Qurban, Dekat Dengan Allah Dekat Dengan Sesama

Qurban, Dekat Dengan Allah Dekat Dengan Sesama

Bila kita memiliki rasa cinta terhadap sesuatu, sudah menjadi sesuatu hal yang lazim harus ada sesuatu yang kita korbankan. Makin besar kedekatan, semakin besar juga pengorbanan yang harus diberikan. Sebab itu, jika kita ingin lebih dekat dengan yang dicintai, maka pengorbanan kita harus lebih besar.

Begitu juga dengan rasa cinta kita kepada Allah swt, bila kita ingin mendekatkan diri kepada-Nya, Maka ada hal yang harus kita korbankan. Adapun salah satu cara mendekatkan diri kepada Allah yakni dengan cara menyembelih hewan qurban di hari raya Idul Adha. hal itu dikarenakan pada hakikatnya tujuan dari pelaksanaan ibadah qurban yaitu untuk mendekatkan diri kepada Allah swt.

Sebagai ibadah yang sangat dicintai oleh Allah swt. dihari raya Idul Adha, salah satu hikmah dari pelaksanaan Ibadah kurban ialah tercapainya kebersamaan, baik itu dengan keluarga maupun orang-orang disekitar kita termasuk yatim dan dhuafa’.

Ibadah kurban merupakan ibadah yang hanya dilaksanakan setahun sekali, artinya seorang muslim hanya memiliki kesempatan untuk melaksanakannya setahun sekali, sehingga dianjurkan untuk bisa memanfaatkan moment ini dengan sebaik-baiknya. Pelaksanaan Ibadah Qurban setidaknya memiliki tiga hikmah bagi  yang mengerjakannya, berikut adalah hikmah qurban bagi yang melaksankannya.

1. Melambangkan Ketaqwaan

Selain shalat, zakat dan puasa, ibadah kurban juga memiliki nilai yang sama dalam upaya menunjukan ketaatan serta ketaqwaan kepada Allah swt.

Dalam melaksanakan Ibadah Qurban, seorang pekurban harus dengan rela berjuang melawan egoisme dan nafsunya dalam menyisihkan sebagian harta yang dimilikinya untuk menunaikan ibadah qurban satu tahun sekali.

Qurban juga merupakan salah satu moment untuk berlomba-lomba dalam kebaikan, sebab pada pelaksanaan Ibadah Qurban ada anjuran untuk menyembelih hewan yang gemuk dan harganya paling mahal. Hal tersebut merupakan kesempatan bagi seorang pekurban untuk memberikan Qurban terbaiknya.

2. Wujud Rasa Syukur

Segala sesuatu yang kita miliki tidak ada yang kekal abadi, mulai dari kehdiupan apalagi harta benda. Semuanya bersifat sementara dan juga hanya titipan dari Allah, artinya ada saatnya semua itu berakhir dan bahkan bisa kapan saja Allah ambil dari tangan kita. Bersykur atas segala nikmat yang di berikan oleh Allah swt. meruapakan cara terbaik yang bisa membuat hidup kita menjadi lebih bermakna.

Adapun salah satu cara bersyukur yang dicintai oleh Allah adalah dengan menunaikan ibadah qurban pada hari raya Idul Adha. Percayalah pada sebuah prinsip yang sudah seharusnya kita pegang bahwa berbagi atau mengeluarkan sesuatu hal untuk ibadah tidak akan mengurangi harta yang kita miliki, bahkan dengan berbagi akan menajdi salah satu sebab bertambahnya sesuatu yang kita miliiki, baik keberkahannya maupun jumlahnya secara fisik.

3. Berempati Dengan Membantu Sesama

Makan dengan menu daging bagi sebagian orang merupakan sesuatu yang langka dalam kehidupan sehari-harinya. Dengan demikian, bagi sebagian orang menu daging di rumah bisa jadi sebuah kemewahan. Salah satu dari tujuan penyembelihan hewan qurban ialah untuk membantu dengan sesama khususnya mereka yang membutuhkan (kaum dhuafa’).

Dalam pembagian hewan kurban, ada sepertiga bagian yang dianjurkan untuk dibagikan kepada kaum dhuafa. Sehingga harapannya dengan pelaksanaan ibadah qurban ini, menjadi salah satu penyebab terciptanya kebersamaan dengan sesame tanpa ada jarak antara kaum dhuafa’ dan para aghnia.

Melihat dari ketiga hikmah diatas, Pelaksanan ibadah qurban memiliki dua benefit yang sangat berharga yakni, dekat dengan Allah swt, dan juga dekat dengan sesama. Semoga kita semua bisa menunaikan kurban tahun ini sehingga bisa berbagi dengan sesama.

Yuk Dekatkan diri kepada Allah dengan menunaikan kurban tahun ini, Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur siap memfasilitasi sahabat untuk menunaikan kurban terbaiknya. Selama masih ada rezeki dan kesempatan segera daftarkan diri menjadi pekurban.

kami doakan semoga sahabat diberi kesehatan dan kelancaran dalam segala urusannya sehingga bisa menunaikan kurban terbaiknya bersama kami di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur.

Leave a Reply