Sering Tidak Disadari, Ini 6 Tanda Terinfeksi Covid-19

Sering Tidak Disadari, Ini 6 Tanda Terinfeksi Covid-19

Satgas penanganan Covid-19 melaporkan jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia bertambah 2.858 orang per Ahad (30/8) . Sehingga saat ini jumlah seluruh total kasus positif di Indonesia bertambah menjadi 172.053.

Seperti telah diketahui bersama, Covid-19 merupakan salah satu penyakit yang virusnya bisa menyasar saluran pernafasan. Namun sampai saat ini, belum ada cara untuk mengetahui 100 persen tertular atau tidaknya. Hal itu dikarenakan ada beberapa kasus tanpa gejala yang seringnya tidak disadari oleh seseorang.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan bahwa kurang lebih 80 persen kasus Covid-19 hanya bergejala ringan atau bahkan tanpa gejala. Hal ini merupakan salah satu hal yang membahayakam dan bisa menjadi salah satu faktor penyebaran virus lebih cepat, karena sebagian orang tidak menyadaro bahwa mereka sudah terinfeksi.

Meskipun tanpa gejala, para ahli mengatakan beberapa tanda bisa menjadi petunjuk bahwa seseorang telah terjangkit covid-19. Berikut ini tujuh tanda yang menunjukan seseorang terinfeksi Covid-19 dilansir dari Republika.co.id

Kehilangan Indra Perasa dan Penciuman

Hilangnya indra perasa dan penciuman bisa menjadi salah satu gejala yang menunjukan seseorang terinfeksi Covid-19. Kehilangan indera perasa dan penciuman dalam kasus Covid-19 bisa bersifat sementara seperi yang terjadi pada gejala pilek, flu dan infeksi pernapasan lainnya.

Beberapa ahli menyebutkan bahwa sebagian pasien Covid-19 mengalami gejala kehilangan indera perasa dan penciuman hingga berbulan-bulan setelah dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Rambut Rontok tanpa Sebab

Rambut rontok merupakan salah satu tanda seseorang sedang atau telah terinfeksi Covid-19. Namun, sampai saat ini belum ada studi berskala besar yang dilakukan mengenai hubungan rambut rontok dan Covid-19. Akan tetapi, banyak pasien yang mengeluhkan gejala rambut rontok yang dideritanya.

Namun gejala rambut rontok di masa pandemi Covid-19 ini bisa juga terjadi karena kondisi yang dikenal sebagai Efluelium Telogen. Rambut rontok juga bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti kehamilan, stres, penurunan berat badan dan penyakit selain Covid-19.

Sesak Nafas

Dalam jurnal JAMA ditemukan bahwa sesak nafas masih dirasakan oleh orang-orang yang telah dinyatakan sembuh dari Covid-19. Belum diketahui juga berapa lama keluhan ini bisa berlangsung. Akan tetapi, Sebagian ahli menilai bahwa keluhan ini bisa muncil karena inflamasi yang menetap di paru-paru akibat Covid-19.

Batuk yang Tak Pernah Reda

Dalam Jurnal JAMA disebutkan bahwa orang yang telah dinyatkan sembuh dari Covid-19 masih mengalami gejala batuk yang tak kunjung hilang. batuk yang dialami seringnya adalah batuk kering yang tidak disertai dengan dahak.

Data menunjukan bahwa 43 persen orang yang telah sembuh dari Covid-19 masih mengalami gejala batuk. Batuk ini dapat berlangsung antara 14-21 hari sejak seseorang dinyatakan positif Covid-19.

Mengalami Kelelahan

Kelelahan merupakan dampak yang paling banyak dirasakan setelah seseorang ktrerkena Covid-19, hal itu berdasarkan studi yang tertuang dalam jurnal JAMA. Sekitar 53 persen pasien mengeluhkan rasa lelah yang berlanjut selama kurang lebih 60 hari setelah gejala pertama Covid-19.

Mengenai sebab dari kelelahan yang dialami oleh pasien belum diketahui kenapa gejala tersebut bisa terjadi. Diperkirakan rasa lelah itu mungkin muncul sebagai bentuk reaksis sistem imun terhadap Virus. Ada juga yang menilai rasa lelah itu muncul dikarenakan dampak dari virus Covid-19.

Gejala tak Biasa yang Berlangsung Lama

Covid-19 merupakan penyakit baru, sehingga dokter dan ilmuan masih terus mempelajari penyakit ini. Dampak-dampak menetap akibat penyakit ini masih terus dipelajari. Begitupun dengan Vaksin dari penyakit ini masih dalam proses pengembangan dan penelitian.

Keenam gejala diatas merupakan tanda-tanda yang bisa menunjukan seseorang telah atau sedang terinfeksi Covid-19, namun tidak selamanya orang yang mengalami gejala-gejala tersebut terinfeksi Covid-19. untuk itu tetap jaga kesehatan dan tetap laksanakan protokol kesehatan yang berlaku seperti memakai masker, rajin mencuci tangan dan melakukan social distancing.

Leave a Reply