pencemaran lingkungan adalah

Pencemaran Lingkungan: Pengertian, Jenis, dan Dampaknya Terhadap Kehidupan

Rpkpeduli.id – Pencemaran lingkungan adalah sebuah kondisi terkontaminasinya komponen fisik dan biologis dari sistem bumi dan atmosfer sehingga mengganggu keseimbangan ekosistem lingkungan.

Pencemaran lingkungan terjadi bila daur materi dalam lingkungan hidup mengalami perubahan sehingga keseimbangan dalam hal struktur maupun fungsinya terganggu.

Masalah pencemaran merupakan masalah yang populer dan perlu penanganan yang serius oleh semua pihak untuk menanggulangi akibat buruk yang terjadi karena pencemaran, bahkan sedapat mungkin menimilasir adanya pencemaran lingkungan sehingga bumi ini bisa tetap kita tinggali dengan aman dan nyaman.

Pengertian Pencemaran Lingkungan

pencemaran lingkungan adalah

Pencemaran lingkungan adalah peristiwa penyebaran bahan kimia dengan kadar tertentu yang dapat merubah keadaan dan keseimbangan pada daur materi, baik keadaan struktur maupun funngsinya sehingga mengganggu kesejahteraan manusia.

Berdasarkan Undang-Undang Pokok Pengolahan Lingkungan Hidup No. 32 Tahun 2009, pencemaran lingkungan hidup adalah masuk atau dimasuknya makhluk hidup, zat, Energi, dan komponen lain kedalam lingkungan hidup oleh kegiatan manusia sehingga melampaui baku mutu lingkungan hidup manusia yang telah ditetapkan.

Kemudian, pencemaran lingkungan juga dapat definisikan sebagai perubahan faktor abiotik akibat kegiatan yang melebihi ambang batas toleransi ekosistem biotik. Ada dua jenis bahan yang dapat diketahui dalam pencemaran:

Pertama, Degradable. Degradable adalah polutan yang dapat diuraikan kembali atau dapat diturunkan sifat bahaya kandungan kimianya ke tingkat yang dapat diterima oleh proses alam, contohnya adalah kotoran manusia atau lewan dan limbah tumbuhan.

Kedua, Non-Degradable yaitu polutan yang tidak dapat diuraikan oleh kemampuan proses alam itu sendiri, contohnya adalah merkuri, timah hitam, arsenik dan lain-lain.

Jenis-Jenis Pencemaran Lingkungan

Pencemaran lingkungan dibagi ke dalam beberapa jenis berdasarkan area yang terdampak oleh pencemaran tersebut seperti udara, tanah, air hingga suara. Secara rinci, berikut adalah penjelasna mengani jenis-jenis pencemaran ligkungan.

1. Pencemaran Udara

Pencemaran udara ditandai dengan adanya peningkatan jumlah gas atau zat berbaha yang terekspos ke udara. Zat yang umumnya mencemari udara antara lain gas karbon monoksida, nitrogen, ataupun sulfur dioksida secara berlebihan.

Adanya kandungan gas-gas tersebut secara berlebihan kemudian berdampak pada kualitas udara yang semakin buruk sehingga udara menjadi tidak layak dihirup oleh makhluk hidup.

Banyaknya kandungan gas yang berlebihan tersebut pada umumnya diakibatkan oleh emisi kendaraan bermotor dan aktivitas industri yang banyak menghasilkan limbah asap.

Selain itu, pencemaran udara juga dapat diakibatkan oleh tumpukan sampah serta pengelolaan sampah yang kurang bijak. Tumpukan sampah sendiri pada umumnya akan menghasilkan uap sehingga menghasilkan bau yang menyengat dan tak mengenakan.

Di samping itu, tata cara pengelolaan sampah yang kurang bijak seperti membakar sampah juga turut memberikan dampak terhadap pencemaran udara. Di mana pembakaran sampah akan menimbulkan zat kimia yang dapat melekat pada area sekitar pembakaran yang kemudian apabila terhirup oleh manusia dapat mengakibatkan penyakit kronis dan efek lainnya.

