✉ rpkmandiri@gmail.com | 📞 021-86905367
Sebagai Makhluk Sosial, Manusia Harus Saling Tolong Menolong

Sebagai Makhluk Sosial, Manusia Harus Saling Tolong Menolong



Tolong menolong adalah sebuah kata yang mungkin tidak asing dalam pendengaran kita bahkan mungkin kita juga sering mengucapkan kata tersebut, misalnya, tolong menolonglah kalian dalam kebaikan, tolong dan bantulah saudaramu yang membutuhkan dan lain sebagainya. selain mengucapkan ataupun mendengar mungkin kita juga suka melihat orang lain melakukan hal tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

tolong menolonglah karena kita saling membutuhkan

Pada intinya tolong menolong adalah bentuk nyata dari sebuah kepedulian ataupun kasih sayang antar sesama yang didasari oleh keikhlasan dan kerelaan. setiap orang pasti memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing dalam dirinya, sebab itu kita sebagai makhluk sosial harus saling melengkapi apa yang menjadi kekurangan tersebut.

Tak bisa dipungkiri bahwasannya manusia memiliki sifat saling membutuhkan serta ketergantungan antara yang satu dengan yang lainnya, sehingga sifat penolong perlu ditanamkan juga dalam diri kita sendiri. karena sesukses dan sehebat apapun seorang manusia tidak akan bisa hidup tanpa memerlukan bantuan dari orang lain. Sebab itu, rasa sombong dan angkuh yang menyebabkan sikap membiarkan ataupun tidak peduli harus kita buang jauh-jauh.

Manfaat dari tolong menolong secara sederhana dapat dimaknai dengan contoh berikut, pekerjaan berat menjadi ringan, pekerjaan cepat selesai, beban berat menjadi ringan. Selain itu manfaat dari tolong menolong adalah mempereratkan rasa persaudaraan antar sesama, terciptanya kerukunan sosial, dan terjalinnya hubungan baik Antara yang satu dengan yang lainnya.

Setiap orang memiliki hak dan kewajiban atas dirinya maupun terhadap orang lain. Begitupun dengan tolong menolong setiap orang mempunya hak untuk ditolong dan mempunyai kewajiban untuk menolong juga. Sebab itu, agar hak yang mestinya kita dapatkan terpenuhi, maka kita harus menunaikan dulu apa yang sudah menjadi kewajiban kita terhadap orang lain.

Menolong kaum dhuafa / Orang miskin

Berdasarkan data yang dilansir oleh Badan Pusat Statistik (BPS) angka kemiskinan di Indonesia pada maret 2019 mencapai 25.24 juta orang yang tersebar diseluruh indonesia. kemiskinan ini terjadi dikarenakan kurangnya lapangan kerja dan harga-harga kebutuhan hidup sehari-hari yang melambung tinggi. Hal demikian bukanlah sebuah keadaan yang baik, melainkan keadaan yang memperihatinkan serta membutuhkan perhatian dan usaha dari kita untuk menurunkannya.

Menolong kaum dhuafa/orang kurang mampu merupakan sebuah kewajiban bagi kita yang merasa mampu. karena bisa saja kemiskinan itu terjadi karena kurang pedulinya kita terhadap sesama. dan pada kenyataannya yang terjadi saat ini adalah kesenjangan yang semakin menjadi-jadi yang menimbulkan jarak antara kaum dhuafa dengan orang berada.

Dalam hal ini kepedulian sangat diperlukan sebagai upaya menurunkan angka kemiskinan yang terjadi saat ini. karena dengan kepedulianlah setiap manusia akan saling membantu Antar sesama. Adapun membantu kaum dhuafa tak selamanya harus dengan harta atau benda yang kita miliki. Kita bisa saja membantu kaum dhuafa dengan tenaga, ilmu pengetahuan ataupun dengan kekuasaan yang dimiliki (memberinya pekerjaan).

Sebab dengan mengajarkan sebuah ilmu atau keahlian yang kita miliki kepada orang lain yang membutuhkan hal itu dapat menjadikannya lebih produktif sehingga ia lebih mandiri dan mampu bangkit dari zona kemiskinan yang selama ini melanda kehidupannya. Hal itu jelas sangat berarti dan bisa menurukan jumlah angka kemiskinan yang saat ini masih melanda kepada kurang lebih 25 juta orang yang ada di Indonesia.

Sering kali kita merasa enggan untuk menolong orang karena kita merasa tidak membutuhkan orang lain dalam kehidupan kita. Padahal kita sendiri tidak pernah tahu bahwasannya kesehatan, kejayaan dan kekayaan yang kita miliki aka nada masanya hilang dari kehidupan kita dan saat itu kita sangat memerlukan orang lain untuk membantu kita. sebab itu tolong menolonglah karena kita saling membutuhkan.



Leave a Reply

Close Menu