan amalan ini juga bisa jadi adalah lading pahala untuk kita.

Dalam sebuah riwayat rasulullah saw. berkata “ Jika manusia mati maka terputuslah seluruh amalnya, kecuali tiga hal yaitu, Sedekah Jariah, Ilmu Yang Bermanfaat dan Anak Shaleh yang selalu medo’akan orang tuanya” (HR. Muslim)

Rasulullah saw. merupakan tauladan kita dalam melakukan sedekah, beliau menganjurkan kepada seluruh umatnya untuk memperbanyak sedekah, sebab sedekah merupakan salah satu hal yang bisa menjadikan harta kita berkah. Sebab, Allah sendiri telah menjamin kepada umatnya yang bersedekah untuk diberi kemudahan.

Allah swt. berfirman, “Adapun orang yang memberikan (hartanya di jalan Allah) dan bertaqwa dan membenarkan adanya pahala yang terbaik (surga) maka Kami kelak akan menyiapkan baginya jalan yang mudah”(Qs. Al Lail: 5-7).

Semoga kita semua termasuk orang yang bersedekah dan meyakini terdapat banyak balasan kebaikan bagi orang yang bersedekah salah satu yang utamanya adalah surga.

Jenis Amalan Sedekah Jariah Yang Pahalanya Terus Mengalir

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa sedekah jariah merupakan amalan yang pahalanya terus mengalir meskipun orang yang melakukannya telah meninggal dunia. berikut adalah beberapa amalan sedekah jariah yang bisa kita kerjakan.

1. Membangun Mesjid

Membantu proses pembangunan  masjid atau mewakafkan tanah dan harta kita untuk pembangunan keperluan ibadah dan kemanusiaan merupakan sedekah jariah yang memiliki pahala yang besar. Terlebih masjid adalah tempat semua orang melakukan berbagai kegiatan dan amal baik.

Selain membantu dalam proses pembangunan masjid, kita juga dapat membantu proses pembangunan jalan, jembatan, sekolah, panti asuhan, rumah sakit dan lain sebagainya yang juga merupakan amalan sedekah jariah.

2. Mengajarkan Ilmu

Selanjutnya amalan sedekah jariah lainnya adalah mengajarkan ilmu yang bermanfaat kepada orang lain, terlebih ketika orang yang diajar itu mengamalkan serta mengajarkan juga ilmu tersebut kepada orang lain. mengajarkan ilmu tidak selamanya kita harus berprofesi menjadi seorang guru, akan tetapi dengan berbagi informasi yang bermanfaat dan menjadi kebaikan bagi semua orang hal tersebut bisa menjadikannya sebagai pahala yang terus mengalir.

3. Menulis Buku

Menulis buku sama artinya dengan mengajarkan ilmu yang bermanfaat bagi oang lain. menulis buku merupakan salah satu cara untuk mengabadikan pemikiran serta pemahaman kita yang bisa diterapkan oleh banyak orang bahkan lintas generasi. Dengan demikian menulis buku yang terdapat ilmu yang bermanfaat didalamnya merupakan salah amal jariah yang pahalanya terus mengalir meskipun orang yang menulisnya telah meninggal.

4. Menggali Sumur

Sumur merupakan salah satu sumber air yang sangat diperlukan oleh semua orang. Sebab itu menggali sumur dan mewakafkannya untuk keperluan orang banyak merupakan amalan yang sangat luar biasa besar pahalanya. Sebab dari banyaknya kebaikan yang bisa dikerjakan, air merupakan salah satu unsur terpenting didalamnya.

Kita semua pasti mengetahui kisah wakaf sumur khalifah Utsman bin Affan, Sumur yang diwakafkan oleh beliau 1400 tahun yang lalu sampai saat ini masih bisa diraskan kebermanfaatannya oleh orang banyak. Kita bisa membayangkan berapa banyak limpahan pahala yang dimilikinya dari wakaf sumur tersebut.

Setiap orang yang beriman senantiasa melakukan banyak amalan kebaikan dalam hidupnya agar kelak mereka mendapatkan balasan surga di akhirat kelak. Banyak diantara mereka mengumpulkan pahala kebaikan dengan cara melakukan amal jariah. Amalan yang kita ketahui pahalanya terus mengalir meskipun kita telah tiada.

Sahabat, bagaimana denganmu? Sudahkan melakukan amalan-amalan kebaikan yang kelak akan menjadi pembela kita dihari akhir kelak? sahabat, sudahkan hari ini kita menyuguhkan amal kebaikan untuk kebaikan kita? seperti melakukan sedekah jariah yang sudah dijanjikan pahalanya terus mengalir meskipun kita telah tiada, apakah kamu akan rela menghiraukannya begitu saja?

Apalah arti sebuah kehidupan yang singkat ini jika tidak diisi dengan amal-amal kebaikan yang kita butuhkan buahnya diakhirat kela? Hidup didunia ini singkat dan hanya sekali, jangan sampai kita menyesal untuk selama-lamanya.

Leave a Reply