✉ rpkmandiri@gmail.com | 📞 021-86905367
Kemacetan Menjadi Masalah Besar di Kota besar

Kemacetan Menjadi Masalah Besar di Kota besar

Kemacetan adalah permasalahan lalu lintas yang dari tahun ketahun belum bisa teratasi dengan baik dan maksimal, bahkan kemacetan cenderung mengalami peningkatan. Berbagai macam upaya telah dilakukan oleh pihak-pihak terkait untuk mengatasi kemacetan ini. dari pengadaan jumlah angkutan umum (bus kota, KRL angkot dll) sampai pengadaan kebijakan ganjil genap yang terus dilakukan oleh pihak terkait.

kemacetan lalu linta di kota besar

Kemacetan tetap kemacetan, walaupun upaya dilakukan, namun mengatur banyak orang bukanlah hal yang gampang dikerjakan. Dari hari keharinya penggunaan jumlah kendaraan semakin meningkat, hal itu adalah salah satu penyebab utama terjadinya kemacetan. Dimana peningkatan penggunaan kendaraan tidak dibarengi dengan penambahan luas area lalu lintas. Sehingga setiap hariunya terjadi kepadatan dimana-mana dan kemacetan tak bisa dihindarkan.

Banyak kerugian-kerugian yang disebabkan oleh kemacetan diantaranya kerugian dari materi, waktu, sampai tenaga, bahkan lingkunganpun terkena dampak dari kemacetan serta peningkatan jumlah penggunaan kendaraan. jika tidak diatasi dengan baik, khawatirnya kemacetan ini dari ke hari terus mengalami peningkatan dan menyebabkan terjadinya kerugian-kerugian yang lebih besar lagi.

Bukan hanya pemerintah ataupun pemangku kebijakan lainnya yang harus berperan dalam mengatasi masalah kemacetan ini. Melainkan semua orang wajib ikut serta dalam menangani masalah lalu lintas yang satu ini. Adapun salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kemacetan ini adalah dengan cara mendisiplinkan diri. Contohnya ketika berkendara ikuti aturan-aturan lalu lintas dan jangan sampai melanggarnya.

Cara menghadapi dan menghindari kemacetan

Kemacetan bukanlah masalah yang bisa disepelekan, karena masalah ini memiliki dampak yang tidak baik bagi psikologis seseorang, bisa saja orang yang terkena macet dia akan gampang stres dan emosian. Sebab itu, kita harus bisa menghadapi masalah ini dengan sebijak mungkin, sebab jika salah dalam menyikapi atau bertindak hal ini dapat menyebabkan semuanya jadi fatal.  Berikut dalah cara yang bijak untuk menghadapi kemacetan.

1. Berangkat lebih awal

Bagi anda yang bekerja di pagi hari, pasti akan selalu menjumpai kemacetan, bahkan kemacetan itu terjadi sepanjang jalan dari berangkat hingga sampai ke tempat kerja. Nah untuk menghadapi masalah tersebut, berangkat lebih awal adalah sebuah pilihan yang baik, misalkan jika anda harus samapi ditempat kerja jam 08.30, maka anda bisa berangkat dari rumah jam 05.30 atau jam 06.00.

Ketika anda berangkat lebih awal, anda akan terbebas dari kemaceta, sebab jalanan masih sepi dan belum banyak titik kemacetan di jalan. Meskipun anda harus menunggu jam masuk beberapa saat itu lebih baik, karena dengan datang sebelum jam msuk tiba, anda bisa lebih menyiapkan diri untuk menghadapi pekerjaan anda.

2. Memperbanyak dzikir ketika terjebak kemacetan

Ketika kita terjebak kemacetan, pasti akan stress sehingga mudah tersinggung bahkan parahnya dijalanpun sering mengomel-ngomel orang lain. hal itu jelas memperkeruh keadaan bahkan  bisa mendatangkan masalah-masalah baru, seperti halnya berantem dengan orang lain dijalan, bahkan bisa mengakibatkan kecelakaan karena hilangnya konsentrasi ketika anda mengemudi kendaraan.

Menghadapi hal demikian, sebaiknya ketika anda terjebak dalam kemacetan perbanyaklah dzikir dan istighfar. Agar semua kejadian-kejadian yang tidak diinginkan jauh dari perjalanan anda. Sehingga walaupun jalan macet, anda akan lebih bisa mengendalikan diri dan perjalanan akan terasa lebih aman dan nyaman.

3. Menggunakan Angkutan Umum

Ketika semua masyarakat sadar mengenai dampak kemacetan bagi lingkungan dan alam sekitarnya, maka menggunakan kendaraan umum untuk bepergian atau berangkat kerja merupakan sebuah upaya yang baik untuk tetap menjaga lingkungan dan alam sekitarnya. sebab pada intinya kemacetan disebabkan oleh padatnya kendaraan dijalanan.

Untuk menghadapi hal tersebut maka penggunaan kendaraan pribadi lebih baik dikurangi dan beralih ke transportasi umum yang telah disediakan oleh pemerintah seperti bis kota, KRL ataupun angkot. Selain dapat mengurangi kemacetan, menggunakan kendaraan umum juga memiliki keuntungan lain, yaitu kita dapat melakukan interaksi sosial dengan orang banyak yang kemudian bisa menambah teman baru serta wawasan baru.

Pada dasarnya kemacetan adalah hal yang lahir dari kita dan dirasakan juga oleh kita bersama, sebab itu kemacetan ini menjadi masalah yang harus dihadapi bersama dengan cara merumuskan pendekatan dan solusi bersama-sama. Sehingga ketika kemacetan ini berhasil diselesaikan dengan baik maka kita dapat menyelamatkan alam, waktu, dan mental kita.  

Leave a Reply

Close Menu