Ingin Tidur Nyenyak? Hindari Enam Makanan Ini

Ingin Tidur Nyenyak? Hindari Enam Makanan Ini

 

Kualitas tidur seseorang sangat berpengaruh bagi kesehatan fisik maupun mentalnya, sebab itu untuk menjaga tubuh agar tetap sehat, tidur adalah salah satu hal penting yang wajib diperhatikan. Terlebih di masa pandemic covid-19 yang sampai saat ini masih terus mewabah, kesehatan adalah hal terpenting yang wajib untuk diperhatikan.

Sulit tidur pada malam hari adalah salah satu pengganjal bagi kualitas tidur seseorang, hal tersebut bisa disebabkan oleh beragam hal. Salah satu yang mungkin sangat jarang sekali disadari oleh seseorang adalah makanan dan minuman yang dikonsumsi pada malam hari.

Kualitas tidur malam yang buruk dapat meningkatkan beragam risiko masalah kesehatan seperti obesitas, diabetes, penyakit jantung dan gangguan-gangguan kesehatan yang lainnya. Kualitas tidur pada malam hari yang kurang baik juga dapat menyebabkan kesulitan dalam berkonsentrasi.

Oleh karena itu, penting bagi semua orang untuk tetap menjaga kualitas tidur pada malam hari. Adapun salah satu cara sederhana yang dapat dilakukan untuk menjaga kualitas tidur adalah lebih selektif dalam memilih makanan dan minuman yang dikonsumsi pada malam hari.

Setidaknya ada beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi pada malam hari guna meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik. Berikut adalah makanan dan minuman yang harus dihindari pada malam hari agar tidurmu nyenyak dan berkualitas.

  1. Pasta

Pasta merupakan makanan yang sangat baik jika dikonsumsi saat pagi atau siang hari. Sebab pasta memiliki kandungan karbohidarat yang dapat memberikan energi pada tubuh. Akan tetapi, konsumsi pasta pada malam hari sebaiknya dihindari, sebab akan mengakibatkan terjadinya pelepasan energi ketika seseorang seharusnya tidur.

  1. Buah Kering

Buah kering memiliki kandungan serat yang dapat memberikan tekanan terhadap sistem pencernaan. Selain itu, buah kering juga mengandung gula. Oleh karena itu konsumsi buah kering sebaiknya dihindari pada malam hari atau sebelum tidur.

  1. Cokelat

Cokelat merupakan salah satu makanan bisa menjadi sumber kafein. Dimana jika seseorang memakan makanan yang memiliki kandungan kafein akan menjadikannya terjaga dari rasa kantuk dan sulit tidur dimalam hari. Untuk itu, menghindari konsumsi cokelat pada malam hari merupakan salah satu hal yang sangat disarankan untuk mendapatkan tidur yang nyenyak.

  1. Makanan Pedas

Makanan pedas memiliki daya tarik tersendiri, bahkan ada seseorang yang tidak bisa makan tanpa disertai sambal atau cabai. Mengkonsumsi makanan pedas dapat meningkatkan aliran darah sehingga suhu tubuh meningkat. Kondisi ini sangat mengganggu seseorang ketika tubuh sedang menyiapkan diri untuk tidur, untuk itu sebaiknya kita menghindari makanan-makanan pedas pada malam hari untuk kualitas tidur kita.

  1. Roti Putih

Roti putih mungkin bisa menjadi salah satu cemilan malam yang sangat menggirukan. Akan tetapi kandungan gula dalam roti putih dapat menyebabkan seseorang terjaga dari rasa kantuk  lebih lama dimalam hari. Nah bagi sahabat yang ingin menjadikan roti sebagai cemilan malam harinya, pilihlah opsi roti gandum sebagai cemilan malam hari.

  1. Keju

Makanan yang mengandung keju merupakan salah satu makanan yang sangat diminati, selain karena harga yang relative murah dan terjangkau, keju juga memiliki rasa yang khas dan enak untuk dijadikan cemilan. Akan tetapi mengkonsumsi makanan yang mengandung keju pada malam hari sebaiknya dihindari agar mendapatkan tidur yang berkualitas.

Hal tersebut dikarenakan keju mengandung zat kimia bernama tyramine. Zat kimia ini dapat menyebabkan otak bekerja lebih keras dari biasanya. Dimana kondisi tersebut akan membuat seseorang lebih sulit untuk tidur pada malam hari.

Diatas merupakan beberapa makanan yang wajib dihindari agar mendapatkan kualitas tidur yang maksimal pada malam hari. Kesehatan merupakan aset terpenting dalam kehidupan kita dan salah satu cara menjaganya ialah dengan menjaga kualitas tidur dan asupan makanan dalam tubuh kita.

Leave a Reply