Menjalankan Puasa Sunnah, Ini Tips Diet Ketika Berpuasa

Menjalankan Puasa Sunnah, Ini Tips Diet Ketika Berpuasa

Dalam islam, selain puasa wajib ada juga puasa sunnah yang bisa dijalankan oleh seorang muslim kapanpun selama tidak ada sebab yang mengharamkannya, salah puasa sunnah yang bisa atau sering dijalankan adalah puasa senin dan kamis serta puasa pertengahan bulan.

Puasa selain bernilai ibadah, juga bisa dijadikan sebagai moment untuk berdiet atau menurunkan berat badan, sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan lebih ideal. Sayangnya tidak semua orang menjalankan diet yang tepat saat berpuasa.

Tidak makan dan minum seharian karena berpuasa bukan berarti kita sedang melakukan diet, bisa jadi lemak tubuh yang diharapkan turun malah sebaliknya, yakni naik dengan tajam. Nah, biar diet kita tidak sia-sia, ikuti beberapa tips diet yang tepat saat berpuasa berikut ini.

Kurangi Makanan dan Minuman Manis

Tidak bisa dipungkiri bahwasannya makanan dan minuman yang manis merupakan salah satu kebutuhan tubuh kita. Ya, makanan dan minuman yang manis memiliki kandungan gula yang sangat diperlukan uintuk membangun energy dalam tubuh kita, terlebih ketika berpuasa banyak energy kita yang terkuras.

Namun, sebaiknya kita membatasi makanan dan minuman manis sesuai dengan kebutuhan tubuh kita saja, sebab konsumsi makanan manis dalam jumlah banyak atau berlebihan dapat memicu penumpukan lemak dalam tubuh kita.

Untuk hasil diet yang maksimal, sahabat bisa mengonsumsi makanan atau minuman manis yang alami seperti kurma, air kelapa muda, serta buah-buahan yang memiliki rasa manis.

Jangan Makan Berlebihan saat Berbuka

Salah satu yang ditunggu-tunggu orang yang berpuasa ialah berbuka puasa, namun kebanyakan orang sering jadi kalap ketika berbuka puasa, ia makan sebanyak mungkin sebagai ajang “balas dendam” karena seharian tidak makan dan minum. Es buah, gorengan, nasi, sayur, ayam goreng dan lain-lain semuanya masuk ke dalam mulut ketika berbuka.

Berpuasa memang bikin lapar, tapi kita juga harus dapat mengontrol diri ketika berbuka. Makanlah secukupnya dan jangan berlebihan. Selain tidak baik untuk kesehatan, makan berlebihan juga bisa mengganggung prosesi ibadahmu.

Menurut ilmu kesehatan, makan berlebihan akan membuat kolesterol meningkat, sehingga memungkinkan seseorang untuk lenih cepat gemuk. Agar diet kita berjalan sesuai harapan, tips ini sangat penting untuk dilakukan, Lebih baik makan takjil secukupnya ketika berbuka puasa, dan baru makan berat setelah shalat magrib atau shalat isya.

Kurangi Makan Gorengan

Gorengan merupakan salah satu menu wajib saat berbuka puasa, hal itu dikarenakan gorengan sangat enak untuk dimakan terlebih dalam keadaan hangat. Namun, kita harus bisa mengontrol diri untuk mengurangi konsumsi gorengan.

Gorengan mengandung lemak jenuh berlebih yang bisa bikin tubuhmu makin gemuk karena penuh dengan kolesterol jahat, apalagi yang digoreng menggunakan minyak jelantah (bekas). Jadi, yuk kurangi jajan bakwan, risoles, tahu, dan tempe goreng mulai sekarang.

Minum Banyak Air

Air merupakan salah satu kebutuhan tubuh yang sangat penting, jadi pastikan kebutuhan cairanmu terpenuhi saat berpuasa. Caranya dengan memperbanyak minum ketika sahur maupun ketika berbuka puasa. Selain itu, minum banyak air juga merupakan salah satu cara efektif yang bisa membantu menurunkan berat badan.

Jangan Lupa Olahraga

Berpuasa sunnah dengan rajin akan menjadi diet yang sukses ketika dibarengi dengan memperbanyak aktivitas olahraga. Olahrga merupakan akjtivitas yang akan membantu memaksimalkan pembakaran lemak dalam tubuh, sehingga tubuh kita menjadi lebih sehat. Adapun salah satu olahraga yang paling mudah dilakuakn adalah jalan kaki atau jogging di pagi hari.

Leave a Reply