Musim Hujan Tiba, Jagalah Diri Dari Penyakit-Penyakit Ini

Musim Hujan Tiba, Jagalah Diri Dari Penyakit-Penyakit Ini

Setelah kemarau panjang melanda, musim hujanpun kini telah tiba. Kesegaran serta kesejukan akan menyapa. Akan tetapi kita jangan terlalu terlena hingga kita lupa bahwa dibalik kesegeran dan kesejukan musim hujan ada sesuatu yang harus selalu kita jaga, yaitu kesehatan diri . sebab di musim hujan, ada sederet penyakit yang bisa kapan saja mengintai diri karena kelalaian kita.

Kita semua patut mensyukuri bahwasannya hujan adalah karunia dari tuhan untuk umatnya, karena didalam hujan terdapat banyak keberkahan dan kebermanfaatan. Tumbuhan yang tadinya kering dan gersang dengan turunya hujan maka ia akan tumbuh dan hijau kembali sebagaimana semestinya. Akan tetapi dibalik itu kita harus pandai menjaga diri, karena pada musim hujan, mikroba dan virus mudah sekali untuk berkembang biak serta menyebar kemana-mana.

Apalagi jika daya tahan tubuh kita sedang lemah ataupun menurun. Hal itu akan menyebabkan kita sangat rentan untuk terserang penyakit yang timbul saat musim hujan. Sebab itu, menjaga diri dengan memperbanyak olahraga serta menjaga pola makan dengan baik adalah hal yang harus segera dilakukan sebelum kejadian buruk menimpa diri kita. selain itu mengenali penyakit yang sering muncul ketika musim penghujan akan membuat kita lebih waspada lagi dalam menjaga kesehatan diri.

sampah yang menumpuk merpakan sumber penyakit yang paling besar di musim hujan

Ada istilah sedia payung sebelum hujan lebih baik daripada mencari payung setelah kehujanan. Istilah ini bisa juga dimaknai bahwa sebelum musim hujan melanda kita harus menyiapkan diri untuk menghadapinya, misalkan dengan cara mengadakan gotong royong pembersihan saluran air, pembersihan sampah-sampah yang menumpuk lalu membakarnya. Karena genangan air dan tumpukan sampah akan mengindikasi banyaknya nyamuk dan lalat yang menjadi sumber dari berbagai penyakit khususnya di musim penghujan.

Adapun penyakit yang sering timbul di musim penghujan adalah sebagai berikut.

  1. Diare

Ketika musim penghujan tiba, diare adalah penyakit yang sering menyerang sebagian orang. Bagaimana tidak, ketika musim penghujan datang, kualitas kebersihan seketika menjadi turun sehingga menyebabkan berkembangnya virus, bakteri dan psrasit dengan cepat. Adapun bakteri yang berada dalam keadaan basah dan lembab, ia akan dengan mudah berkembang dan menular kepada manusia.

Diare adalah penyakit yang menyebabkan mencairnya feses dan meningkatnya frekuensi buang air besar. biasanya diare disebabkan oleh bakteri rotavirus, shigella, E. Coli, Cryptosporidium dan lain sebagainya. meskipun penyakit ini dianggap sepele, akan tetapi jika tidak ditangani dengan serius penyakit ini bisa membahayakan nyawa.

Adapun cara mencegah penyakit diare ini adalah dengan membiasakan diri mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, setelah batuk dan bersin dan setelah memegang daging yang belum dimasak, selanjutnya adalah mengonsumsi makanan yang telah dimasak serta mengindari buah-buahan yang tidak dipotong sendiri dan terakhir minumlah air yang matang.

  •  Influenza

Batuk dan pilek seolah-olah menjadi hal yang lumrah di awal musim penghujan. Ketika huan datang dapat dipstikan influenza datang menyerang. Influenza merupakan jenis penyakit menular yang disebabkan oleh virus RNA dari Familia Orthomyxoviridae(virus influenza) yang menyerang unggas dan mamalia.

Gejala yang paling umum dari penyakit adalah menggigil, demam, nyeri tenggorokan,kepala berat, batuk, dan rasa tidak nyaman. Penyakit ini disebabkan juga oleh keadaan dimana tingkat kelembaban yang rendah pada musim hujan, hal ini menyebabkan daya tahan virus meningkat dan dengan begitu dia akan mudah menularkan virus itu melalui udara kepada orang yang daya tahan tubuhnya lemah.

Cara pencegahan Influenza diantaranya sebagai berikut,  rajin mencuci tangan dengan sabun ataupun hand sanitizer berbahan dasar Alkohol, tidak menyentuh hidung dan mulut sebelum mencuci tangan, membersihkan permukaan benda yang sering disentuh, dan tidak berbagi alat makan dan minum yang kita gunakan kepada orang lain.

  • Demam berdarah/ demam dengue

Demam berdarah (DBD) adalah infeksi yang disebabkan oleh virus dengue dimana virus ini disebarkan melalui beberapa jenis nyamuk.demam dengue. Saat musim hujan penyakit inbi sangat mudah untuk menyerang sebagian orang. Hal itu disebabkan pada saat musim hujan, genangan air akan meningkat dan dalam genangan air tersebut akan menyebabkan banyak nyamuk yang berkembang biak lalu menyebarkan virus dengue kepada sebagian manusia.

Gejala penyakit demam berdarah ditandai dengan, suhu badan tinggi mencapai empat puluh derajat celcius atau lebih, sakit kepala berat, nyeri pada sendi, otot dan tulang, hilangnya nafsu makan, nyeri pada bagian belakang mata, mual dan ruam kemerahan (muncul sekitar 2-5 hari paska demam )

Organisasi kesehatan dunia (WHO) menyebutkan bahwa penyakit ini sangat lumrah dtemui dinegara-negara trofis dan sub-tropis seperti Indonesia dan negara tetangga sekitarnya. penyakit ini adalah penyakit yang disebabkan oleh banyaknya genangan air, sebab itu untuk pencegahannyam kita harus megurangi genangan-genangan yang ada di sekitar kita.

Untuk mencegah gejala DBD kita dapat melakukan berbagai cara diantaranya, membersihkan bak mandi dan wadah-wadah yang menampung air seminggu sekali , tidak menggantung baju dalam waktu yang relatife lama, melakukan fogging, dan menggunakan lotion anti nyamuk.

Tiga penyakit diatas adalah penyakit yang sering muncul ketika musim penghujan datang, dimana penyakit itu terkadang menyerang tubuh kita disaat daya tahan tubuh kita sedang lemah. Sebab itu kita harus pandai dalam menjaga kesehatan tubuh kita dengan cara berolahraga dan pola makan yang sehat. Selain itu kita juga harus bisa menjaga lingkungan kita agar senantiasa sehat dan bersih.

Kehidupan yang sehat akan menghasilkan lingkungan yang sehat. Begitupun sebaliknya, kehidupan yang tidak sehat akan menghasilkan lingkungan yang sehat.dan mencegah lebih baik daripada mengobati. Untuk itu sebelum terkena ketiga penyakit yang sering muncul ketika hujan, alngkah baiknya kita menjaga kebersihan dalam lingkungan kita serta memperhatikan pola makan kita dengan baik.

Leave a Reply