✉ rpkmandiri@gmail.com | 📞 021-86905367
Manfaat Buah Kelapa Muda Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Kelapa Muda Bagi Kesehatan

Indonesia merupakan Negara yang memiliki iklim tropis, salah satu keuntungan yang didapatkan dari iklim tropis adalah tumbuhnya berbagai jenis pepohonan yang bisa menunjang berbagai sektor diantaranya sektor perekonomian dan kesehatan. Salah satu jenis pohon yang banyak tersebar di Indonesia adalah pohon kelapa.

Pohon kelapa adalah pohon sejuta manfaat yang tumbuh subur di negeri ini. Dari akar hingga daunnya pohon ini memiliki beragai manfaat. terdapat banyak produk yang dihasilkan dari pohon kelapa dintaranya sapu lidi, gula kelapa, minyak goreng, santan, hingga es kelapa muda. Salah satu yang paling diminati dari kelapa adalah buah kelapa muda yang dikenal dengan beragam manfaatnya.

Buah kelapa muda merupakan salah satu buah yang unik yang dihasilkan di daerah tropis seperti indonesia. Selain itu keunikan lain dari buah kelapa adalah sifat fisik dan kandungan yang terkandung didalamnya menjadikan buah kelapa diminati oleh semua kalangan dari anak-anak hingga dewasa.

Buah kelapa muda selain memiliki nilai ekonomi tinggi, daging buahnya juga memiliki kandungan gizi seperti asam lemak dan asam amino esensial yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. sedangkan airnya selain sebagai minuman yang segar dan menyegarkan juga mengandung bermacam-macam mineral, vitamin, dan gula serta asam amino esensial sehingga dapat dikategorikan sebagai minuman bergizi tinggi dan dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Air kelapa muda termasuk minuman yang alami dan higenis serta memiliki komposisi gizi yang cukup baik. Oleh karena itu dengan meminum air kelapa selain dapat memenuhi rasa haus serta menunda rasa lapar dalam jangka beberapa waktu, meminum air kelapa muda juga memiliki berbagai khasiat yang bagus bagi kesehatan tubuh.

Memeperlambat penuaan

Manfaat air kelapa muda bagi kecantikan adalah dapat membuat kulit menjadi lebih halus dan terlihat lebih muda. Kandungan sitokinin( salah satu hormone pertumbuhan) yang terdapat dalam air buah kelapa muda berfungsi untuk mengatur pertumbuhan, perkembangan, dan penuaan sel. Kandungan sitokinin yang terdapat dalam buah kelapa mempunyai efek anti penuaan , anti karsinogenik dan anti trombotik (anti pembekuan darah)

Sitokinin juga dapat menyeimbangkan jader pH dalam tubuh, memperkuat serta menghidrasi jaringan ikat, dan mengurangi resiko penyakit yang berhubungan dengan usia. Melihat kandungan serta khasiatnya, mungkin air kelapa muda bisa menjadi opsi bagi kita untuk menjaga kesehatan kulit dan penyakit yang disebabkan oleh bertambahnya usia.

Mengatur tekanan darah, gula darah dan kolestrol

Berdasarkan penelitian ayang ada, air kelapa dapat meningkatkan sirkulasi darah , menurunkan tekanan darah tinggi, dan mengurangi resiko serangan jantung dan stroke. Kandungan kalium yang tinggi dan natrium yang rendah dalam air kelapa dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, air kelapa juga dapat membantu meningkatkan HDL (kolestrol baik), mengurangi pembentukan plak gigi, mengatur penyerapan gula, dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Sangat cocok untuk kesehatan pencernaan

Berdasarkan fakta yang ada dilapangan, kebanyakan orang menggunakan air kelapa untuk mengobati berbagai penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. Biasa air kelapa digunakan untuk mengobati diare, gangguan pencernaan, konstipasi, cacingan, infeksi kandung kemih dan gangguan ginjal.

Saat diare air kelapa berpean menggantikan cairan yangh hilang dari saluran gastrointestinal. Osmolaritas air kelapa lebih besar dibandingkan dengan ORS (Oral Rehydration Therafhy) yang direkomendasikan WHO untuk pengobatan diare. Hal ini karena dalam air kelapa terkandung asam amino, enzim, mineral, dan asam lemak yang menjadikan air kelapa memiliki osmolaritas tinggi.

Selain tiga khasiat yang dituliskan diatas, masih banyak sekali khasiat serta manfaat yang bisa didapatkan dari kelapa muda. Sangat dianjurkan bagi kita untuk mengonsumsi air kelapa muda secara rutin agar kesehatan tubuh kita terjaga. Sehingga hidup kita bisa lebih bermanfaat lagi untuk diri sendiri maupun orang lain.

Leave a Reply

Close Menu