Turunkan Berat Badan dengan Kebiasaan Lari Pagi

Turunkan Berat Badan dengan Kebiasaan Lari Pagi

Bagi anda yang memiliki kelebihan berat badan namun tidak ada waktu yang pas untuk olahraga rutin seperti gym atau olahraga-olahraga lainnya anda bisa memilih olahraga yang mudah, murah dan tentunya memiliki efek yang wah. Nah olahraga itu adalah lari atau jogging, olahraga ini adalah olahraga yang paling murah, dimana anda hanya memerlukan sepatu dan pakaian olahraga, tempatnya pun bisa dilakuakan disekitar rumah atau komplek tempat anda tinggal.

turunkan berat badan dengan lari pagi

Segala jenis olahraga termasuk lari pada dasarnya boleh dilakukan kapan saja, tanpa ada waktu-waktu yang ditentukan. Namun menurut beberapa penelitian yang dilakukan oleh banyak ahli, waktu olahraga terbaik untuk menurunkan berat badan adalah dipagi hari. Terlebih jika dilakukan sebelum sarapan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Gonzales bahwasannya berolahraga pagi sebelum sarapan dapat membakar kurang lebih 20% lemak tubuh.

Nah bagi anda yang memiliki keinginan kuat untuk menurunkan berat badan dengan cepat sebaiknya mencoba untuk melakukan aktivitas lari pagi tanpa sarapan terlebih dahulu, akan tetapi jika merasa dapat membahayakan diri atau memberikan efek kelelahan yang lebih berat sebaiknya anda melakukan sarapan terlebih dahulu dengan makanan ringan seperti roti gandum, susu rendah lemak, dan buah-buahan.

Sebagai aktivitas fisik olahraga dipagi hari dapat membakar banyak kalori. Jika anda melakukan lari pagi dengan kecepatan kurang lebih 8 km/jam maka kurang lebih 295 kalori akan terbakar. Adapun jika lari itu dilakukan dengan kecepatan 5 km/jam kurang lebih 140 kalori yang akan terbakar. Untuk menurunkan badan anda bisa memanfaatkan lari pagi setidaknya 3 kali seminggu dengan total waktu 60-90 menit. Namun bagi pemula bisa memulai membiasakannya sekitar 10 menit perhari.

Tips Agar Lari Efektif Turunkan Badan

Sering berolahraga pagi, namun belum membuahkan hasil sesuai yang diinginkan yaitu turunnya berat badan. Dalam hal ini, untuk mengefektifkan aktivitas fisik kita agar hasilnya sesuai dengan yang kita harapkan, maka perlu strategi-stragei yang pas dalam melakukan olahraga atau lari pagi ini. adapun strategi-strateginya adalah sebagai berikut.

1. Komitmen Terhadap Diet Yang Dilakukan

Olahraga dipagi hari seperti yang kita ketahui bersama bisa menurunkan berat badan, akan tetapi tidak selamanya aktivitas yang kita lakukan tersebut bisa menurunkan berat badan sesuai dengan yang kita inginkan, bahkan lebih parahnya aktivitas yang kita lakukan itu malah menambah berat badan kita. sebab itu kita harus komitmen dengan diet yang kita lakukan.

Mengapa harus komitmen dengan diet? Menurut Angela Rubin, Pelatih USAT Level I triathlon dan manager studio precision Running Lab di Equinox, Boston menyebutkan kebanyakan orang yang beranggapan bahwa lari yang telah dilakukannya telah membakar banyak kalori dari dalam tubuhnya. Padahal kalori yang terbakar tidak sebanyak yang mereka pikirkan.

Menurutnya lari yang dilakukan dengan jarak 1 mil (1.6 KM) dapat membakar kurang lebih 100 kalori dalam tubuh manusia. sehingga, jika seseorang beralri dengan jarak 3 mil maka kalori yang akan terbakar kurang lebih sebanyak 300 kalori. Yang menjadi masalah disini adalah banyak orang yang mengisi perutnya setelah berlari dengan makanan yang mengandung kurang lebih 400 kalori seperti brownis dan pizza. Sebab itu kita perlu menghitung defisit kalori dengan teliti jika ingin menurutkan berat badan.

2. Menjadikan Lari Pagi Sebagai Rutinitas dan Kebutuhan

Sering kali kita melakukan olahraga dengan tujuan menurunkan berat badan secara tidak teratur, kadang kita melakukannya seminggu sekali, seminggu dua kali, atau sebulan sekali bahkan tidak beberapa bulan sekali. hal inilah yang menjadikan olahraga yang kita lakukan tidak memiliki hasil yang maksimal bahkan tidak memiliki hasil sama sekali.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka yang harus anda lakukan adalah menjadikan olahraga tersebut sebagai rutinitas anda setiap hari. Anda bisa melakukannya kurang lebih 30-60 menit setiap hari sebelum anda memulai segala aktivitas anda dihari itu.

Profesor kesehatan dan daya guna manusia Universitas Houston, Daniel O’Connor, Ph.D mengatakan ketika ada keinginan  untuk menurunkan berat badan, maka hal yang terpenting untuk dilakukan adalah bergerak dan membakar kalori. Dalam hal ini, melakukan olahraga lari dapat menggerakan badan dan membakar kalori. Dan untuk meraih hasil yang maksimal kita juga harus melakukan olahraga secara maksimal dan konsisten.

3. Memasang Target Maksimal Lari

Target merupakan syarat penting dalam meningkatkan kualitas serta kuantitas lari yang anda lakukan. Sebab dengan target yang kita pasang semangat kita akan terpacu untuk menaklukan target tersebut. Jika anda gagal dalam menggapai target tersebut  maka anda akan terus menerus mencoba untuk menaklukannya. Hal ini akan membuat rutinitas lari yang anda lakukan tidak membosankan.

Jika kita mencapai target yang kita pasang maka akan menimbulkan yang namanya Runner High. Dimana runner high adalah eforia yang dirasakan setelah lari dan mencapai suatu target tertentu. ketika target telah tercapai, maka yang terjadi adalah rasa ketagihan untuk menambah lagi target tersebut. sehingga semakin lama lari yang anda lakukan semakin memiliki kuantitas yang banyak dan kalori yang akan terbakarpun semakin banyak.

Adapun target yang bisa dipasang ketika melakukan olahraga lari adalah target waktu dan target jarak yang akan dicapai. Jika anda memiliki kesibukan maka sebaiknya anda memasang target waktu ketika anda melakukan olahraga ini sehingga tidak mengganggu aktivitas lain anda. Namun, bagi yang memiliki waktu yang luang memasang target jarak yang akan ditempuh lebih baik untuk dilakukan, sebab semakin banyak jarak yang ditempuh semakin banyak kalori yang akan terbakar.

Leave a Reply