Langkah-Langkah Penyelamtan Diri Saat Terjadi Bencana

Langkah-Langkah Penyelamtan Diri Saat Terjadi Bencana

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki kerentanan bencana cukup tinggi. Ancaman bencana alam bisa mengintai kapan saja tanpa bisa diprediksi. Oleh sebab itu pengetahuan tentang migitasu bencana dan pencegahan dini terhadap bencana perlu ditingkatkan ditengah-tengah masyarakat.

Bencana alam bisa saja datang dan terjadi sewaktu-waktu tanpa diketahui, sebab itu masyarakat harus memiliki ilmu atau pengetahuan tentang bagaimana menghadapi bencana terutama menyelamatkan diri saat terjadi bencana. Dimana dengan pengetahuan tersebut memungkinkan dapat mengurangi dampak dan resiko dari terjadinya bencana alam.

Seperti diketahui bersama, bencana alam yang bisa datang sewaktu-waktu tersebut seringnya menimbulkan korban jiwa, terutama jika masyarakat yang berada ditempat kejadian bencana tersebut tidak tahu harus melakukan apa. Sebab itu bekal untuk menyelamatkan diri saat terjadi bencana sangatlah perlu. Hal ini dilakukan guna mengurangi resiko korban jiwa yang di akibatkan oleh kejadian bencana alam. Berikut adalah langkah-langkah penyelamatan diri saat terjadi bencana.

Penyelamatan Diri Saat Terjadi Gempa Bumi

Gempa Bumi bisa datang kapan saja, sebab itu kita semua harus mengetahui hal-hal yang perlu dilakukan saat terjadi gempa bumi sebagai berikut.Jangan Panik, Bersikaplah setenang mungkin agar bisa melakukan tindakan yang tepat sehingga anda bisa menyelamatkan diri sendiri beserta keluarga.

  • Jika Berada di dalam rumah, segera pergi keluar rumah, carilah tempat yang lapang agar tidak tertimpa pohon atau bangunan yang mungkin runtuh.
  • Jika berada dalam perjalanan, segera kurangi kecepatan dan berhenti ditempat yang aman untuk menepi, carilah tempat yang jauh dari pohon, papan reklame atau bangunan-bangunan yang berada disekitar jalan.
  • Jika berada didalam gedung, dan kemungkinan sukit untuk keluar dan membutuhkan waktu yang cukup lama, berlindunglah dibawah meja atau tempat yang dapat menahan diri dari rerentuhan bangunan atau jatuhnya benda-benda dalam gedung.
  • Saat berada dalam keramaian, hidari berdesak-desakan untuk keluar pintu dan tetap tenang, jika ada petugas ikuti arahan petugas dan carilah tempat berlindung yang aman dari reruntuhan dan jatuhnya benda-benda.

Penyelamatan Diri Saat Terjadi Tsunami

  • Jika terjadi gempa bumi dan disertai dengan kejadian air laut surut secara tiba-tiba, segeralah lari menjauh dari pantai dan cari tempat yang lebih tinggi karena kemungkinan tsunami akan terjadi
  • Pemerintah memiliki alat pantau tsunami yang dipasang dipantai, jika terjadi gempa yang disertai tsunami, alat itu akan membunyikan suara sirine. Saat terdengar suara sirine segerala menjauh dari pantai dan mencari tempat yang tinggi.

Penyelamatan Diri Saat Terjadi Banjir

  • Saat terjadi hujan lebat dan dalam durasi waktu yang cukup lama kemudian menimbulkan banjir, ada baiknya kita menungsi ketempat yang tinggi dan dianggap lebih aman, terlebih ketika  banjir yang terjadi sudah cukup tinggi dan airnya memasuki rumah
  • Selalu perhatikan kebersihan terutama tempat makanan dan minuman, sebab saat terjadi banjir penyebaran penyakit terutama penyakit yang disebarkan melalui kumat dan bakteri sangat rentan.
  • Jika terjadi banjir dan terjebak didalam rumah, pastikan saluran listrik anda dimatikan guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan misalnya tersengat litrik.

Sahabat RPK semuanya, diatas adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan diri saat terjadi bencana alam sehingga dapat mengurangi resiko dan dampak dari bencana yang terjadi, tentunya kita semua tidak menginginkan bencana terjadi, namun sewaktu-waktu bencana bisa datang dan terjadi, jadi tetap waspada dan ikuti arahan dari petugas atau pemerintahan setempat.


Yuk berdonasi untuk program tanggap bencana Rahmatan Pandu Kemanusiaan dengan mentransfernya ke nomor rekening berikut.

BCA No. Rek. 2303279946

Mandiri No. Rek. 166.000.089.495.6

Bank BRI No. Rek. 0652.01.000182.30.4

Permata Bank Syari’ah No. Rek. 07.014.071.80

A/N Yayasan Rahmatan Lil-Alamin

Klik disini untuk konfirmasi.

Leave a Reply