✉ rpkmandiri@gmail.com | 📞 021-86905367
Sebab dan Solusi Kemiskinan di Indonesia

Sebab dan Solusi Kemiskinan di Indonesia

Kemiskinan adalah suatu keadaan dimana seorang individu atau keluarga tidak mampu memenuhi kebutuhan dasarnya seperti sandang,papan, pangan dan pendidikan. Secara kuantitatif, kemiskinan merupakan suatu keadaan dimana taraf hidup manusia serba kekurangan atau tidak memiliki harta benda sama sekali. sedangkan secara kualitatif, kemiskinan adalah keadaan hidup manusia yang serba tidak layak.

Kemiskinan menjadi sebuah kenisncayaan dalam kehidupan ini. disetiap negara bagian manapun angka kemiskinan itu pasti ada. Akan tetapi kemiskinan itu ada yang bisa ditangani oleh pemerintah dan ada juga yang tidak bisa ditangani. Hal itu dapat dilihat berdasarkan jenis-jenis kemiskinan yang ada.ataukah itu kemiskinan absolut, alamiah, relatif, subjektif, structural atau juga kemiskinan kultural.

Menurut data yang dilansir oleh Badan Pusat Statistik jumlah angka kemiskinan di Indonesia pada periode September 2018 s/d Maret 2019  mencapai  9.41 %  atau kurang lebih 25.14 juta orang dari kurang lebih 270 juta penduduk Indonesia. Tentu ini bukanlah keadaan yang baik, perlu usaha dari semua pihak untuk menekan angka kemiskinan ini.

Kemiskinan pada intinya merupakan masalah kecil dalam sebuah bangsa, namun dikarenakan banyak faktor-faktor penyebab kemiskinan itu selalu ada bahkan cenderung meningkat ditambah dengan kurang seriusnya penanganan masalah ini, maka semakin hari angka kemiskinan itu semakin banyak. Diantara faktor yang paling mendasari kemiskinan adalah kebijakan-kebijakan pemerintah serta keadaan alam sekitar yang mendorong kemiskinan itu terjadi.

Faktor-Faktor Penyebab Kemiskinan

Segala sesuatu yang terjadi pasti ada sebabnya, termasuk kemiskinan itu sendiri pasti didalamnya terdapat sebab-sebab, baik faktor alam, maupun manusia itu sendiri. adapun beberapa penyebab kemiskinan adalah sebagai berikut.

1. Tidak seimbangnya pertumbuhan ekonomi dan penduduk

Salah satu penyebab tingginya angka kemiskinan adalah laju pertumbuhan penduduk yang tinggi tanpa dibarengi oleh pembangunan ekonomi yang baik. Pertumbuhan penduduk yang tinggi dapat menimbulkan masalah-masalah sosial baru jika tidak dibarengi dengan meningkatnya kualitas pendidikan, kesehatan maupun kesejahteraannya.

2. Rendahnya kualitas pendidikan

Pendidikan adalah sektor terpenting dalam pembangunan sebuah bangsa, jika pendidikan ini berhasil menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing, maka pendidikan dapat mengurangi jumlah angka kemiskinan. Namun sebalikya jika pendidikan ini kurang berkualitas maka tidak akan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan  memiliki daya saing dalam dunia kerja maupun dunia usaha. Sehingga hal itu menyebabkan seseorang menjadi pengangguran dan menambah jumlah kemiskinan.

3. Bencana Alam

Bencana alam merupakan faktor penyebab terjadinya kemiskinan yang tidak bisa dicegah, hal ini dikarenakan bencana alam tidak dapat diprediksi kapan akan terjadinya. Bencana alam yang terjadi seperti tsunami, gempa bumi, banjir, gunung meletus dan lain sebagainya dapat mengakibatkan kerusakan insfrastruktur dan psikologis.

Dalam hal ini, bencana alam juga bisa menyebabkan seseorang kehilangan tempat tinggal, harta benda yang dimlikinya bahkan dikarenakan rusaknya infrastruktur yang ada seseorang dapat kehilangan pekerjaannya juga ketika terjadi bencana alam.

Solusi terhadap kemiskinan

Pada intinya setiap masalah pasti ada solusi penyelesaiannya, termasuk masalah kemiskinan. Masalah kemiskinan akan terselesaikan jika diatangani dengan serius dan dengan cara yang tepat. Adapun langkah-lamgkah yang bisa dilakukan untuk menangani kemiskinan adalah sebagai berikut.

1. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada

Peningkatan kualitas sumber daya yang ada sangatlah diperlukan dalam proses pemberantasan kemiskinan. Peningkatan kualitas sumber daya alam bisa dilakukan dengan cara meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan. Selain itu dapat juga dengan cara mengadakan pelatihan-pelatihan seperti pelatihan kewirausahaan, computer, menjahit serta pelatihan pengelolaan hasil pertanian yang baik bagi masyarakat pedesaan.

Dengan bertambahnya kualitas sumber daya manusia yang, diharapkan masyarakat bisa lebih produktif lagi serta dapat membuka lapangan-lapangan pekerjaan yang baru sehingga dapat mengurangi jumlah angka pengangguran dan kemiskinan.

2. Mengadakan gerakan peduli kemiskinan

Kemiskinan adalah masalah sosial yang harus ditangani serta diselesaikan bersama-sama. Tidak hanya pemerintah saja yang harus berperan disini, melainkan semua pihak juga dapat berperan dalam menuntaskan kemiskinan yang ada. Kita bisa mengadakan gerakan peduli terhadap orang yang membutuhkan dengan cara menyisihkan harta yang kita miliki untuk dijadikan modal usaha bagi mereka.

Selain itu kita juga dapat berbagi pengalaman dan wawasan yang kita miliki untuk dijadikan sebagai motivasi  serta ilmu dan pengalaman baru bagi mereka. Adapun jika kita memiliki usaha, kita juga bisa memberikan kesempatan kerja kepada mereka yang membutuhkan, sehingga dapat mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan.

Akhir-akhir ini banyak bermunculan lembaga-lembaga sosial yang memfokuskan diri pembangunan dan pemberdayaan orang-orang kurang mampu. Nah, dengan itu kita bisa menyalurkan bantuan kita melalui lembaga-lembaga sosial tersebut, sehingga bantuan-bantuan yang kita beri nantinya tepat sasaran dan memiliki manfaat yang lebih besar dalam penanganan kemiskinan ini.

Leave a Reply

Close Menu