Memiliki Prospek Keuntungan Besar, Milenial Harus Bertani

Memiliki Prospek Keuntungan Besar, Milenial Harus Bertani

Menjadi seorang petani mungkin adalah sebuah cita-cita langka yang dimiliki oleh sebagian pemuda saat ini. sebab ada anggapan bahwasannya pertanian adalah sektor yang tidak kekinian dan tidak keren. Padahal hal itu merupakan anggapan yang salah, karena pada realitinya pertanian merupakan sektor yang bisa menghidupkan banyak orang dibumi ini khususnya Indonesia.

sukses muda dengan bertani 1

Jika ada yang mengatakan pertanian adalah sektor yang jadul maka pernyataan itu benar, karena pertanian merupakan salah satu ilmu tua dimuka bumi ini. ilmu ini telah digunakan dari zaman kenabian hinga sekarang bahkan akan diperlukan selama kehidupan ini masih berlangsung. Jadi dapat dikatakan bahwasannya ilmu pertanian adalah ilmu yang harus dimiliki oleh setiap orang dibumi ini, khususnya di Indonesia yang memiliki tanah yang subur.

Seiring dengan perkembangan zaman, kini sektor pertanian telah menemukan berbagai inovasi yang diharapkan mampu mengoptimalkan sektor ini, baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Mulai dari penanaman hingga panen bahkan sampai pemasaran kini telah ditemukan berbagai alat-alat modern yang diharapkan mampu memudahkan para petani dalam menggarap lahan serta memasarkan hasil panennya.

Angka pertumbuhan penduduk yang dari tahun ketahunnya memiliki peningkatan menyebabkan permintaan pasar terhadap hasil tani seperti beras, sayur dan kebutuhan pangan lainnya meningkat. Adapun sifat kebutuhan pangan itu sifatnya abadi, artinya manusia akan selalu butuh terhadap pangan selama ia masih hidup.

Hal itu merupakan kesempatan yang besar bagi para pemuda untuk terjun ke sektor pertanian. karena selain permintaan pasar yang tinggi, alat-alat pendukung pertanianpun semakin hari semakin canggih dan bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil tani yang akan didapatkan kemudian keuntungan yang akan didapatkannya pun cukup besar dan akan terus meningkat sehingga menjadi seorang petani merupakan pekerjaan yang keren dan menguntungkan.

Selain itu untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas sektor pertanian, saat ini telah dibuka jurusan di berbagai perguruan tinggi yang fokus terhadap study pertanian. sehingga alasan bahwa bertani merupakan pekerjaan yang tidak kekinian dan tidak memiliki prospek adalah alasan yang bisa dimentahkan.

Melihat hal itu, jika saat ini anak muda terjun ke dunia pertanian, maka selain akan mendapatkan  keuntungan yang besar dan terus meningkat, ia juga pada hakikatnya sedang melanjtkan para orang tuanya untuk tetap bertani, menjadi perawat alam dan kehidupan itu sendiri. karena ketika seseorang terjun ke dalam dunia pertanian maka ia sedang merawat kehidupan, dimana semua hasil taninya diharapkan dapat memenuhi hajat hidup orang banyak.

Adapun jika hasil hasil taninya tidak memenuhi hajat hidup orang banyak setidaknya ia bisa memenuhi kebutuhan dirinya sendiri beserta seluruh keluarganya. sehingga dapat mengurangi beban pemerintah dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan para warganya, yang dari hari ke hari mengalami peningkatan.

Keuntungan dan kelebihan petani

Setiap pekerjaan yang ada dimuka bumi ini pasti meiliki keuntungan dan kelebihan. Karena seseorang akan bertahan bahkan mencintai pekerjaannya disebabkan oleh adanya keuntungan. Jadi, mustahil jika ada orang yang memilih suatu pekerjaan yang dialamnya tidak ada keuntungan yang didapatkannya sama sekali. Begitupun ketiika kita terjun kedalam sektor pertanian, didalamnya terdapat banyak keuntungan dan kelebihan baik berupa waktu, kebebasan dan lain sebagainya.

1. Tidak terikat oleh siapapun

Bekerja tanpa ada yang mengatur-ngatur merupakan impian sesmua orang. Apalagi seseorang yang tidak suka diatur-atur. Nah bertani merupakan salah satu pekerjaan yang tidak memiliki keterikatan kepada siapapun. Sebab itu kita bisa bebas menentukan kapan kita mulai bekerja, istirahat sampai kapan kita harus mengakhiri pekerjaan kita.

Selain itu kita juga akan memiliki banyak waktu untuk lebih dekat lagi dengan keluarga dan msyarakat sekitar. Kita bisa refresing kapanpun kita mau, dan meninggalkan sementara pekerjaan kita tanpa perlu cemas dan khawatir dengan keluarnya surat peringatan dari atasan.

2. Memiliki potensi keuntungan yang besar

Bertani atau bercocok tanam memiliki potensi keuntungan yang besar. sebab setiap apa yang kita tanam merupakan kebutuhan-kebutuhan dasar orang lain,, dan sifat kebutuhannya bukan kebutuhan sementara melainkan kebutuhan wajib bagi setiap orang. Artinya orang-orang akan mengkonsumsi dan membutuhkan hasil tani kita setiap hari.

3. Menjadikan hidup lebih sehat

Bertani merupakan pekerjaan yang dilakukan dengan kekuatan fisik, dari menggali,menanam, merawat bahkan sampai memanen sekalipun. Hal ini menyebabkan tubuh kita banyak bergerak dan mengeluarkan keringat. Logikanya kalori dan lemak akan terbakar sehingga membuat tubuh tetap ideal. Keringatpun banyak yang keluar, racun dalam tubuhpun akan ikut keluar dan aliran darahpun menjadi lancer.

4. Bisa sambil membuka usaha sampingan

Bertani memiliki banyak kebebasan dalam teruatama dalam halnya waktu. Hal itu menyebabkan banyaknya waktu luang yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain. Salah satunya adalah membuka usaha sampingan. Hal itu bisa dilakukan oleh petani sambil menunggu waktu panen dan tidak mengganggu aktivitasnya sebagai petani.

Usaha sampingan yang bisa dibuka oleh petani diantaranya membuka kios, ngojek, beternak, membuka usaha rumahan bahkan bagi petani yang masih muda bisa sambil melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi dan melakukan kegiatan belajar mengajar didalam lingkungannya misalnya dengan membuka taman baca masyarakat, rumah quran dan yang lainnya.

Leave a Reply