Kebaikan Kecil Ini Berdampak Besar Bagi Orang Lain

Kebaikan Kecil Ini Berdampak Besar Bagi Orang Lain

Sahabat, Tahukah bahwa kebaikan sekecil apapun akan menjadi sesuatu yang sangat berarti jika kita mengerjakannya dengan ikhlas. Terlebih ketika kebaikan tersebut erat kaitannya dengan orang lain.

Kebaikan sekecil apapun itu akan ditimbang sebagai kebaikan, sebagai amal shaleh yang kelak insyaallah akan menjadi pemberat timbangan kebaikan kita di hari perhitungan. Sebagai seorang muslim tentunya kita juga sangat dianjurkan memberikan kenyamanan terhadap saudara-saudara kita, tetangga kita dan teman-teman kita.

Sahabat, berikut adalah lima amalan kecil yang jika kita kerjakan akan berpengaruh besar terhadap orang lain.

Mengawali pagi dengan mengobrol bersama orang tua

Mungkin hal ini sudah terasa asing bagi kita, terlebih bagi anak yang jauh dari orang tua baik itu sedang dalam proses belajar (mondok) ataupun karena bekerja diluar kota. Adapun bagi yang berada jauh dari orang tua, usahakan untuk senantiasa berkomunikasi dengannya.

Sahabat mengobrol dengan orang tua dipagi hari adalah hal yang terlihat kecil akan tetapi memiliki pengaruh yang sangat besar bagi kita, Usahakan selalu agar ketika kita berangkat atau memulai aktivitas sehari-hari kita telah direstui olehnya. Sebagaimana hadist berikut: “Ridho Allah tergantung kepada keridhoan orang tua dan murka Allah tergantung kepada kemurkaan orang tua.” (HR. Bukhari)

Segera balas chat mereka yang menghubungi kita

Membalas chat merupakan hal yang sangat kecil dan hanya memerlukan waktu beberapa saat saja. Nah jika sahabat telah membaca pesan dari siapa saja usahakan untuk segera membalasnya, dan jika memang keadaan tidak memungkinkan cukup bilang “nanti saya balas”. Membalas chat meski sepele, namun hal ini dapat berpengaruh terhadap kepercayaan orang lain terhadap kita.

Jangan sungkan memuji dan berterima kasih pada orang yang sering kita temui

Pujian dan ucapan terima kasih yang tulus dapat membangkitkan semangat orang lain, selain itu kehadiran atau hal yang telah dikerjakannyapun akan lebih merasa dihargai. Sahabat, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada orang lain sekecil apapun hal yang telah ia kerjakan.

Bila ingin pergi keluar, tanyakan apakah ada titipan dari yang lainnya

Kepedulian terhadap orang lain tidak harus selalu menolong dalam kadar yang besar, atau menolong ketika dalam keadaan darurat, akan tetapi menolong bisa dimulai dari hal yang terkecil, missal ketika sahabat hendak keluar rumah/ruangan kerja coba tanyakan kepada orang lain, siapa tahu teman kita sedang membutuhkan bantuan dan tidak sempat untuk keluar kantor/rumah.

Lakukan sedekah yang rutin, jadikan seperti kebiasaan

Meski nominal sedekahmu tidak dalam jumlah yang besar, namun bila hal tersebut dilakukan secara rutin seperti halnya menabung, maka tabungan tersebut lama kelamaan akan banyak. Lantas semakin banyak pula orang yang membutuhkan akan terbantu. Dan insyaAllah, kebaikan tersebut mengalir sampai ke Akhirat.

Sahabat, jadikanlah sedekah sebagai gaya hidup yang senantiasa dikerjakan setiap saat. Meskipun ragu dan melakukannya dalam jumlah yang kecil, jika hal ini sudah menjadi budaya dalam hidup, maka tidak ada keraguan sedikitpun untuk bersedekah membantu dengan sesama meskipun harus mengeluarkan harta yang paling dicintai.

Mulai dari sekarang kita mulai lakukan lima kebaikan ini, insyaallah akan menjadikan sahabat sebagai orang yang dicintai dan dihormati oleh orang lain, dan ketika sahabat sedang dalam keadaan sulit, insyaallah akan banyak yang mengulurkan tangan memberikan bantuan.

Leave a Reply