Ini Dia, Amalan-Amalan Di Bulan Dzulhijjah

Ini Dia, Amalan-Amalan Di Bulan Dzulhijjah

Sahabat, Alhamdulillah tidak terasa kita telah memasuki Bulan Dzulhijjah yang kita kenal sebagai bulan haji dan bulan kurban. Bulan ini termasuk kedalam salah satu bulan haram yang dimuliakan oleh Allah swt. Untuk mengisi bulan yang dimuliakan ini umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak amal shalehnya.

Meskipun salah satu Ibadah Haji pada tahun ini dilakukan secara terbatas, masih ada beberapa amalan-amalan yang bisa disempurnakan sebagai wujud ketaqwaan kita kepada Allah swt. Berikut adalah amalan yang bisa kamu lakukan di bulan Dzulhijjah ini.

1. Shaum Sunnah Dzulhijjah

Pada sepuluh hari pertama umat muslim dianjurkan memperbanyak amal shalehnya, hal itu dikarenakan pada hari tersebut merupakan hari dimana seluruh amal shaleh dicintai oleh Allah swt. berdasarkan sabda nabi saw. sebagai berikut.

Rasulullah SAW bersabda: “Tidak ada hari yang amal shalih lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari yang sepuluh ini (10 awal Dzulhijjah).” HR Bukhari

Umat islam dianjurkan untuk melaksanakan puasa sunnah di 9 hari awal bulan Dzulhijjah, adapun pada tanggal 8 dan 9 Dzulhijjah terdapat kekhususan nama puasa sunnah ini, yakni puasa tarwiah dan puasa arafah. Berdasarkan beberapa dalil yang menjelaskan keutamaan dari puasa di hari arafah ialah dihapuskannya dosa satu tahun kebelakang dan satu tahun yang akan datang.

2. Perbanyak Dzikir

Dzikir adalah salah satu amalan yang bisa membuat seseorang mengingat  bahkan lebih dekat dengan Allah swt. Salah satu keutamaan dzikir ialah dihapuskannya dosa-dosa dan dibukakannya berbagai pintu kebaikan. Yuk maksimalkan sepuluh hari pertama ini untuk memperbanyak dzikir kita daripada sebelumnya.

3. Perbanyak Amalan Shalih seperti Sedekah

Pada sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah merupakan hari-hari dimana seluruh amal shaleh sangat dicintai Allah. Sedekah merupakan amal shaleh yang memberikan banyak manfaat bagi yang melakukannya juga bagi mereka menjadi penerima manfaatnya. Yuk, manfaatkan moment ini untuk memperbanyak sedekah kita, terlebih dimasa pandemic saat ini sedekah merupakan salah satu usaha yang sangat penting untuk keluar dari masa-masa sulit yang terjadi saat ini.

4. Dilarang memotong rambut dan kuku bagi pekurban.

Bagi anda yang sudah berniat untuk berkurban jangan dianjurkan untuk tidak memotong rambut dan kuku, hal itu berdasarkan sabda nabi saw. sebagai berikut.

“Siapa saja yang ingin berqurban dan apabila telah memasuki awal Dzulhijah (1 Dzulhijah), maka janganlah ia memotong rambut dan kukunya sampai ia berqurban.” HR. Muslim no. 1977

5. Memperbanyak Do’a

Do’a merupakan senajata terakhir yang dimiliki oleh seorang muslim yang bisa merubah yang tidak mungkin menjadi mungkin, yang jauh menjadi dekat dan yang tidak bisa menjadi bisa. Do’a termasuk amal shaleh yang  bisa mendekatkan diri kepada Allah, dan sebagai seorang muslim sudah sepatutnya kita memperbanyak do’a agar lebih dekat dengan-Nya, terlebih di awal bulan yang dimuliakan ini kita harus lebih memperbanyaknya lagi.

6. Shalat Idul Adha dan menyembelih hewan kurban

Shalat Idul Adha termasuk kedalam ibadah yang dihukumi sunnah muakkadah, artinya setiap muslim dianjurkan untuk melaksanakannya kecuali ada udzur yang mendesak sehingga tidak bisa melaksanakannya. Setelah melaksanakan shalat Idul Adha dianjurkan untuk menyembelih hewan kurban, dimana menyembelih hewan kurban pada hari raya Idul Adha merupakan salah satu ibadah yang sangat dicintai oleh Allah.

sebagaimana disebutkan dalam hadis riwayat Imam Hakim, Ibnu Majah dan Tirmidzi dari Sayidah Aisyah, Nabi Saw. Bersabda:

“Tidaklah pada hari nahr manusia beramal suatu amalan yang lebih dicintai oleh Allah dibanding mengalirkan darah dari hewan kurban. Ia akan datang pada hari kiamat dengan tanduk, kuku, rambut hewan kurban tersebut. Dan sungguh, darah tersebut akan sampai kepada (ridha) Allah sebelum tetesan darah tersebut jatuh ke bumi, maka bersihkanlah jiwa kalian dengan berkurban.”

Yuk jadikan moment ini sebaga lading bagi kita untuk panen pahala, dimana hal tersebut insyaallah akan menjadi bekal bagi kita kelak menuju surge-Nya, semoga dengan ini menjadikan kita semau bersemangat dalam melaksanakan ibadah dan menyempurnakannya.

Leave a Reply