✉ rpkmandiri@gmail.com | 📞 021-86905367
RPK Peduli Bantu Korban Banjir Di Jabodetabek

RPK Peduli Bantu Korban Banjir Di Jabodetabek

Curah hujan ekstrem yang melanda hampir seluruh wilayah dipulau jawa khusunya wilayah jabodetabek akhir desemper 2019 mengakibatkan banjir diberbagai wilayah. Salah satu wilayah yang paling banyak tergenangi air adalah wilayah jabodetabek.

Hampir semua wilayah Jabodetabek terkena dampak banjir dari mulai Bogor,Depok, Bekasi,Tangerang dan seluruh wilayah jakarta, bahkan dampak dari curah hujan yang ekstreme ini menenggelamkan beberapa kecamatan di Kab. Lebak Banten.

Banyak warga yang harus mengungsi ke tempat yang lebih aman dan banyak juga yang harus rela kehilangan barang-barang berguna beserta harta benda lainnya. Adapun Banjir yang hampir melanda seluruh wilayah Jabodetabek ini berdampak buruk bagi perekonomian beserta kesehatan para warga terdampak banjir tersebut. Mereka memerlukan banyak bantuan beripa makanan,air bersih, obat-obtan beserta pakaian.

RPK Tanggap bencana
Team RPK peduli menyalurkan bantuan untuk para korban banjir di tambun utara kota bekasi

Senin,06 januari 2020 atau Enam hari paska banjir yang melanda kawasan Jabodetabek dan sekitarnya, Rahmatan Pandu Kemanusiaan (RPK) Peduli beserta ibu-ibu relawan yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur menyalurkan bantuan kepada korban bencana banjir Didesa Sri Amur Tambun Utara Kota Bekasi, Dimana titik banjir dikawasan tersebut merupakan titik terparah diantara titik-titik banjir dikawasan lainnya.

Adapun Bantuan yang disalurkan oleh RPK peduli berupa Nasi Bungkus, Air Mineral, Sembako, Pakaian Serta mainan anak-anak yang diharapkan dapat membantu meringankan para korban banjir dikawasan tersebut.

Kedatangan tim RPK peduli yang dipimpin langsung oleh Achyar Dimas Pratama Sebagai Ketua dari Rahmatan Pandu Kemanusiaan (RPK) beserta ibu-ibu relawan yayasan Rahmatn Lil-alamin jakarta timur yang dikawal oleh tim AERI kota bekasi  disambut oleh para warga korban banjir yang diwakili oleh Sofyan ketua RT setempat.

“Kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada bapak/ibu beserta teman-teman semua yang telah datang dan peduli kepada kami, bantuan sekecil apapun akan kami terima karena sangat berguna bagi kami” ujar Sofyan.

Selain itu ketua RT setempat juga memaparkan bagaimana keadaan para korban beserta kebutuhan-kebutuhannya saat ini

“Diwilayah ini RT 06 Desa Sriamur mengatakan ada kurang lebih 90 KK (keluarga) yang terkena dampak banjir, dan keperluan yang kami butuhkan saat ini adalah Makanan dan obat-obatan, sebab warga yang terdampak mulai terkena penyakit gatal-gatal dan diare” Ujarnya.

Sofyan ketua RT sedang memaparkan keadaan para warga korban banjir

Ketika ditanyai psikologis para korban banjir Ketua RT setempat berpesan kepada seluruh pihak untuk tidak memposting berita atau video yang dapat menakut-nakuti para korban, sebab para korban saat ini merupakan korban yang baru pertama kali terkena banjir saat ini. Selanjutnya ketua RT juga menyarankan kepada semuanya untuk memposting berita yang memotivasi para warga dalam menghadapi banjir tersebut.

“Untuk berita ataupun video yang dapat memotivasi kami dalam menghadapi banjir itu sangat kami terima dan kami menyarankan aeluruhnya untuk mengirim berita atau video yang positif seperti itu” sambungnya.

Selain ketua RT setempat, Ketua RPK Achtar Dimas Pratama juga berpesan kepada seluruh warga untuk tetap siaga menghadapi banjir ini. Selain itu ia juga mengajak seluruh warga untuk turut bahu-membahu mengatasi bencana banjir ini bersama-sama.

“Saya mengajak kepada seluruh warga khususnya teman-teman relawan RPK untuk terus peduli dan membantu para korban banjir, sebab banjir ini bukan hanya beban para korban ataupun aparat pemerintahan, melainkan beban bersama yang harus diatasi bersama juga” Ujar Dimas.

Selain itu, Dimas juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak dan para donatur yang turut menyisihkan hartanya untuk membantu para korban banjir.

 “Kami ucapkan terima kasih kepada selueuh pihak dan para donatur yang telah mempercayakan hartanya untuk kami salurkan kepada para korban banjir yang hari ini telah kami salurkan di tambun utara kota bekasi, dan selanjutnya kami juga akan terus berupaya memberikan bantuan kepada korban sekecil apapun itu” kata dimas saat ditemui dilokasi banjir.

Leave a Reply

Close Menu