2. Pencemaran Tanah

Pencemaran tanah terjadi karena adanya zat-zat polutan yang masuk ke dalam lapisan tanah sehingga kualitas tanah menurun. Zat polutan yang umumnya mencemari tanah berasal dari tumpahan minyak, kebocoran limbah yang berbentuk cair, pestisida yang digunakan secara berlebihan, cairan dari timbunan sampah dan beberapa zat lainnya.

Dampak pencemaran tanah sendiri ialah menjadikan tanah terkontaminasi sehingga kesuburan tanah pun menurun secara drastis. Pencemaran tanah terjadi oleh limbah anorganik yang tidak dibuang dengan tepat dan limbah plastik menjadi jenis limbah yang berkontribusi besar dalam pencemaran tanah.

3. Pencemaran Air

Pencemaran air terjadi karena adanya zat-zat polutan yang masuk ke dalam air seperti insektisida, kotoran, limbah, pupuk, dan sampah. Air yang tercemar akan mengalami perubahan dari air jerni pada umumnya seperti berbau, keruh, dan berwarna sehingga tidak layak untuk dikonsumsi.

Pencemaran air biasanya terjadi di area sungai, danau, dan bahan air lainnya terutama yang berlokasi di daerah perkotaan dan industri. Hingga saat ini, limbah mulai dari limbah rumah tangga hingga industri yang tidak dikelola dengan baik menjadi sumber yang dominan pencemaran air.

Berbagai bahan kimia yang dihasilkan dari limbah tersebut seperti karbon dioksida, merkuri dan timbal bersifat racun sehingga harus diwaspadai. Tidak hanya menjadi keruh, air yang terkontaminasi oleh bahan kimia ini juga dapat beruabah warna secara kontras menjadi warna-warna yang tidak natural.

4. Pencemaran Suara

Pencemaran suara disebabkan oleh suara bising secara terus-menerus yang bersumber dari suara mesin industri dan kendaraan bermotor. Tidak seperti ketiga jenis pencemaran di atas, pencemaran suara tidak terlalu mendapat perhatian dibandingkan dengan yang lainnya.

Suatu lingkungan dapat disebutkan mengalami pencemaran suara jika ada suara atau bunyi yang tingkat kebisingannya melebihi ambang batas yang dapat ditoleransi oleh telinga manusia.

Dampak Pencemaran Lingkungan Bagi Kehidupan

Pencemaran lingkungan memiliki pengaruh atau dampak terhadap manusia dan makhluk hidup lainnya. Berikut adalah beberapa dampak pencemaran lingkungan yang dapat terjadi dalam berbagai aspek kehidupan.

1. Pemekatan hayati

2. Keracunan dan penyakit

3. Punahnya species

4. Peledakan hama

5. Terganggunya keseimbangan lingkungan

6. Berkurangnya kualitas dan kesuburan tanah

7. Memicu terjadinya hujan asam yang berdampak besar bagi lingkungan

8. Menipisnya lapisan ozon bumi

9. Terjadinya efek rumah kaca

Demikianlah artikel pembahasan mengenai pencemaran lingkungan yang mulai dari pengertian hingga dampaknya terhadap lingkungan hidup itu sendiri. Ditinjau dari penyebabnya, pencemaran lingkungan banyak terjadi dikarenakan berbagai kegiatan manusia.

Berdasarkan hal itu, penting untuk mengetahui berbagai cara mengatasi dan mengurangi pencemaran lingkungan dalam artikel cara mengatasi pencemaran lingkungan berikut ini.

Referensi:

Jenis dan Tingkatan Pencemaran yang Merusakan Lingkungan. Diakses dari: https://dlh.semarangkota.go.id/.

Pencemaran Lingkungan, Faktor Penyebab, Jenis, dan Tingkat Pencemaran. Diakses dari: https://www.kompas.com/skola/.

Pencemaran Lingkungan. Diakses dari: https://www.gramedia.com/.

Pencemaran Lingkungan, Jenis dan Penyebab Terjadinya. Diakses dari: https://www.detik.com/.

Membakar Sampah Sembarangan Menyebabkan Polusi Udara, Beginilah Dampaknya. Diakses dari: https://kumparan.com/.

Jenis-Jenis Pencemaran Lingkungan dan Macam-Macam Pencemaran. Diakses dari https://www.cleanipedia.com/.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *