Hindari Stres, Stop Penggunaan Ponsel Ketika Bangun Pagi

Hindari Stres, Stop Penggunaan Ponsel Ketika Bangun Pagi

Apa hal pertama yang anda lakukan saat bangun tidur? Apakah pergi ke kamar mandi, berdo’a, matiin alarm atau mengambil ponsel lalu mengecek semua notifikasi, pesan atau media sosial? Jika mengambil ponsel lalu memainkannya, anda tidak sendirian. Banyak orang lain diluar sana yang juga melakukan aktivitas yang sama ketika bangun tidur, yaitu mengambil ponsel lalu memainkannya kurang lebih 15-20 menit lalu baru beranjak pergi ke kamar mandi ataupun yang lainnya.

membuka ponsel ketika bangun pagi. sumber twiter.com

Tanpa kita sadari ternyata banyak sekali malapetaka yang bisa ditimbulkannya bagi kesehatan kita ketika kita bangun tidur kemudian secara langsung mengambil ponsel lalu memainkannya. Berdasarkan studi penelitian yang dilakukan oleh IDC Research, provider market intelligence teknologi informasi Amerika  Serikat. Hampir 80% pengguna menjangkau  ponsel mereka sebeleum melakukan aktivitas lain,

Mengecek atau memainkan ponsel begitu bangun tidaur sudah menjadi suatu kebiasaan bagi kebanyakan orang. Tapi perlu kita ketahui bersama bahwa notifikasi email dari pekerjaan, postingan orang di IG atau media sosial yang lainnya dapat melelahkan bahkan sebelum anda bangkit dari tempat tidur anda, rasa cema dan stress akan mengahmpiri anda seketika.

Dampak negatif dari membuka media sosial seperti IG, FB dan Snap WA begitu bangu tidur akan menyebabkan anda merasa ketinggalan dan iri terhadap kehidupan orang lain yang dipost ke media sosialnya. Misalnya anda melihat orang lain pergi berlibur, makan-makan, bahkan nonton ke bioskop serta keindahan-keindahan ataupun keseruan hidup lainnya di media sosial. Sedangkan anda haru pergi pahgi puang sore untuk bekerja. Dan akhirnya rasa malas itu menghampiri anda hingga kemudian malas masuk kerja.

Berdasarkan penelitian lain yang dilakukan oleh University of British Columbia, ketika seseorang membatasi waktu mengecek pesan atau notif yang masuk ke ponsel, maka hal itu dapat mengurangi stress dia pagi hari. Informasi yang masuk secara berlebihan dipagi hari akan membuat otak menajdi kacau , kurang fokus, sehingga selalu melakukan hal-hal yang dianggap mendesak dan akhirnya produktivitas kita berkurang.

Selain itu menggunakan ponsel ketika bangun tidur dapat juga memberikan efek yang tidak baik bagi mata. kita akan mengalami yang namanya digital eye strain. Saat suasana masih cenderung gelap dan mata belum sepenuhnya terbuka, mata kita sudah terkena oleh blue light smartphone. Hal ini dapat menyebabkan gejala mata merah dan kering.

Sahabat semua, pada intinya kehadiran ponsel dalam kehidupan kita memiliki dua sisi pengaruh yang berbeda, disatu sisi kehadirannya menajdi pembantu dalam setiap lini kehidupan kita, disatu sisi juga kehadirannya bisa menjadi pengganggu dalam hidup kita. sebab itu gunakanlah ponsel secukupnya dan seperlunya. Gunakakan waktu kita sebaik mungkin, ketika kita bangun alangkah baiknya kita langsung cuci muka atau wudhu kemudian shalat dan lakukan aktivitas lainnya yang bermanfaat.

Mengisi waktu pagi dengan berolahraga

Waktu pagi adalah waktu yang pas untuk melakukan aktivitas olahraga seperti halnya jogging karena hal itu lebih sehat serta menyehatkan tubuh kita dibanding dengan mengisi waktu dengan melihat notifikasi di ponsel sambil tiduran. Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan ketika berolahraga di pagi hari, selain dapat menghirup udara yang segar olahrga pagi juga bisa mengurangi rasa stress dalam diri kita.

lari pagi dapat meningkatkan metabolisme tubuh

Berolahraga pagi 15-20 menit lebih baik dibandingakakn dengan memainkan ponsel 15-20 menit. Dengan berolahraga dapat meningkatkan metabolisme tubuh kita serta menjaganya sepanjang hari. Kemudian pikiran kitapun akan lebih segar, sehingga aktivitas sehari-hari bisa dilalui dengan penuh semangat tanpa harus disertai stress dan cemas lagi.

Selain berolahraga, waktu pagi anda juga bisa digunakan untuk kegiatan lainnya selain melihat dan memainkan ponsel. Kita bisa membereskan tempat tidur dan mencuci pakaian agar tidak menumpuk pekerjaan pas dihari libur. Kegiatan-kegiatan itu jelas sangat bermanfaat bagi anda dan anda akan memiliki waktu yang banyak ketika hari libur tiba.

Leave a Reply