Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Air Putih merupakan asupan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Selain karena sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air, Konsumsi air putih nyatanya sangat dibutukan oleh tubuh untuk memaksimalkan kinerja organ tubuh. Adapun kurang minum air putih bisa mengakibatkan seseorang mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh.

Adapun minuman jenis lain, misalnya soft drink merupakan minuman yang tergolong tinggi gula dan kalori sehingga jika dikonsumsi dapat menambah berat badan. Untuk itu kita harus memperhatikan minuman sejenis itu sebelum mengkonsumsinya agar kesehatan tetap terjaga.

Air putih merupakan air yang bebas dari kandungan kalori dan gula yang sewaktu-waktu dapat membahayakan kesehatan kita. kemudian air putih juga merupakan pilihan yang paling sehat diantara jenis minuman yang lainnya, hal itu dikarenakan dengan mengonsumsi air putih dapat menjaga tubuh tetap sehat, memiliki cairan yang cukup serta mengatasi rasa haus kapan saja. Selain itu, masih banyak manfaat air putih bagi kesehatan tubuh diantaranya :

Menyehatkan Tubuh

Setiap orang pasti memiliki kesibukan atau aktivitasnya masing-masing yang tentunya memerlukan energi dalam menjalankannya, saat beraktivitas tubuh mungkin akan kehilangan cairan dan hal itu bisa berbahaya jika berada dalam kondisi yang cukup parah. Mencukupi asupan air putih bisa membantu mengganti cairan tubuh sehingga terhindari dari dehidrasi yang bisa memicu berbagai penyatit yang cukup serius.

Adapun rutin minum air putih dan mencukupi asupan air minum pada tubuh yakni 8 gelas perhari atau setara dengan 2 liter dapat menyehatkan tubuh dan membantu melindunginya dari serangan berbagai penyakit.

Menjaga Berat Badan

Mengkonsumsi air putih yang cukup dapat menghindarkan kita dari makan berlebihan sehingga menjadikan berat badan kita tetap ideal. Selain itu air putih juga dapat memperlancar metabolisme dalam tubuh, dimana metabolisme yang lancar merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi seseorang yang sedang menjalankan program penurunan berat badan.

Selain cocok untuk program penurunan berat badan, sistem metabolisme yang lancar juga akan membantu tubuh lebih mudah dalam mengeluarkan racun-racan yang berada dalam tubuh. Air putih juga bebas dari gula dan kalori sehingga dengan mengkonsumsinya tidak akan membuat berat badan bertambah.

Menjaga Kesehatan Kulit

Sebanyak 60% jaringan tubuh terdiri dari air, termasuk dalam hal ini sel-sel kulit. Oleh karena itu, jika seseorang kurang minum asupan air putih, proses fisiologis akan terganggu, termasuk sel-sel kulit. Adapun kulit yang mengalami dehidrasi akan terlihat kering dan kusam.

Selanjutnya kesehatan dan kecantikan kulit akan terjaga saat tubuh mendapatkan asupan cairan yang cukup. Rutin mengkonsumsi air putih dapat membantu meningkatkan aliran darah di kulit sehingga menjadikan kulit lebih bersinar dan terlihat lebih muda.

Membantu Penyerapan Nutrisi

Selanjutnya manfaat air bagi tubuh ialah membantu proses penyerapan nutrisi. Dalam proses pemecahan makanan, air dapat membantu proses pemisahan vitamin, mineral, dan nutrisi lain dari makanan untuk kemudian dikirimkan ke seluruh bagian tubuh.

Meskipun terlihat sepele, meminum air putih sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh manusia. Untuk itu mari kita penuhi kebutuhan cairan dalam tubuh kita dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan cara mengkonsumsi air sebanyak 8 gelas atau setara dengan dua liter setiap hari. Semoga kesehatan kita tetap terjaga sehingga bias menjalankan aktivitas dengan baik dan maksimal.

Leave a Reply