3 Manfaat Dahsyat Mengonsumsi Kopi Bagi Kesehatan

3 Manfaat Dahsyat Mengonsumsi Kopi Bagi Kesehatan

Kopi adalah minuman yang paling banyak di konsumsi oleh banyak orang di bumi ini karena aroma dan rasanya yang khas. sebagai minuman yang memiliki citra rasa dan aroma yang nikmat kopi menjadi komoditas nomor dua paling banyak dikonsumsi di dunia. bahkan Indonesia termasuk kedalam lima negara paling banyak mengonsumsi kopi di dunia sekaligus juga menjadi salah satu lima negara pengekspor kopi terbnayak didunia.

manfaat kopi bagi kesehatan

Mengonsumsi kopi atau istilah yang terkenal di masyarakatnya ngopi sering kali dikaitkan dengan budaya hidup yang tidak sehat. hal ini dikarenakan kopi dapat menghilangkan rasa kantuk dan lekat kaitannya dengan orang yang suka begadang. Sebab itu tak heran jika banyak orang yang menganggap kopi adalah jenis minuman yang minim manfaat.

Namun anggapan diatas tidak semunya benar, kita bisa melihat di forum-forum rapat, diskusi hingga pertemuan antar pejabat kopi adalah salah satu menu yang wajib ada untuk dikonsumsi. Hal ini membuktikan bahwa kopi tidak digunakan oleh orang yang senantiasa begadang ataupun hal negatif lainnya, melainkan kopi juga dijadikan sebagai menu minuman dalam forum-forum resmi dan tentunya kopi adalah minuman yang kaya akan manfaat.

Di sebagian wilayah Indonesia, mengonsumsi kopi telah menjadi budaya dan kebiasaan bagi sebagian kalangan. Kebanyakan diantara mereka mengonsumsi kopi dipagi hari sebelum melaksanakan aktivitas sehari-hari. Adapun alasan kebanyakan orang mengonsumsi kopi dipagi hari adalah untuk menyegarkan tubuh dan menghilangkan rasa ngantuk, sehingga ketika memulai aktivitas badan menjadi segar dan tentunya menajdi lebih semangat lagi.

Secara umum, mengonsumsi kopi hitam dapat memberikan efek tidak ngantuk. Karena itu kebanyakan orang mengonsumsi kopi saat hendak begadanag, rapat, diskusi ataupun dipagi hari. Selain menghilangkan kantuk dan  menyegarkan badan, dengan berbagai kandungan yang ada didalamnya kopi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan diantaranya,

1. Meningkatkan fungsi otak dan memperbaiki mood

Rasa pahit yang ditimbulkan dari kopi ternyata memiliki efek yang baik  bagi otak kita. mengonsumsi kopi terbukti dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus kita. hal itu dikarenakan kandungan kafein yang terdapat dalam kopi ini dipercaya dapat menjadi stimulant saraf pusat. Kandungan kafein ini sangat efektif untuk meningkatkan konsentrasi dadalam otak manusia. bahkan kafein juga mampu meningkatkan kewaspadaan dalam diri manusia.

Menurut banyak penelitian disebutkan bahwa kopi dapat meningkatkan daya ingat manusia, terutama kaitannya dengan daya ingat jangka pendek. Selain itu juga, ternyata kopi dapat memperbaiki mood yang sedang tidak baik, jadi tidak heran jika kopi banyak dikonsumsi dalam keadaan santai.

2. Mencegah penyakit Alzheimer

Pernahkan anda mendengar penyakit Alzheimer? Penyakit Alzheimer adalah penyakit yang menyerang sistem memori otak manusia.  dengan kata lain penyakit Alzheimer adalah penyakit yang menyerang sistem memori atau ingatan dalam diri seseorang. Orang-orang yang terkena penyakit ini biasanya mengalami penurunan daya ingat. Para penderitanya biasanya sering kali tidak ingat setelah melakukan aktivitas sehari-hari walaupun itu adalah hal sederhana.

Penyakit Alheimer ini biasanya menyerang orang-orang yang telah berusia senja, namun hal demikian tidak menjamin para emaja dan orang-orang dewasa bisa terbebas dari penyakit ini. salah satu cara untuk mengurangi resiko terserang penyakit ini adalah dengan mengonsumsi kopi secara rutin, tentunya dengan takaran yang sesuai dan tidak berlebihan. Hal ini dikarenakan kandungan kafein dalam kopi dipercaya dapat meningkatkan daya ingat dalam diri seseorang.

3. Mengurangi resiko diabetes

Mengonsumsi kopi ternyata dapat mengurangi resiko terkena penyakit yang menakutkan Diabetes. Menurut penelitian mengonsmusi kopi tanpa dicampur gula dapat mengurangi resiko terserang penyakit diabetes tipe 2. Selain itu ada penelitian lain paada 2009 yang mengatakan bahwa trambahan secangkir kopi dalam tubuh manusia dapat mengurangi resiko terserang penyakit diabetes hingga 7%.

Pertimbangan sebelum mengonsumsi kopi

Pada dasarnya kopi memiliki banyaks ekali manfaat bagi kesehata tubuh kita, jika digunakan secara teratur, sesuai dengan kadar kebutuhan tubuh kita. Namun manfaat kopi itu akan hilang jika kita mengonsumsinya tidak teratur dan bahkan secara berlebihan. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik dan cenderung merugikan termasuk penggunaan kopi ini.

Pengonsumsian kopi yang tidak teratur dan berlebihan dapat menimbulkan dampak yang tidak baik bagi kesehatan tubuh seperti gangguan pada jantung, ginjal dan gangguan pencernaan. Sebab itu dianjurkan untuk mengonsumsi kopi secara teratur dan tentunya tidak berlebihan agar manfaat kopi bisa dirasakan dan tentunya kesehatan akan tetap terjaga.

Selain itu, hindari juga mengonsumsi kopi disaat perut masih kosong, artinya sebelum kita minum kopi pastikan bahwa kita telah makan terlebih dahulu. Dan untuk mengimbangi konsumsi kopi yang dilakukan, dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih agar kesehatan ginjal tetap terjaga.

This Post Has 2 Comments

Leave a Reply