Semangat Hijrah Untuk Meraih Keberkahan Di Tengah Pandemi

Semangat Hijrah Untuk Meraih Keberkahan Di Tengah Pandemi

Tahun baru islam 1 Muharram 1442 jatuh pada hari Kamis, 20 Agustus 2020 seminggu yang lalu, sebagai seorang muslim, tentunya kita dapat mengambil hikmah yang begitu besar di awal tahun ini, baik itu dari sisi historisnya maupun dari sisi perbaikan diri, dimana semuanya sepakat bahwasannya hari ini, harus jauh lebih baik dari hari yang kemarin, dan sungguh sangat merugi bagi siapa saja yang hari ini, masih sama dengan hari kemarin atau bahkan jauh lebih buruk, Naudzubillah.

Di awal tahun ini, tentunya kita semua berharap agar lebih baik dari hari, bulan dan tahun kemarin. Selain itu kita semua juga tentunya berdo’a, agar wabah pandemic Covid-19 yang mewabah sejak setengah tahun yang lalu semoga dapat segera berakhir dan keadaan menjadi normal kembali seperti sedia kala.

Seperti diketahui bersama, Bulan Muharram merupakan salah satu bulan yang dimuliakan oleh Allah atau termasuk kedalam empat bulan haram, dimana pada bulan-bulan tersebut terdapat banyak keutamaan yang bisa diraih oleh seorang muslim.

Salah satu keutamaan dari bulan Muharram ini yakni dilipatgandakannya pahala kebaikan oleh Allah swt. ,sehingga dianjurkan kepada setiap muslim untuk mengisi bulan ini dengan melaksanakan amal-amal shaleh dengan maksimal. Dari mulai tilawah, dzikir, puasa, infaq dan sedekah, terlebih dibulan ini bisa dijadikan sebagai moment untuk menyantuni anak-anak yatim.

Menyantuni Anak Yatim di Bulan Muharram

Salah satu hal yang paling utama pada bulan Muharram adalah bersedekah dengan cara “menyantuni anak yatim”. Rasulullah sendiri mencontohklan hal tersebut, selama hidupnya RAsulullah saw. menyantuni, mengasihi dan memberikan bantuan kepada anak yatim, sehingga  anak-anak yatim pada masa itu tetap memiliki sosok yang menafkasihnya seperti halnya seorang ayah.

Dari apa yang Rasulullah saw. contohkan, dalam Al-Quran juga terdapat banyak perintah untuk menyantuni dan menyayangi anak yatim. Bahkan ada sebuah ayat yang menyatakan bahwa ketika seseorang telah menghardik atau menelantarkan anak yatim maka ia termasuk kedalam golongan orang yang mendustakan agama.

Di Indonesia sendiri, sebagian besar orang muslim menganggap bahwa tanggal 10 Muharram merupakan hari raya anak Yatim. Sehingga pada hari itu banyak sekali yayasan, masjid atau majelis ta’lim yang mengadakan agenda santunan anak yatim pada hari tersebut.

Dijelaskan dalam Kitab Tanhibul Ghafilin bi-Ahaditsi Sayyidil Anbiyaa-I wal Mursalin. “Barangsiapa berpuasa para Hari Asyura (tanggal 10) Muharram, niscaya Allah akan memberikan seribu pahala malaikat dan pahala 10.000 pahala syuhada’. Dan barang siapa mengusap kepala anak yatim pada hari Asyura, niscaya Allah mengangkat derajatnya pada setiap rambut yang diusapnya”.

Mengenai penjelasannya ini tentu saja ada berbagai perbedaan pendapat. Tidak semua sepakat dengan hal tersebut karena berbagai pandangan dan pengambilan dasar hukum masing-masing.

Namun, kita semua dapat mengambil hikmah yakni bagaimana Rasulullah menyantuni, menyayangi dan mencintai anak yatim sepenuh hati.

Dibulan Muharram ini, menyantuni anak yatim memang menjadi salah satu amal yang utama. Akan tetapi, jangan sampai kita hanya menunaikannya hanya pada bulan ini saja, sebab kita bisa melakukan hal tersebut kapan saja sesuai dengan kemampuam kita. Insyaallah dengan menyantuni anak yatim akan menjadi pembuka pintu keberkahan bagi kita semua.

Santunan 1000 Yatim Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur

Dengan semangat hijrah di awal tahun 1442 H., Yayasan Rahmatan Lil-Alamin akan mengadakan “santunan kepada 1000 anak yatim “diberbagai wilayah binaan yayasan. Agenda ini ditujukan untuk memuliakan anak yatim sebagaimana visi yayasan tersendiri.

Dikarenakan pandemic covid-19 yang sampai saat ini masih terus mewabah di Indonesia, acara santunan ini dilaksanakan secara terbatas dan prosesi santunan disiarkan langsung melalui aplikasi zoom dari berbagai tempat.

Yuk salurkan donasi terbaik sahabat semua untuk menyantuni 1000 anak yatim binaan Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur diberbagai wilayah binaan kami. Sahabat bisa mendonasikannya langsung melalui no rekening yang tersedia atau bisa juga datang langsung ke sekretariat kami di Jl. H. Naman No.60, RT.12/RW.3, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450.

Kami do’akan semoga sahabat semua senantiasa diberikan kesehatan yang paripurna serta dilancarkan rezeki dan semua aktivitasnya, sehingga bisa bergabung bersama kami dalam rangka memuliakan dan menyantuni anak yatium. Untuk info selengkapnya hubungi kontak person kami.

Leave a Reply