Rekomendasi Makanan Sehat Ditengah pandemi

Rekomendasi Makanan Sehat Ditengah pandemi

Pepatah mengatakan mencegah lebih baik daripada mengobati, artinya proses pencegahan akan selalu menjadi yang terbaik dibanding dengan pengobatan, begitupun dimasa pandemi Covid-19 ini. Salah satu upaya dari proses pencegahan yang bisa dilakukan pada masa pandemi ini adalah dengan cara meningkatkan sistem kekebalan atau imun tubuh kita.

Adapun cara untuk meningkatkan atau memperkuat sistem imun tubuh yang bisa dilakukan adalah dengan konsumi pola makan yang sehat dan melakukan aktivitas fisik.

Secara umum, pola makan yang sehat ialah pola makan yang seimbang dan kaya akan zat gizi. Seperti kita ketahui bersama pola makan yang sehat mencakup karbohidrat, lemak, mineral, vitamin, protein sampai serat dan air yang sesuai degan kebutuhan tubuh kita.

Menjelang akhir pertengahan tahun 2020, belum ditemukan obat yang bisa menyembuhkan covid-19. Selain itu tidak ada pula makanan yang bisa menjamin dapat mencegah covid-19. Akan tetapi, seperti dikatakan diatas mencegah lebih baik dari pada mengobati dan salah satu usaha dari pencegahan kita adalah mengkonsumsi makanan-makanan yang bersifat protektif dan bisa membantu meningkatkan sistem imun.

Seperti diketahui bersama, bahwa sistem imun yang baik dapat lebih melindungi seseorang dari resiko tertular Covid-19. Beberapa makanan yang bersifat protektif adalah buah-buahan dan sayur-sayuran.  Beberapa ahli gizi merekomendasikan makanan yang  bersifat protektif dan dapat meningkatkan sistem imun tubuh, dan tentunya harga makanan tersebut sangat terjangkau. Berikut adalah makanan yang direkomendasikantersebut.

1. Pepaya

Pepaya merupakan buah yang banyak diminati banyak orang karena rasa dan warnanya yang khas. selain itu ternyata pepaya kaya akan vitamin C dan juga mengandung enzim bernama papain. Dimana kandungan Enzim tersebut dapat membantu melancarkan proses pencernaan. Selain itu, pepaya juga diketahui mengandung vitamin B, kalium dan folat dimana kandungan-kandungan tersebut baik untuk memelihara sistem imun tubuh.

2. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang mengandung mineral serta vitamin A,C dan E. Brokoli juga diketahui kaya akan serat dan anti oksidan. Vitamin E yang terkandung didalamnya dapat membantu meningkatkan respon sistem imun tubuh. Adapun untuk mengkonsumsinya brokoli sebaiknya diolah dengan cara dikukus, hal tersebut dilakukan guna menjaga kandungan gizi didalamnya.

3. Bawang putih

Bawang putih dikenal  sebagai bahan tambahan dalam masakan. Selain itu Bawang putih juga dikenal dapat membantu proses peningkatan sistem imun. Sebab bawang putih didalamnya kaya akan kalium, kalsium dan senyawa sulfur yang dapat memberi perlindungan pada bakteri dan infeksi.

Selanjutnya bahan makanan ini juga dapat membantu sistem imun bekerja secara optimal. Tak heran jika bawang putih ini sering digunakan oleh masyarakat tgradisional untuk meringankan gejala pilek.

4. Bayam

Bayam adalah salah satu dari banyaknya jenis sayuran hijau yang memiliki kandungan vitamin A. C dan E yang tinggi. dimana  dengan kandungan yang ada didalamnua tersebut bayam dapat membantu melawan infeksi. Selain itu bayam juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan sistem imunam adalah dengan mengukusnya.

5. Jeruk

Jeruk merupakan salah satu buah yang sangat laku dipasaran,s elain harganya yang relatif murah jeruk juga kaya akan vitain C, dimana dengan kandungannya tersebut Jeruk menjadi cocok dikonsumsi ketika merasa tidak enak badan. Menurut salah satu penelitian vitamin C dapat membantu mencegah pilek di tengah lingkungan yang tidak mendukung, seperti cuaca dingin. Vitamin C juga dapat mengurangi durasi dan tingkat keparahan dari pilek.

6. Tomat

Tomat merupakan makanan yang baik dikonsumsi ketika seseorang sedang mengalami sakit. Didalamnya ada konsentrasi vitamin C yang tinggi didalam tomat. Toman yang berukuran sedang diketahui memiliki lebih dari 16 mg. vitamin C.

7. Telur

Bahan makanan yang satu ini diketahui dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Sebab sal;ah satu kandungan yang ada didalamnya adlaah vitamin E, dimana vitamin E ini memiliki peran penting dalam mengatur dan memperkuat imunitas.

Selain berusaha meningkatkan imunitas tubuh dengan cara meningkatkan konsumsi makanan yang bersifat protektif, menjaga asupan air putih yang cukup juga sangat penting agar tubuh tetap terhidrasi. Dengan demikian upayakan untuk minum minimal delapan gelas perhari untuk menjaga hidrasi tubuh.

This Post Has One Comment

Leave a Reply