✉ rpkmandiri@gmail.com | 📞 021-86905367
Memiliki Beban Pikiran, Coba curahkan Lewat Tulisan

Memiliki Beban Pikiran, Coba curahkan Lewat Tulisan

Setiap orang mempunyai jalan kehidupannya masing-masing yang berbeda. Ada yang hidupnya seakan berjalan lurus, dan ada juga pula yang hidupnya berliku-liku, ada yang bisa menghadapinya dan adapula yang tidak bisa menghadapinya sama sekali. lika-liku kehidupan yang menimpa diri kita terkadang menjadi beban dalam kehidupan sehingga kadang ada orang yang meluapkan beban itu dengan cara marah-marah, menangis dan lain sebagainya.

Namun selain kita meluapkan beban-beban pikiran kita dengan cara marah ataupun menangis, ada sebuah cara unik lainnya yang dapat digunakan untuk meluapkan beban-beban pikiran kita yaitu dengan cara menuangkannya kedalam sebuah tulisan. Dengan menuliskan semua beban-beban pikiran yang kita pikul maka dengan sendirinya beban-beban itu akan mencair sehingga hati an pikiran nantinya menjadi lebih lega.

Menulis adalah ungkapan gagasan yang estetis dan bermakna, dimana setiap kata yang dituliskan dapat memiliki makna sesuai dengan isi hati si penulis. Aktivitas menulis bisa dijadikan sebagai sarana untuk mencurahkan apa yang menjadi beban hati dan beban pikiran. Mencurahkan isi hati atau pikiran yang sedang dialami ke dalam tulisan lebih baik dibanding meluapkannya dengan cara yang lain seperti marah-marah ataupun cara-cara yang dapat merugikan diri sendiri ataupun orang lain.

Mencurahkan apa yang menjadi beban pikiran ke dalam tulisan juga merupakan aktivitas yang unik dan bermanfaat. sebab apa yang kita tuliskan itu bisa saja suatu saat ini bisa dijadikan sebuah karya yang bagus dimasa yang akan datang. Jadi mulai saat ini jika kebingungan atau stres melanda diri kita, tuliskanlah hal tersebut, selain dapat mencairkan pikiran juga dapat dijadikan sebagai rekaman sejarah dalam hidup kita.

Selain membuat hati dan pikiran kita menjadi lega, kegiatan mencurahkan beban pikiran kedalam tulisan juga dapat mengurangi resiko dari emosi yang meledak-ledak dan juga mengurangi resiko myang dapat merugikan orang lain yang berada disekitar kita. kita juga akan lebih dewasa lagi dalam menghadapi segala bentuk masalah yang menghinggapi kita, sebesar apapun masalah itu kita akan tetap tenang dalam menghadapi dan menyelesaikannya.

Menjadikan diri lebih produktif

Kegiatan menulis merupakan kegiatan yang produktif dan dapat mengasah pikiran kita untuk mengeluarkan kata-kata yang sulit untuk dikeluarkan. Meskipun awalnya canggung dan struktur tulisannya kurang rapi, lama kelamaan kita akan terbiasa dan bisa menulis dengan Bahasa yang mengalir dan dapat dimengerti oleh orang lain.

Setiap apa yang kita tuliskan nantinya kan menjadi rekam jejak kehidupan kita dimana nantinya akan menjadi hal yang mengesankan bahkan unik ketika dibaca dikemudian hari. Selain itu rekam jejak kehidupan yang kita tuliskan tadi bisa dicetak menjadi sebuah karya yang bisa dinikmati oleh banyak orang dan tentunya bisa dijadikan motivasi dan inspirasi juga dalam kehidupan orang lain yang membacanya.

selain itu karya yang telah kita ciptakan tadi akan menuntut kita untuk menciptakan karya baru yang lebih unik dan menarik lagi. Artinya ketika kita telah menghasilkan sebuah karya maka kita kan ketagiahan untuk menghasilkan sebuah karya lagi. Dan ketika kita ingin terus berkarya, kita tidak akan pernah berhenti untuk senantiasa belajar agar karya yang dihasilkan adalah karya yang bukan hanya sekedar karya, melainkan ia adalah karya yang penuh makna dan manfaat dalam kehidupan.

Pada hakikatnya setiap hal yang kita alami bisa dipetik hikmah dan pembelajarannya. Begitupun dengan ujian atau beban hidup yang menimpa kita, pasti didalamnya terkandung banyak pelajaran yang sangat berarti dalam kehidupan. Ketika kita menuangkan apa yang menjadi beban dan masalah dalam hidup kita kedalam sebuah tulisan, maka sesungguhnya kita sedang menuliskan pelajaran-pelajaran berarti yang bisa dijadikan referensi dalam kehidupan sehari-hari.

Leave a Reply

Close Menu