Salah Satu Manfaat  Dari Melaksanakan Shalat

Salah Satu Manfaat Dari Melaksanakan Shalat

Shalat merupakan ibadah yang plaing utama bagi seorang muslim, dimana ibadah shalat adalah ibadah pertama yang akan dihisab pada yaumil akhir kelak. selain itu shalat adalah tiang agama yang akan menjadi penyangga amalan-amalan lain seperti puasa, zakat dan ibadah-ibadah lainnya. Adapun shalat tepat pada waktunya merupakan amalan yang paling utama disisi Allah Swt.

salah satu manfaat shalat

Seperti yang kita ketahui bahwasannya melaksanakan shalat hukumnya wajib bagi setiap muslim. karena pada hakikatnya shalat merupakan pembeda antara orang yang beriman dengan orang yang kafir sebagaimana sabda nabi saw. “ Pemisah antara seorang hamba dengan kekufuran dan keimanan adalah shalat” (HR. Ath-Thabariy). Bahkan melihat pentingnya shalat Umar bin Khattab ra. berkata “Tidaklah disebut muslim bagi orang yang meninggalkan shalat”.

Shalat merupakan kewajiban bagi setiap muslim, tidak ada lagi tawaran untuk meninggalkannya. Artinya seorang muslim wajib melaksanakan shalat dimanapun dan dalam keadaan apapun. Dalam hal ini Allah telah memberikan banyak kemudahan bagi setiap muslim agar tetap melaksanakan shalat dalam kondisi apapun. Jika seorang muslim sakit maka ia bisa melaksanakan shalat dengan duduk, berbaring bahkan dengan sampai hanya dengan isyarat.

Ketika seorang muslim sedang berpergian jauh, maka ia bisa melakukan shalat dengan cara di jama’ dan di qashar. Sebab itu, tidak ada alasan lagi bagi kita untuk meninggalkan shalat. adapun ketika kita melaksanakan shalat dengan khusyu dan ikhlas maka akan mendatangkan banyak manfaat bagi dirinya dan orang lain disekitarnya.

Meminta Pertolongan Kepada Allah dengan Shalat

 “wahai orang-orang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat” (QS. Al-Baqarah 135).

Ayat diatas merupakan seruan kepada orang-orang yang beriman untuk meminta pertolongan kepada Allah dengan sabar dan melakukan shalat. sebab itu ketika hati kita diliputi gelisah, dihimpit kesedihan dan dicekik kerisauan maka bersegeralah bangkit untuk mengerjakan shalat. niscaya Allah akan memberikan kepada kita ketentraman dan ketenangan. Sesungguhnya, atas izin Allah ketika kita shalat kesedihan dan kerisauan akan sirna dalam diri kita.

Rasulullah sendiri ketika dirundung oleh kegelisahan  beliau selalu meminta Bilal bin Rabbah “Tenangkanlah kami dengan shalat, wahai Bilal.” (Al-Hadits). Begitulah, shalat benar-benar akan membebaskan hati dari segala kegelisahan dan kerisauan sehingga mendatangkan kebahagiaan bagi orang yang menjalankannya.

Bagi setiap insan yang sedang mengalami berbagai penderitaan yang disebabkan oleh kegelisahan, kerisauan dan kesedihan. Pergi dan kenalilah rumah Allah swt., dekatkanlah diri pada-Nya kemudian tempelkanlah kening  dilantai atas tempat sujud dalam rangka memperoleh ridho Allah Swt. niscaya ia akan selamat dari berbagai himpitan dan bencana.

Salah satu nikmat paling besar yang Allah berikan kepada umat islam adalah shalat lima waktu dalam sehari. Banyak sekali keutamaan yang akan didapatkan ketika kita menjalankannya. Diantaranya akan dihapuskan dosa dan diangkat derajat kita menjadi lebih tinggi disisi-Nya. Bahkan, shalat lima waktupun dapat menjadi obat mujarab bagi segala kesedihan dan kepahitan yang kita hadapi, sehingga ketentraman dan ketenangan akan kita dapati.

Orang yang senantiasa melaksanakan shalat dia akan selalu dekat dengan Allah swt. ketika seorang hamba dekat dengan Rabb-Nya maka dia akan selalu dalam naungan rahmat serta pertolongan-Nya. Dan salah satu penyebab dimasukannya seorang hamba kedalam surga Allah swt. Adalah dengan melaksanakan shalat.

Shalat Berjama’ah Penyebab Diampuni Dosa      

Seorang muslim diharuskan untuk melaksanakan shalat lima waktu secara berjama’ah. Semua ulama sepakat bahwasaannya hal itu merupakan ketaatan paling halal, paling ditekankan dan paling diutamakan. Dalam hal ini, shalat berjamaah memiliki keutamaan yang lebih besar daripada shalat sendirian.

Sudah menjadi ketentuan bahwasannya shalat berjama’ah harus dilaksanakan di masjid. Sebab itu setiap orang diwajibkan untuk melaksanakan shalatnya di masjid. Karena banyak sekali keutamaan yang akan didapatkan ketika seseorang berangkat dari rumah ke masjid untuk melaksanakan shalat berjama’ah.

Rasulullah saw bersabda:” Maukah aku tunjukan kalian sesuatu yang dengannya Allah ta’ala akan menghapus dosa-dosa dan mengangkat derajat kalian?”. Kemudian para sahabat menjawab “Ya.. wahai rasulullah”. Kemudian rasulullah saw bersabda “ menyempurnakan wudhu ketika dalam keadaan sulit, memperbanyak langkah menuju mejid (Untuk shalat berjamaah), dan menunggu shalat sesudah selesai mengerjakan shalat. yang demikian itulah perjuangan dan perjuangan”. (HR. Muslim).

Adapun yang dimaksud langkah dalam hadits diatas adalah pada waktu berangkat dan pulang dari masjid. Rasulullah saw. bersabda,” Barang siapa yang berangkat menuju masjid untuk shalat berjama’ah, maka satu langksh akan menghapus dosa dan langkah berikutnya akan dicatat sebagai kebaikan, baik pada saat berangkat maupun saat ia kembali”. (HR. Ahmad).

Leave a Reply