Lima Bukti Seseorang Mencintai Nabi Muhammad SAW

Lima Bukti Seseorang Mencintai Nabi Muhammad SAW

Kata cinta merupakan kata yang manis, indah didengar dan penuh makna. Dari segi pengertian cinta merupakan rasa yang timbul dalam hati untuk sesuatu yang dicintai. Sebagai seorang muslim kita tentunya harus mencintai sosok yang menjadi suri tauladan bagi seluruh umat muslim yakni Nabi Muhammad Saw.

Mencintai Rasulullah merupakan salah satu bukti kecintaan seorang hamba kepada Allah swt, sebab itu mencintai Allah dan rasul harus didahulukan dibandingkan dengan kecintaan terhadap hal-hal yang lain. Selanjutnya bagi seorang hamba yang mencintai Allah dan Rasulnya maka ia akan merasakan manisnya iman dalam dirinya.

Dalam hal ini, rasulullah saw. bersabda :  “ ada tiga perkara yang apabila ada pada diri seseorang maka ia akan merasakan manisnya iman, yaitu hendaknya Allah dan Rasul-Nya lebih ia cintai dari pada selain keduanya,…(HR. Bukhari dan Muslim)

Salah satu tanda kecintaan seorang hamba kepada rasulullah saw adalah dengan mengamalkan sunnahnya, mengajak kaum muslim untuk mengamalkannyam serta berjuang untuk senantiasa membelanya dari orang-orang yang mengingkarinya. Selanjutnya, apa saja yang menjadi bukti bahwa seseorang mencintai rasulullah saw.? berikut adalah lima bukti seorang hamba mencintai rasulullah saw.

Merindukan Untuk Bertemu dan Berkumpul Dengannya

Salah satu bukti dari kecintaan seorang hamba kepada Rasulullah saw. adalah dengan memiliki keinginan kuat untuk bertemu dan berkumpul dengan Nabi. Adapun bagi generasi setelah sahabat sampai generasi sekarang semua orang muslim tidak memiliki kesempatan untuk bertemu dengan rasulullah saw.

Akan tetapi perlu kita ketahui jauh sebelum memasuki generasi saat ini, rasulullah saw. telah merindukan umatnya dimasa yang akan datang.

Selanjutnya sebagai bentuk kecintaan kita terhadap rasulullah adalah dengan menjalankan segala perintah Allah swt. dan menjauhi segala larangan-Nya dan juga berharap agar dipertemukan dengan Rasulullah di surga-Nya kelak.

Menjalankan Sunnahnya dan Mengikuti Setiap Ajarannya

Allah swt. menegaskan dengan menaati ajaran nabi berarti telah menaat Allah. Melaksanakan sunah Nabi memiliki keistimewaan dan memberi kebahagian sendiri, selain menimbulkan rasa kedekatan dengannya, ditinjau dari berbagai sains mencintai nabi dapat mendatangkan kesehatan, baik kesehatan jasmani maupun rahani.

Memperbanyak Shalawat Kepadanya

Shalawat kepada nabi merupakan amalan yang memiliki keutamaan, Rasulullah saw. bersabda :  “Barang siapa bershalawat atasku sekali, niscaya Allah bershalawat atasnya sepuluh kali.” (HR Muslim).

Allah Swt. akan melindungi dan merahmati mereka yang senantiasa memperbanyak shalat kepada Nabi. Selain itu, memperbanyak shalawat kepada Nabi juga dapat mempermudah setiap urusan duniawi seorang hamba.

Mencintai Orang yang Dicintai Nabi

Nabi saw. sangat mencitai para sahabat yang berjuang disisinya serta orang-orang shaleh yang senantiasa mengamalkan sunnahnya. Adapun para shabat yang dicintai oleh nabi diantaranya Abu Bakar, Umar bin Khattab, Utsmani bin Affan, Ali bin Abi Thaluib dan sahabat-sahabta lainnya. Dengan demikian kita juga sepatutnya mencintai mereka para sahabat-sahabat nabi saw.

Meneladani Akhlaknya

Rasulullah saw. merupakan manusia yang paling mulia dan juga memiliki akhlak yang mulai. Allah Swt. Berfirman :

“Dan sesungguhnya engkau (Muhammad) berakhlak yang agung.” (QS. Al-Qalam : 4).

Keluhuran akhlak beliau dapat menjadi standar dasar akhlak yang harus dimiliki oleh seorang hamba, untuk itu sebagai seorang yang mencintainya kita diharuskan untuk meneladani akhlaknya yang mulia.

Sahabat, dengan mencintai rasulullah saw. merupakan kewajiban seorang muslim. Dalam sejarah pada masa khalifah Shalahuddin Al-Ayyubi salah satu cara untuk meningkatkan semangat perjuangan dan persaudaraan umat muslim adalah dengan menebalkan kecintaannya kepada Rasulullah saw. Semoga dengan mengamalkan lima bukti kecintaan kepada nabi diatas menjadikan kita seorang muslim yang taat dan sempurna dalam menjalankan segala perintah dan larangan-Nya. Aamiin.

Leave a Reply