Tren Kurangi Sampah Makanan, Ini 5 Manfaatnya

Tren Kurangi Sampah Makanan, Ini 5 Manfaatnya

Sampah di dunia dari hari kehari mengalami peningkatan dan penumpukan yang signifikan, dampaknya pun sangat luas baik bagi lingkungan, kesehatan, ekonomi dan lain sebagainya. Menyikapi persoalan yang kian mengkhawatirkan tersebut munculah gerakan atau tren baru ditengah masyarakat yakni tren mengurangi sampah makanan.

Tren mengurangi sampah makanan yang sering dikenal dengan istilah zero waste cooking atau zero waste kitchen mempunya manfaat besar dalam kehidupan , baik bagi lingkungan sampai roda perekonomian masyarakat.
Zero waste cooking dampaknya cukup baik bagi lingkungan yakni berkurangnya sampah di dunia, selain itu zero waste cooking juga dianggap mampu membangun gaya hidup sehat serta dapat juga membantu orang lain yang terpinggirkan.
Meski pada awalnya cukup sulit untuk memulai gaya hidup minim sampah, akan tetapi tidak ada ruginya jika kita memulai dan terus bertahan hingga mengajak orang lain untuk memulai gaya hidup minim sampah ini.
Berbicara manfaat dari zero waste cooking ada banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika kita memulai gaya hidup minim sampah. Dilansir dari kompas.com, berikut adalah manfaat zero waste cooking seperti rangkuman dari Toronta Environment dan Earth Squad.

1. Konservasi Lingkungan
Gerakan zero waste kithcen berdampak baik pada lingkungan yakni dapat mengurangi sampah hingga 45% daru total sampah yang diproduksi oleh setiap orang per hari. Pengurangan sampah dalam jumlah besar tentunya akan memberi dampak positif bagi lingkungan.
Tidak ada sampah yang dihasilkan berarti tidak ada tempat pembuangan akhir yang meluap. Selanjutnya dengan minimnya sampah tumbuhan yang teracuni juga akan berkurang.
Dampak dari krisis iklim juga bisa dikurangi, Diperkirakan sekitar 42% dari semua emisi gas rumah kaca disebabkan oleh produksi dan penggunaan barang, termasuk makanan. Mengurangi, menggunakan kembali serta mendaur ulang makanan akan menghemat energi itu sehingga nantinya secara dramatis akan mengurangi emisi karbon.
2. Membangun komunitas dan kesetaraan sosial
Gerakan zero waste (tanpa limbah) dapat pula membangun komunitas serta kesetaraan sosial. Dimana komunitas ini kedepannya bisa memiliki proyek yang bisa membantu orang-orang terpinggirkan.
Proyek komunitas yang berfokus pada gerakan zero waste kitchen memungkinan komunitas untuk memabantu mendistribusikan kembali barang yang berguna pada mereka yang membutuhkan. Hal itu bisa dimulai dari sisa makanan layak konsumsi yang disumbangkan kepada mereka yang membutuhkan.
3. Manfaat untuk ekonomi
Zero waste kitchen selain bermanfaat bagi lingkungan juga memiliki manfaat bagi perekonomian, dimana gerakan ini membangun sistem ekonomi melingkar (circular economy). maksudnya, limbah yang dihasilkan satu orang bisa menjadi sumber daya sesuatu yang baru. Hal ini tentunya dapat menciptkan pekerjaan ramah lingkungan karena sumberdaya disirkulasi ulang tanpa henti melalui perekonomian.
Nilai produk dapat digunakan berulang tanpa menghasilkan sampah, sehingga muncul usha yang bergerak dibidang daur ulang (recycle), penggunaan kembali (reuse), atau produksi ulang (remanufacture). Selanjutnya pada limbah makanan juga bisa muncul usaha yang bergerak dibidang pengelolaan sampah makanan untuk kompos dan sebagainya.
4. Gaya hidup sehat
Membuat kompos, menggunakan kembali, mendaur ulang, mengganti dan memilih barang dengan hati-hatu adalah semua kebiasaan sehat yang dicapai dari zero waste kitchen. Kebiasaan sehat ini tidak hanya menawarkan kehidupan yang baik berdasarkan kepuasaan pribadi, melainkan juga menanamkan kecintaan pada bumi.
Selanjutnya, gerakan zero waste juga dapat mengurangi limbah berbahaya, hal tersebut tentunya memungkinkan kita dapat terhindari dari penyakit serius yang diakibatkan oleh limbah atau sampah.
5. Gaya hidup hemat dan minimalis
Selain gaya hidup sehat, zero waste juga menjadi bagian dari gaya hidup hemat. Melalui gerakan ini kamu dapat mengatur keuangan. Caranya dengan membatasi pengeluaran untuk belanja yang di butuhkan saja. Tanpa disadari gaya hidup akan menjadi lebih hemat. Selanjutntya pembatasan jumlah belanja serta mendaur ulang sampah dapur membuat gaya hidup lebih sederhana.

Yuk terapkan gaya hidup minim sampah, dan rasakan banyak manfaatnya bagi dirimu sendiri, keluarga tercinta serta lingkungan dan bumi tempat kita tinggal.


Mari donasikan infaq terbaik sahabat untuk program tanggap bencana alam bersama Rahmatan Pandu Kemanusiaan.

Silahkan klik disini untuk berdonasi.

Leave a Reply