‚úČ rpkmandiri@gmail.com | ūüďě 021-86905367
Lima Hal Yang Menguatkan Kepribadian Seseorang

Lima Hal Yang Menguatkan Kepribadian Seseorang

Kepribadian adalah sifat hakiki yang tercermin dalam sikap seseorang yang membedakan antar individu. Kepribadian ini adalah sesuatu yang dimiliki setiap orang dan sangat mustahil jika seseorang tidak memiliki kepribadian. Dalam hal ini, baik dan buruknya kepribadian yang di miliki oleh seseornag pastia akan diraskan oleh orang yang berada disekitarnya.

pribadi hebat

Kepribadian seseorang ada yang baik dan adapula yang buruk. Dimana seseorag yang memiliki kepribadian baik akan selalu mencerminkan perilaku yang baik, berakhlak, serta memiliki prinsip hidup yang selalu ia pegang dalam kehidupan sehari-harinya. Adapan kepribadaian buruk ialah kebalikan dari kepribadian  baik, ia tidak berperilaku baik, tidak berakhlak serta tidak memiliki prinsip dalam hidupnya.

Seseorang yang senantiasa menanamkan dalam dirinya, sikap pemberani, sabar, ikhlas maka ia akan terbentuk menjadi orang yang memiliki pribadi yang kuat. Dimana seseorang yang memiliki kerpibadain kuat ia akan senantiasa mendisiplinkan dirinya dalam segala hal dengan tujuan untuk membangun kebiasaan-kebiasaan baik yang akan membentuk dirinya agar bisa kuat dalam menghadapi berbagai tantangan kehidupan.

Kepribadian yang kuat tidaklah bisa didapatkan secara alami, melainkan ada beberapa faktor yang membentuk seseorang memiliki kepribadian yang kuat. Adapan beberapa faktor yang menguatkan kepribadian dalam seseorang adalah sebagai berikut,

Memiliki Tujuan Yang Jelas

Hidup ini merupakan sebuah perjalanan yang amat panjang dan pasti akan melelahkan. sebab itu untuk mengarungi kehidupannya, seseorang harus memiliki tujuan agar perjalanannya benar-benar terarah dan memiliki tujuan. Begitupun orang yang memiliki kepribadian yang kuat, ia akan senantiasa memiliki tujuan-tujuan dalam hidupnya, dimana dengan tujuan ini ia akan senantiasa melatih dirinya agar siap dalam menghadapi segala tantangan yang akan menghiasi perjalanannya.

Tujuan-tujuan hidup yang dimiliki seseorang akan membentuk orang tersebut memiliki kerpibadian yang baik dan kuat. Ia akan senantiasa memiliki keikhlasan dalam mengerjakan segala hal dalam rangka menggapai semua tujuannya. Ia juga akan senantiasa memiliki keberanian untuk melangkah kedepan dengan berbagai pengorbanan yang harus dilakukannya. Dan terakhir ia akan memiliki kesabaran ketika berbagai masalah menghinggapinya.

Kepribadian yang kuat ialah kepribadian yang memiliki tujuan yang jelas serta visi hidup yang jelas. Ia selalu belajar dan berusaha semaksimal mungkin agar tujuannya bisa tercapai. Dengan ini tujuan hidup merupakan salah satu kunci penting yang harus dimiliki oleh seseorang agar memiliki pribadi yang kuat dan istiqamah.

Memiliki keinginan Untuk Bertindak

Meskipun seseorang telah memiliki tujuan dalam hidupnya, ada satu hal yang harus dimiliki dimiliki juga, yaitu melakukan tindakan untuk mencapai apa yang telah menjadi tujuannya. adapun jika tidak bertindak maka tujuan-tujuan yang dimilikinya hanya akan menjadi angan-angan semata.

Keinginan yang dimiliki seseorang untuk mengerjakan sesuatu yang dapat mengantarkan dirinya kepada tujuan hidup yang telah ditentukannya tentu menjadikan dirinya lebih mencintai pekerjaan yang dilakukannya. Dan dengan cinta itu ia akan melakukan banyak pengorbanan dalam hidupnya sehingga dengan pengorbanan itu akan menjadikannya pribadi yang kuat dan senantiasa memiliki kesabaran dan keberanian dalam hidupnya.

Rasa Wajib Untuk Melakukan Sesuatu

Apakah yang disebut dengan kewajiban dan apa arti kewajiban yang sebenarnya? Kewajiban sejatinya adalah segala sesuatu yang diperintahkan oleh diri sendiri bukan dari orang lain. sehingga ketika berbicara mengenai kewajiban, ia adalah keinginan atau kebutuhan yang harus dipenuhi seseorang terhadap dirinya sendiri, maka ia akan senantiasa melakukannya dengan penuh kegembiraan serta keikhlasan.

Ketika seseorqang memiliki tujuan dalam hidupnya ia akan memiliki rasa wajib dalam dirinya untuk melakukan segala hal yang dapat menyampaikan dirinya kepada tujuan tersebut. sehingga rasa wajib melakukan sesuatu itu akan melatih seseorang untuk fokus dan tetap berusaha sekuat mungkin. Selain itu rasa wajib ini juga akan mendorong seseorang untuk senantiasa disiplin dalam hidupnya.

Pengaruh Agama dan Iman

Iman dan agama memiliki pengaruh besar terhadap pembentukan kepribadian seseorang. ALima Hal Yang Menguatkan Kepribadian Seseorang. Sebanyak apapun ilmu dan kepintaran yang dimiliki, walau banyak buku yang dibaca setiap hari, tidak akan bisa mendorong seseorang untuk menghadapi semua kewajiban jika iman tidak ada dalam dirinya. Sebab iman adalah pokok kepercayaan terhadap yang maha kuasa.

Tujuan hidup yang kita miliki hanya akan bernilai sia-sia jika tidak disertai dengan keimanan. Begitupun dengan segala aktivitas yang kita kerjakan, semuanya perlu disertai keimanan dalam pelaksanaannya, sebab amal perbuatan tanpa disertai keimanan tidak akan bernilai apa-apa dihadapan yang maha kuasa.

Iman yang berada dalam diri seseorang memiliki pengaruh yang besar terhadap kepribadiannya. Dengan iman ia akan menjadi seorang yang pemberani, rela berkorban, tabah, sabar dan ikhlas. Orang yang lemahpun akan menjadi seorang pemberani yang sangat luar biasa, begitupun orang yang gagah perkasa ketika tersentuh iman dalam hidupnya, ia akan menjadi orang yang penyabar, ikhlas dan tentunya berani berkorban.

Pengaruh Ibadah dan Shalat

ibadah dan shalat
ibadah dan shalat adalah faktor terpenting yang mempengaruhi kepribadian seseorang

Dalam menempuh kehidupan di dunia ini kita selalu berjumpa dengan jalan sulit yang dapat melemahkan diri kita sekuat apapun kepercayaan kita terhadap diri sendiri. semakin lama dan semakin jauh perjalanan yang kita tempuh semakin terasa bahwa kekuatan yang dimiliki oleh manusia sangat terbatas.

Shalat dan ibadah adalah sumber kekuatan yang sangat besar bagi seorang hamba yang beriman. Sebab, dengan shalat pribadi yang awalnya lemah memperoleh kekuatannya kembali sehingga menjadi seseorang yang gagah. Shalat dan ibadah merupakan sarana yang bisa mendekatkan seorang hamba kepada Allah yang maha kuat dan maha gagah. Sehingga pertolongan Allah pun datang kepada orang yang senantiasa taat dan rajin beribadah kepada-Nya.

Leave a Reply

Close Menu