✉ rpkmandiri@gmail.com | 📞 021-86905367
Manfaatkanlah lima perkara sebelum lima perkara

Manfaatkanlah lima perkara sebelum lima perkara

Sering kali kita terlalu menikmati keindahan duniawi sehingga kita terlupa akan tujuan diciptakan manusia yaitu untuk beribadah kepada Allah swt. keindahan dunia seolah-olah menjadi tujuan utama dalam kehidupan kita, sehingga menyebabkan kita lupa bahwa umur,waktu, kesehatan, kekayaan yang kita miliki. dan kita juga sering lupa bahwa tak selamanya kesempatan itu ada. karena akan ada masa dimana semua itu akan hilang dan berakhir dalam hidup kita.

manfaatkanlah lima perkara sebelum lima perkara,

Rasulullah saw. pernah menasihati seseorang, “Manfaatkanlah lima perkara sebelum lima perkara, waktu mudamu sebelum waktu tuamu, waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu, masa kayamu sebelum datang masa kefakiranmu,  waktu luangmu sebelum datang masa sibukmu, hidupmu sebelum matimu”. ( HR. Hakim)

Ibnu rajab hambali berpendapat bahwa  lima perkara yang disebutkan dalam hadits diatas sering diabaikan oleh sebagian orang dan justru merintangi kita untuk berbagi. Oleh karena itu bersyukurlah ketika lima perkara itu masih berada dalam diri kita, karena dengan bersyukur semua kenikmatan yang kita alami saat ini akan ditambahkan Olehnya.

Sungguh beruntung bagi orang yang memanfaatkan ke lima perkara yang rasul sebutkan dalam haditsnya untuk senantiasa beribadah dan mendekatkan dirinya kepada Allah swt. dan sebaliknya merugilah orang yang tidak pernah memanfaatkan ke lima perkara yang disebutkan oleh nabi saw. tersebut. Karena nantinya dia akan menjadi orang yang menyesal dalam hidupnya.

Kelima perkara yang telah rasulullah saw. sebutkan pada intinya akan dimintai pertanggung jawaban di hari pembalasan kelak. jika kita memanfaatkan semuanya untuk senantiasa beribadah kepada Allah serta kebaikan lainnya, maka semuanya akan memberatkan timbangan amal baik kita. sebaliknya jika seseorang tidak memanfaatkan kelima perkara tersebut maka dia akan rugi, karena amal kebaikannya tidak bertambah, bahkan sebaliknya yang bertambah adalah timbangan keburukannya.

Sebab itu manfaatkanlah semuanya dengan melakukan berbagai kebaikan serta kebermanfaatan seluas-luasnya agar kita menjadi orang yang beruntung sebelum semua perkara itu hilang dan pergi dari kehidupan kita.

Muda sebelum tua

Masa muda adalah masa dimana semua orang memiliki badan yang kuat serta pikiran yang tajam. Sehingga pada masa ini seseorang memiliki banyak kesempatan untuk menjalankan segala aktivitas dalam kehidupan. Manfaatkanlkah waktu muda kita dengan memperbanyak waktu untuk mendekatkan diri kepada Allah dan menebar manfaat sebanyak-banyaknya sebelum masa tua datang. Karena ketika masa tua datang kekuatan dan pikiran kita akan dengan sendirinya melemah.

Masa muda juga bisa kita gunakan untuk menuntut ilmu sebanyak-banyaknya sebagai bekal di masa depan. Sebab dengan berilmu hidup yang kita jalani ini akan memiliki banyak kemudahan dan keberkahan. Dengan ilmu juga derajat kita akan naik menjadi lebih baik. Sebab orang yang memiliki ilmu lebih utama dibanding dengan orang yang tidak memiliki ilmu sama sekali.

Sehat sebelum sakit

Sehat merupakan anugerah terbesar yang diberikan Allah kepada kita. ketika sehat segala hal bisa dilakukan dengan penuh nikmat, bahkan ketika beribadahpun kita akan menjalankannya dengan penuh nikmat. Sebaliknya ketika kita mengalami sakit semua kesempatan yang kita miliki seolah-olah hilang dari hidup kita, maka itu manfaatkanlah waktu sehat kita untuk senantiasa beribadah kepada Allah swt. selain itu kita juga perlu menjaga kesehatan kita dengan cara berolahraga ataupun menjalankan pola hidup sehat.

Kaya sebelum fakir

Tak ada yang abadi dalam hidup ini, termasuk kaya itu sendiri. semuanya pasti ada masa akhirnya, ketika kita masih diberi kekayaan oleh Allah swt. maka manfaatkanlah kekayaan yang telah diberikan itu dengan cara menginfakannya dijalan Allah serta membantu orang lain yang membutuhkan. Sebab suatu saat kita juga akan membutuhkan uluran tangan orang lain ketika kefakiran datang menghinggapi kita.

Waktu luang sebelum sempit

Kesempatan yang ada didunia ini tidak akan pernah terjadi dua kali termasuk waktu luang itu sendiri. sebab itu manfaatkanlah waktu luang kita dengan beribadah kepada Allah serta dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang positif lainnya. Sebab kita tidak pernah tahu ketika waktu sempit tiba, akankah kita senantiasa mengingat Allah atau tidak.

Hidup sebelum mati

Kehidupan yang kita jalani didunia ini sangatlah singkat dan kematian adalah hal yang pasti. Isilah kehidupan ini dengan ketaatan kita kepada Allah. karena dengan taat kepada-Nya kita akan mendapatkan Ridho-nya. Mohonlah selalu ampunan kepada-Nya karena kita tidak pernah tahu kapan hidup kita akan berakhir.

Leave a Reply

Close Menu