Pentingnya Regenerasi Para Petani Di Indonesia

Pentingnya Regenerasi Para Petani Di Indonesia

Pertanian adalah sektor yang paling vital dalam kehidupan sebuah bangsa. Sebab berbicara soal pertanian berarti berbicara tentang kelangsungan hidupa manusia, dimana keberlangsungan hidup manusia didukung oleh tiga hal yang sangat penting yaitu sandang, papan dan pangan. Kebutuhan primer manusia seutuhnya hanya dapat dipenuhi oleh sektor pertanian. Misal makan, minum, pakaian dan lain sebagainya.

Pertanian adalah salah satu sektor yang paling berpengaruh dalam kehidupan, karena jika pertanian ini lumpuh bahkan tidak ada lagi maka besar kemungkinan kehidupan itu sendiri akan punah. Sebab itu menjadi seorang petani merupakan sebuah kehormatan dan kemuliaan karena akan mempertaruhkan kehidupan orang banyak.

Indonesia sebagai tanah surga yang memiliki kesuburan tanah yang luar biasa merupakan negara yang memiliki keunggulan dalam sektor pertanian. tanaman apapun yang ditanam disini pasti akan tumbuh, sehingga ada istilah dalam sebuah syair lagu “ tongkat, kayu dan batu jadi tanaman”. Dengan kesuburan yang dimiliki oleh Indonesia hal itu menjadikan kebanyakan masyarakatnya bermata pencaharian sebagai petani.

Akan tetapi, seiring dengan perkembangan dan kemajuan zaman, terjadi penyusutan yang signifikan dari jumlah petani. Hal itu disebabkan kurangnya regenerasi dalam sektor pertanian hari ini. pemuda-pemuda desa yang seharusnya menjadi penerus dari orang tua mereka kini lebih memilih merantau dan mengadu nasib di perkotaan yang dinilai lebih realistis dibanding dengan harus bertani didesanya.

Selain itu ada pemikiran yang berkeliaran dan menyerang para pemuda hari ini bahwa menjadi seorang petani bukanlah pekerjaan yang mulia dan wah, melainkan pekerjaan yang biasa-biasa saja dan tidak memiliki nilai keuntungan serta prospek yang baik. Sehingga para pemuda lebih memilih terjun kedalam sektor Industri yang dianggap lebih realistis olehnya.

Melihat kondisi yang terjadi saat ini dimana jumlah petani mengalami penyusutan secara signifikan yang menyebabkan kurangnya produksi pangan dan kebutuhan-kebutan hidup lainnya yang dihasilkan dari sektor pertanian. hal ini tidak berbanding lurus dengan pertambahan jumlah penduduk yang cukup siginifikan dari tahun ketahunnya.

Menurut data yang ada rata-rata Indonesia mengalami pertambahan jumlah penduduk sebesar 2-3 juta per tahunnya. Artinya aka nada penambahan jumlah kebutuhan dari tahun ke tahunnya. Dan yang terjadi hari ini adalah berkurangnya jumlah petani sehingga negara ini tidak dapat memenuhi kebutuhan pangannya sendiri. sehingga ada ancaman bahwa negeri ini akan mengalami krisis pangan.

Selain jumlah petani yang mengalami penyusutan, pembangunan-pembangunan yang terjadi saat inipun seolah-olah meluipakan sektor pertanian. banyak sekali lahan pertanian yang hari ini ditanami oleh semen dan batu menjadi objek wisata, pusat perbelanjaan, real estate, serta pabrik-pabrik yang sedikit demi sedikit mengurangi lahan pertanian.

Upaya regenerasi petani

Permasalahan-permasalah dalam sektor pertanian bukanlah sesuatu yang bisa kita anggap sepele, melainkan hal ini merupakan sebuah perkara yang besar dan berpengaruh terhadap kehidupan orang banyak dinegeri ini. Salah satu yang menjadi masalah besar dalam sektor pertanian adalah terhentinya regenerasi petani yang disebabkan oleh beberapa faktor. untuk mengantisipasi hal tersebut perlu adanya perhatian besar dalam hal regenerasi petani ini.

Berbicara tentang regenerasi petani, hal itu merupakan tugas dan tanggung jawab moral bersama. Namun perlu disadari bersama bahwa adalah satu kekutan yang diharapkan lebih bisa dan memiliki kekutan dalam hal ini, yaitu pemerintah bersama stake holder  yang lainnya. diharapkan pemerintah dapat memberikan kebijakan yang bisa meningkatkan produktivitas dalam sektor pertanian ini.

Dalam upaya mewujudkan regenerasi petani, ide dan semboyan saja tidak cukup. Melainkan diperlukan terobosan nyata melalui kebijakan holistik dari pemerintah. Misalkan dengan diadakannya para penyuluh pertanian yang memiliki ilmu dan pengetahuan yang luas dalam hal ini, selain itu penyuluh ini juga diperhatikan kesejahteraannya sehingga memiliki kompetensi dan gairah yang tinggi untuk melakukan pembinaan kepada para pemuda dalam rangka menumbuhkan semangat dan kepercayaan diri untuk menjadi petani.

Selain itu, pemerintah juga perlu mengevaluasi dan membenahi pendidikan pertanian baik dari tingkat SMK maupun sampai perguruan tinggi. pemerintah juga disarankan untuk mempertibangkan diri untuk mendorong kurikulum sistem pendidikan nasional supaya memasukan dan memperkenalkan sektor pertanian mulai dari pendidikan tingkat dasar samapi perguruan tinggi. dengan itu diharapkan anak-anak menyadari sejak dini bahwa keberlangsungan hidup bangsa ini sangat tergantung pada sektor pertanian.

Pemerintah juga perlu melakukan kerja sama dengan lembaga-lembaga swasta serta keuangan yang bisa menggerakan usaha-usaha tani dam usaha-usaha pengelolaan hasil tani. Hal itu diharapkan para pemuda terutama para sarjana pertanian ataupun sarjana dalam ilmu lainnya menjadi tertarik kembali untuk memajukan sektor pertanian yang hari ini membutuhkan tenaga-tenaga segar para pemuda.

Permintaan terhadap hasil tani cukup besar

Peningkatan jumlah penduduk yang terjadi saat ini akan berdampak pada peningkatan jumlah kebutuhan pangan, sehingga permintaan pasar terhadap kebutuhan panganpun akan menjadi besar. hal ini merupakan kesempatan yang besar bagi para petani untuk memasarkan semua hasil taninya. Permintaan pasar yang tinggi juga merupakan sebuah motivasi bagi petani untuk selalu meningkatkan kualitas pertaniannya sehingga nantinya hasil tani menjadi melimpah dan berkualitas baik.

Selain itu, sifat kebutuhan terhadap pangan merupakan kebutuhan yang abadi, sehingga hasil tani tidak diiperlukan dalam tempo tertentu saja. Hal ini menjadikan sektor pertanian lebih memiliki prospek yang baik bagi para petani muda dimasa yang akan datang karena kebutuhan manusia tidak akan pernah usai dan akan cenderung bertambah dari waktu kewaktunya.

Penemuan-penemuan baru dalam ilmu pertanian yang dapat memudahkan proses pertanian menjadikan sektor pertanian lebih menarik untuk digeluti lagi. Penemuan-penemuan iniselain memudahkan proses pertanian juga meringankan beban biaya yang harus dikeluarkan oleh para petani. Menjadi seorang petani pada intinya merupakan pekerjaan yang ringan dan memiliki prospek yang baik ke depan, sebab itu bagi para pemuda menjadi petani harus menjadi cita-cita dalam hidupnya.

Leave a Reply