Menjadi Manusia Yang Bermanfaat Untuk Sesama

Menjadi Manusia Yang Bermanfaat Untuk Sesama

Berbicara mengenai manfaat berarti berbicara perkara yang berhubungan dengan kemaslahatan dan keselamatan manusia di dunia maupun di akhirat. Selain, kita juga berbicara tentang pemenuhan kebutuhan manusia yang paling mendasar seperti halnya sandang, papan dan pangan sampai wawasan ilmu pengetahuan. Dengan ini, bermanfaat dapat diartikan sebagai sebuah upaya atau tindakan dalam menjaga keselamatan dan memenuhi kebutuhan-kebutuhan manusia.

Setiap perkara yang bermanfaat pasti semuanya bernilai kebaikan yang memiliki pengaruh dalam kehidupan. Jadi ketika kita menyibukan diri dengan sesuatu yang bermanfaat berarti kita sedang berusaha menebar kebaikan. Dimana kebaikan itu akan menghasilkan keberkahan dan kedamaian dalam kehidupan.

seorang anak sedang membantu orang tuanya mendorong gerobak

Sebagai seorang muslim, kita diharuskan untuk menyadari kewajiban dan tanggung jawab kita. kewajiban kita adalah mengerjakan sesuatu yang bisa mendatangkan manfaat  bagi diri kita sendiri maupun bagi orang lain baik di dunia maupun diakhirat. Dan perlu kita ketahui juga bahwa perkara yang bermanfaat itu sebenarnya lebih banyak dibandingkan dengan perkara-perkara yang tidak bermanfaat.

Karenanya, jika seseorang telah membatasi diri hanya pada perkara yang bermanfaat, maka dia akan terhindar dari segala keburukan dan dosa serta memiliki waktu yang cukup untuk mengerjakan sesuatu yang manfaat serta menebarkannya. Perlu diketahui juga bahwa ketika seseorang berhasil meninggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat, maka hal itu menunjukan kesempurnaan iman dan islam dirinya.

Diantara kesibukan yang paling utama dan dapat menjauhkan kita dari ketidakmanfaatan adalah menyibukan diri dengan mengingat Allah. Seorang muslim yang beribadah kepada Allah seolah-olah melihat-Nya serta merasakan kedekatan dengan Allah swt, niscaya dia akan menyibukan dirinya dengan hal-hal yang mendatangkan manfaat.

Dengan demikian, jika seorang hamba merasa dekat dengan Allah, dia akan menghindarkan dirinya dari sesuatu yang tidak mendatangkan manfaat. akan tetapi jika ia tetap melakukan berbagai hal yang tidak memiliki manfaat, maka itu adalah bukti bahwa ia tidak mampu menghadirkan rasa dekat kepada Allah.

Termasuk perkara yang tidak bermanfaat adalah sesuatu yang pada awalnya dibolehkan akan tetapi tidak mendatangkan manfaat bagi manusia baik di dunia maupun akhirat. Contohnya seperti permainan, senda gurau, dan hal lainnya yang mengurangi kewibawan dan tidak membawa manfaat. maka dari itu sebaiknya seorang muslim meninggalkan perkara-perkara itu, karena dapat menyia-nyiakan waktu yang kita miliki.

Menjadi hamba terbaik

Seorang muslim dianjurkan untuk saling memudahkan antar muslim yang lainnya. Ketika kita memudahkan segala kesulitan dan kebutuhan orang lain maka berarti kita telah menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain. Sebab itu seorang muslim harus senantiasa menjadi orang yang bermanfaat dimanapun ia berada.

Seorang muslim yang baik adalah dia yang selalu mendekatkan diri pada perkara yang memberi manfaat untuk dunia dan akhiratnya. Adapun seorang muslim yang bermanfaat untuk orang lain, dia adalah sebaik-baik manusia. seperti yang dikatakan dalam hadits rasulullah saw. “sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia yang lainnya” ( HR. Ahmad, Tabrani dan daruqutni)

Setiap yang kita berikan pada intinya akan kembali lagi kepada kita termasuk dalam hal kebermanfaatan. Jika kita hari ini menebarkan manfaat dengan membantu memudahkan orang lain, maka suatu saat hal itu akan kembali kepada kita baik secara langsung maupun tidak langsung. Karena kita tidak tahu suatu saat kita mungkin juga membutuhkan bantuan orang lain.

Salah satu bentuk syukur kita kepada Allah atas segala nikmat yang telah diberikannya adalah dengan mengerjakan perkara-perkara yang memberikan manfaat kepada diri kita maupun orang lain. Maka dari itu mari kita gunakan sisa waktu kita di dunia ini untuk menebarkan manfaat sebagai wujud rasa syukur kita kepada Allah Swt. karena ketika kita bersyukur Allah berjanji akan menambah nikmat yang diberikan-Nya kepada kita.

Leave a Reply