Tumbuhkan Rasa Peduli Dengan Banyak Berbagi

Tumbuhkan Rasa Peduli Dengan Banyak Berbagi

Pada dasarnya harta yang kita miliki hanyalah sebuah titipan dari Allah swt. untuk kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Tentunya yang namanya titipan pasti suatu saat akan diambil oleh pemiliki sesungguhnya yaitu Allah swt. serta suatu saat juga harta yang telah digunakan tersebut akan dimintai pertanggung jawaban apakah harta tersebut digunakan dalam kebaikan atau digunakan dalam keburukan.

Berbagi kepedulian, berbagi cinta

Seorang muslim yang taat pastinya akan selalu berusaha menggunakan harta yang dititipkan kepadanya dalam kebaikan, ia akan senantiasa menggunakan harta tersebut dalam hal-hal yang mengandung nilai manfaat entah bagi dirinya maupun orang lain. Salah satu cara menggunakan harta agar bermanfaat bagi sendiri maupun orang lain adalah dengan menyedekahkan harta tersebut, khususnya kepada orang yang sangat membutuhkan.

Seperti diketahui bersama, bahwasannya di dalam harta yang kita miliki ada hak-hak orang lain yang perlu kita keluarkan. Karena itu dikeluarkan untuk bersedekah merupakan cara yang baik dalam memenuhi hak-hak orang lain yang termasuk dalam harta yang kita miliki tersebut. kita bisa mempertimbangkan mungkin kompilasi kita menahan diri untuk bersedekah, ada sebagian orang di sana yang tidak bisa makan berhari-hari, dan salah satu penyebabnya adalah kita yang enggan bersedekah.

Selain untuk membantu orang yang kesusahan atau membutuhkan, harta yang dikelaurkan untuk bersedekah juga bisa disalurkan untuk pembangunan masjid, jalan, jembatan serta fasilitas-fasilitas umum lainnya. Sehingga selian mendapatkan pahala kebaikan sedekah, kita juga bisa menikmati fasilitas-fasilitas umum yang telah dibangun dari sebagian harta yang telah kita keluarkan.

Ekonomi Terbangun Dengan Berbagi (infaq dan shadaqah)

Seiring dengan meningkatnya kepedulian terhadap orang-orang pra sejahtera maka bermunculanlah lembaga-lemba pengelola zakat, infaq, shadaqah dan wakaf. Hal itu artinya telah membuka kesempatan bagi para donatur (orang yang ingin bersedekah) untuk bersedekah melalui lembaga-lembaga tersebut. Dimana dengan pengelolaan yang baik, dana yang dihimpun secara kolektif tersebut dapat disalurkan untuk pembangunan ekonomi bagi masyarakat.

Pembangunan ekonomi yang dilakukan bisa dengan mengadakan pelatihan serta pembinaan ekonomi kreatif ataupun bisa dilakukan dengan sistem bagi hasil. Sehingga kedepannya para penerima manfaat menjadi lebih produktif bahkan bisa juga muncul sebagai pengusaha baru, hingga akhirnya ia juga bisa membantu orang lain yang memerlukan bantuan darinya.

Selain melakukan pembinaan, pelatihan serta pemberian modal usaha, dana yang terhimpun juga bisa digunakan untuk pengadaan atau perbaikan sarana prasarana yang menunjangan kemajuan ekonomi dalam masyarakat seperti halnya pembangunan jalan, jembatan dan lain sebagainya. sebab, semakin baik sarana dan prasarana yang ada maka pertumbuhan ekonomipun semakin baik bahkan bisa sampai maju.

Berbagi Untuk Mebangun Pendidikan

Pendidikan merupakan faktor yang sangat penting bagi kemajuan sebuah bangsa, bangsa yang maju ialah bangsa yang memiliki kualitas pendidikan yang baik begitupun sebaliknya bangsa yang tidak memiliki pendidikan berkualitas maka bisa dikatakan bangsa tersebut adalah bangsa yang tertinggal. Pendidikan terdiri dari beberapa faktor penunjang yang sangat penting yaitu tenaga pengajar, siswa dan sarana prasarana.

Ketiga faktor pendidikan diatas terkadang memiliki banyak kekurangan dari mulai kurangnya kesejahteraan tenaga pendidik, banyaknya siswa kurang mampu sampai sarana prasarana yang tidak memadai. Hal tersebut merupakan sesuatu yang cukup memprihatinkan dan memerlukan banyak uluran tangan dari kita agar proses pendidikan berjalan dengan baik sehingga menghasilkan anak-anak bangsa yang cerdas dan berwawasan luas.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjamin keberlangsungan prosesi pendidikan yang berkualitas adalah dengan bershadaqah. dimana dengan dana yang terkumpul dari shadaqah tersebut bisa disalurkan untuk menjamin kesejahteraan tenaga pengajar, siswa yang kurang mampu, perbaikan sarana dan prasarana pendidikan bahkan sampai peningkatan kualitas para pengajar.

Leave a Reply