✉ rpkmandiri@gmail.com | 📞 021-86905367
Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak

Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak

Orang tua merupakan pusat pendidikan pertama bagi seorang anak. Adapun pendidikan dalam keluarga sangatlah strategis bagi pendidikan karakter, budi pekerti, serta kecerdasan bagi seorang anak. Selain itu pendidikan dalam keluarga juga merupakan pendidikan yang sangat penting bagi seorang anak sebelum terjun keruang lingkup yang lebih luas yaitu masyarakat.

pentongnya peran orang tua dalam pendidikan anak

Orang tua sebagai pendidik pertama dan utama  akan menjadi contoh bagi anak, sebab seorang anak biasanya ia akan selalu meniru apa yang dilakukan oleh ornag tuanya. Dengan itu orang tua harus senantiasa memberikan contoh keteladanan serta kebiasaan sehari-hari yang baik sehingga anaknya bisa mencontoh atau meniru hal tersebut.

Sebaiknya dalam memberikan keteladan dan kebiasaan sehari-hari yang baik bagi anak, orang tua melakukan hal itu sejak anak masih kecil, sebab hal ini sangat berpengaruh bagi pertumbuhan jiwa seorang anak. dimana seorang anak yang dididik dengan keteladanan dan kebiasaan baik ia akan tumbuh menjadi seorang yang baik dan siap terjun dalam lingkungan masyarakat.

Dalam proses pendidikan formal pun orang tua sebaiknya memperhatikan pendidikan anaknya, sebab kesuksesan dari pendidikan yang dilakukan dalam ruang lingkup sekolah akan tercapai jika ada peran orang tua yang maksimal didalamnya. Peran orang tua disini bisa saja membantu anaknya belajar dirumah, memberikan dorongan motivasi, serta bertanggung jawab  atas kesejahteraannya anaknya baik secara moril maupun materil.

Selain pendidikan formal orang tua juga harus melakukan pengajaran tentang adab dan norma-norma agama pada anaknya sejak dini. Dimana pengajaran itu bisa langsung dilakukan oleh orang tua secara langsung ataupun dengan cara menitipkan anaknya ke sekolah-sekolah agama seperti Tpa, Rumah quran, dan lain sebagainya. Hal demikian diharapkan akan membentuk seorang anak yang setiap tindakannya selalu didasarkan pada nila dan norma-norma agama.

Pendidikan merupakan sesuatu yang penting, begitupun peran orang tua didalamnya tentunya sangat penting juga. Sebab pendidikan ini merupakan modal utama yang harus dimiliki oleh setiap individu supaya bisa tetap bertahan dalam menghadapi perkembangan zaman. Dengan pendidikan yang baik serta berkualitas banyak orang yang mencapai kesuksesan setelah dewasa dan memiliki peran baik didalam lingkungan sosial kemasyarakatan.

Keterlibatan orang tua dalam pendidikan seorang anak telah terbukti dapat memberikan dampak positif bagi anak dan lembaga pendidikannya. Dengan berperannya orang tua didalam pendidikan anaknya, hubungan pihak lembaga pendidikan dengan orang tuapun akan berjalan dengan baik serta perkembangan anakpun dapat terkontrol dengan baik.

Hindari Kesalahan Dalam Mendidik Anak

Setiap orang tua pasti memiliki keinginan untuk melihat anaknya bahagia, sehingga apapun yang diinginkan anaknya bisa saja ia penuhi, akan tetapi hal demikian bukanlah cara yang tepat dalam mendidik seorang anak. Dalam hal ini orang tua bisa saja memenuhi segala kebutuhan dan keinginan anaknya secara memuaskan akan tetapi aspek pendidikan juga harus dipenuhi.

Kenyataan hari ini adalah kebanyakan orang tua yang memanjakan anaknya dengan memberikan fasilitas-fasilitas yang belum seharusnya diberikan kepada seorang anak. seperti halnya anak yang baru berusia belasan tahun sudah diberikan fasilitas motor oleh orang tuanya, tanpa diberitahukan aturan-aturan atau norma ketika mengendarai kendaraan bermotor. Ataupun karena sudah dianggap kebiasaan dan kebutuhan seorang anak yang berusia dini sudah diberikan fasilitas gadget oleh orang tuanya. 

Keadaan seperti itu kadang tidak disadari oleh kebanyakan orang tua, kadang juga orang tuanya tahu akan bahayanya hal itu akan tetapi keadaan yang memaksa orang tua harus melakukan hal tersebut. karena dengan dalih kasih sayang ataupun kasihan terhadap anaknya, orang tua selalu memenuhi kebutuhan dan keinginan anaknya. Sehingga dalam menerapkan norma-norma yang ada pun terkadang rasa kasihan selalu membentengi penerapan norma-norma tersebut.

dalam memenuhi setiap keinginan anaknya, sebaiknya orang tua memenuhi setiap keinginan anaknya yang menunjang dalam proses pembelajaran serta perkembangannya. Selain itu, orang tua juga harus lebih memperhatikan anaknya, melihat serta menggali semua potensi dan bakat yang ada pada anaknya, serta memotivasi anak untuk tetap semangat dalam proses dalam belajar. Sehingga kedepannya diharapkan munculah generasi yang memiliki moral, berbudi pekerti serta memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas.

Leave a Reply

Close Menu