Menyesal Bukan Karena Kurang Kaya, Melainkan Kurang Sedekah

Menyesal Bukan Karena Kurang Kaya, Melainkan Kurang Sedekah

Sahabat, kehidupan di dunia ini sifatnya hanyalah sementara, suatu saat nanti entah kapan, kita pasti akan kembali kepada-Nya. Untuk itu kita dianjurkan untuk mengisi kehidupan yang sementara ini dengan amal-amal shaleh, salah satunya sedekah. Sedekah merupakan pahalanya akan mengalir terus walaupun orangnya telah tiada. Akan tetapi banyak orang-orang yang menunda-nunda untuk bersedekah dan sehingga hingga waktu kematian tiba, ia menyadari bahwa sedekah sangatlah penting.

Di hari kemudian akan banyak orang yang menyesal, Bukan karena kurang harta atau kurang kaya, melainkan karena kurang bersedekah. Untuk itu marilah kita manfaatkan sisa-sisa umur dalam kehidupan kita untuk memperbanyak sedekah.

Dalam Hal ini Allah swt. berfirman dalam Quran Surat Al-munafiqun ayat 10 sebagai berikut.

Dan nafkahkanlah harta yang direzekikan oleh Allah kepada kalian sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kalian, lalu ia berkata kepada Rabbnya, “Wahai Rabbku, kenapa Engkau tidak menunda kematianku sebentar saja, sehingga aku bisa menyedekahkan hartaku di jalan Allah dan aku menjadi bagian dari hamba-hamba Allah yang saleh, yang amal perbuatan mereka baik.”

Pada ayat tersebut, banyak orang yang meninggal dan memohon untuk diberikan waktu sebentar saja untuk bersedekah, kenapa tidak memohon untuk shalat, puasa atau umroh? Seorang ulama berkata, “Tidaklah seorang yang telah mati itu menyebut untuk bersedekah melainkan karena kehebatan pahala yang telah dilihat selepas kematiannya”.

Sahabat, shalat, puasa dan haji merupakan ibadah yang paling mulia dan pahalanya sangatlah besar. Namun pahalanya tersebut hanya diberikan oleh Allah saat itu saja, ketika ia masih hidup. Berbeda dengan sedekah, sedekah merupakan salah satu amal jariah yang pahalanya akan terus mengalir meskipun ia sudah tiada.

Maka hendaklah kita memperbanyak sedekah karena sesunggunya seorang mukmin akan berada di bawah teduh pahala sedekahnya pada hari kiamat kelak. Jangan sampai kita termasuk kedalam golongan orang yang menyesal dikemudian hari. Manfaatkanlah sisa umur kita untuk menunaikan amal shaleh yang satu ini sebanyak-banyaknya.

Kemudian bersedekahlah untuk saudara-saudara kita yang telah meninggal dunia, karena sesungguhnya mereka sangat berharap untuk dikembalikan kedunia untuk bersedekah dan melakukan amal shaleh. Sebab itu, realisasikan harapan mereka dengan bersedekah atas nama mereka.

Ajari juga keturunan-keturunan kita untuk selalu menunaikan sedekah, sehingga kedepannya sedekah ini menjadi bagian dari gaya hidup yang tidak dapat dipisahkan darinya.

Keutamaan Bersedekah

“Sedekah” merupakan amal shaleh yang pahalanya dilipatgandakan oleh Allah swt sampai 700 kali lipat, berikut adalah “keutamaan bersedekah” berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits :

Sedekah Dapat Menghapus Dosa

Manusia merupakan makhluk yang tidak pernah luput dari kesalahan dan dosa, dengan demikian manusia tidak akan pernah bisa terhindar dari dosa baik itu yang disengaja ataupun tidak sengaja. Nah ketidaksempurnaan tersebut bisa diimbangi dengan bersedekah. Sebab, dalam sebuah hadits dikatakan sedekah dapat menghapuskan sedikit demi sedikit dosa yang telah diperbuat.

Sedekah Bisa Dilakukan Tanpa Harta

Selain dengan harta, sedekah juga bisa dilakukan dengan cara lain seperti dengan senyum kepada suadara-saudara kita, menyingkirkan sesuatu yang menghalangi jalan, menolong orang lain, membuang sampah pada tempatnya serta amalan-amalan lainnya yang bisa dikerjakan.

Sedekah Sebagai Bukti Keimanan

sebagai amalan yang paling mulia, sedekah menjadi salah satu bukti keimanan seseorang terhadap Rabbnya. Seorang hamba yang menunaikan sedekah artinya ia yakin akan firman Allah swt. Dia yakin dengan janji-janji Allah atas keutamaan dan balasan pahala yang berlimpah terhadap orang yang menunaikannya. Dalam hal ini rasulullah saw. bersabda :

Dan sedekah adalah bukti.” (HR. Muslim)

Setelah sahabat semua mengetahui penyesalan orang-orang yang menunda-nunda untuk bersedekah beserta keutamaan-keutamaan dari bersedekah, bagaimana jika dimulai hari ini saja untuk bersedekah?

Raih keutamaan dan keberkahan bersedekah dengan menunaikannya di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur. Insyaallah sedekah sahabat akan disalurkan untuk pemberdayaan anak yatim dan dhuafa binaan yayasan.

Kami do’akan semoga sahabat semua diberi kesehatan yang paripurna, kelancaran dalam usaha serta pekerjaannya sehingga bisa bersedekah bersama kami. Untuk informasi lengkap, hubungi kami.

Leave a Reply