3 Amalan Yang paling Dicintai Allah

3 Amalan Yang paling Dicintai Allah

Islam memerintahkan kepada seluruh umatnya untuk senantiasa mengerjakan kebaikan dan ketaatan. Adapun tolak ukur amal kebaikan adalah ketika seseorang mengerjakannya suatu perkara maka ia kan tenang dan senang dalam mengerjakannya. Sebaliknya, jika seseorang melakukan keburukan maka ia kan cemas dan khawatir ketika mengerjakannya.

amalan yang paling dicintai oleh Allah

Berbicara mengenai amalan-amalan kebaikan, ada tiga amalan kebaikan yang sangat dicintai oleh Allah swt. sebagaimana sabda nabi saw. “Dari ibnu mas’ud RA. berkata : “ Aku bertanya kepada nabi saw. tentang amalan yang paling dicintai oleh Allah swt.? beliau menjawab, shalat pada waktunya. Kemudian apa? Kataku, beliau menjawab “ berbuat baik kepada kedua orang tua”. Kemudian apa? Kataku lagi, beliau menjawab “Jihad fii sabilillah”. (HR. Bukhori dan muslim).

Sepintas melihat amalan-amalan yang sangat dicintai oleh Allah diatas
seolah-olah merupakan amalan yang mudah untuk dikerjakan. akan tetapi pada kenyataannya ketika mengerjakan amalan-amalan tersebut sangatlah memerlukan keimanan yang tinggi dalam diri seseorang, pengorbanan dan perjuangan yang tidak mudah. Sebab itu untuk mendapatkannya kita perlu senantiasa meningkatkan kadar keimanan dan ketaqwaan dalam diri kita.

Shalat Pada waktunya

Maksud dari shalat tepat pada waktunya bukan mengacu pada awal waktu atau akhir waktu sholat. Akan tetapi hal ini adalah penekanan agar jangan sampai kita mengerjakan shalat diluar waktu yang telah ditentukan bahkan sampai meninggalkannya. Karena shalat merupakan amalan pertama yang akan dipertanyakan pertanggung jawabannya di padang mahsyar kelak.

Namun ada juga yang berpendapat bahwa shalat tepat pada waktunya adalah menyegerakan shalat diawal waktu. Hal itu dikarenakan shalat diawal waktu memiliki keutamaan-keutamaan yang sangat besar disisi Allah. sebagai seorang muslim tentunya kita harus senantiasa melaksanakan shalat tepat pada waktunya dan menyegerakannya. Karena amalan ini adalah salah satu amlan yang paling dicintai oleh Allah swt.

Adapun manfaat dari melaksanakan shalat sendiri teramtlah banyak, salah satunya adalah akan terbebasnya kita dari penyakit-penyakit hati seperti gelisah, cemas dan rasa khawatir yang berlebihan. Sebab itu jika kita berada dalam kesedihan ataupun kekhawatiran maka tunaikanlah shalat dan tempelkanlah kening diatas temapt sujud. Karena sebaik-baik amal adalah shalat.

Berbuat Baik Kepada Orang Tua

Dalam sebuah diskusi ada seorang sahabat yang ingin berjihad tetapi dicegah oleh rasulullah saw. Karena ia memiliki orang tua yang harus ia jaga. Melihat hal-hal yang dapat diumumkan tentang hal ini bagi orang tua adalah hal yang lebih utama daripada jihad itu sendiri. sehingga menyakiti keduanya merupakan dosa yang besar.

Salah satu bentuk ketaqwaan kita kepada Allah adalah dengan menjalankan segala perintahnya termasuk berbakti kepada kedua orang tua, hal itu telah ditegaskan-Nya dalam QS. An-nisa :36 yang artinya “ sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berlaku baiklah kepada kedua orang tua”.

Adapun ketika kita berbuat baik kepada kedua orang tua kita, maka kelak anak-anak kita juga akan melakukan hal yang sama kepada kita. Dan salah satu harta yang akan terus mengalir pahalanya ketika kita meninggal adalah seorang anak shaleh yang senantiasa mendoakan orang tuanya. Sebab itu, jadilah anak shaleh yang selalu mendoakan dan berbuat baik kepada kedua orang tua.

Berjihad Di Jalan Allah

Jihad dijalan Allah merupakan amalan yang paling agung disisi Allah swt. sehingga orang yang meninggal dalam keadaan berjihad, matinya adalah mati syahid. Dimana balasannya adalah surga dari-Nya. Berjihad dijalan Allah bukanlah perkara yang mudah, didalamnya memerlukan keteguhan serta keimanan yang besar.

Berjihad dijalan Allah ialah berjuang denagn seluruh tenaga, pikiran dan harta yang kita miliki untuk menegakan agama Allah yaitu dengan cara melakukan amar makruf nahi munkar (menyeru pada kebaikan dan melarang setiap kemungkaran). Berjihad dijalan Allah juga bisa kita lakukan dengan cara menuntut ilmu agama dengan bersungguh-sungguh serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Leave a Reply